Bisnis

Apa Itu Kredit Modal Kerja? Simak Lebih Dalam di Sini

KMK atau kredit modal kerja adalah salah satu jenis kredit usaha yang cukup penting bagi Anda yang sedang memulai usaha dan mengembangkan usaha. Anda bisa menggunakan jenis kredit usaha ini untuk menambah modal usaha dan mengembangkan usaha lebih jauh lagi. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu kredit modal kerja dan manfaatnya, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini. 

Mengenal Apa Itu Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja merupakan salah satu program pemerintah yang masih menjadi bagian kredit usaha. Kredit modal kerja sangat penting untuk membantu masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha. Dengan jenis kredit ini, Anda bisa mendapatkan modal usaha lebih mudah, aman, dan cepat. Sama halnya dengan Investree yang memberikan pinjaman modal usaha untuk masyarakat dengan biaya terjangkau, proses mudah, dan cepat. Jika Anda membutuhkan modal usaha, silahkan ajukan pinjaman sesuai kebutuhan usaha Anda. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan.

Kredit modal kerja diperuntukkan bagi para pelaku usaha baik itu perusahaan besar atau usaha yang masih kecil. Kredit usaha bisa juga dimanfaatkan untuk membeli persediaan operasional serta melunasi utang dagang yang masih menunggak. Modal ini ada yang berbentuk uang rupiah dan ada yang berupa valuta asing.

Mungkin Anda dan beberapa masyarakat yang lain masih bingung apa yang membedakan program kredit ini dengan program kredit lainnya. Salah satu hal yang membedakan dengan program kredit lainnya adalah jangka waktu. Jangka waktu kredit modal kerja ini akan diterima dalam satu siklus usaha yakni maksimal 12 bulan.

Dalam jangka 12 bulan tersebut, kredit bisa dicairkan minimal 70% dari total kebutuhan. Pembayarannya sendiri bisa diangsur dengan tenor atau kurun waktu tertentu. Saat ingin melakukan penarikan atau pelunasan kredit, Anda harus menggunakan rekening Koran. Artinya tidak semua usaha bisa menerima program kredit ini.

Usaha yang bisa menerima kredit modal kerja ini harus mempunyai perizinan bisnis. Selain itu, usaha tersebut sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kredit modal kerja masih termasuk sebagai penyediaan dana dari bank untuk mendukung sebuah usaha atau bisnis mencapai tujuannya. Kredit diberikan dengan adanya persetujuan atau kesepakatan pinjaman.

Manfaat Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga keberlangsungan bisnis Anda. Untuk mengetahui apa saja manfaat kredit modal kerja, Anda bisa simak secara lengkap di bawah ini:

  • Untuk membayar semua bentuk kewajiban perusahaan secara tepat waktu.
  • Agar bisa melancarkan operasional perusahaan terutama dari segi produksi dan distribusi sehingga bisa mendapat barang yang dibutuhkan.
  • Untuk mempercepat pengembangan perusahaan.
  • Melindungi perusahaan dari kondisi krisis modal kerja.
  • Memastikan dana yang cukup untuk memberikan pelayanan pada konsumen.

Simpulannya, kredit modal kerja adalah solusi untuk Anda yang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Anda juga bisa mengajukan pinjaman usaha di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Investree siap membantu penyediaan akses modal untuk usaha yang ingin berkembang. Pelaku UKM juga bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan mudah melalui Investree. Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari dari 1% per bulan. Dapatkan pinjaman modal dengan mudah, cepat, dan sudah pasti aman hanya di Investree.

Referensi:

Fajria Anindya Utami. Jum'at, 07 Agustus 2020, 10:00 WIB. Apa Itu Kredit Modal Kerja?. Wartaekonomi.co.id: https://bit.ly/3hmnXjI

Share this Post

Artikel Terbaru