Bisnis

Apa Itu Kredit Jangka Pendek? Simak Lengkapnya di Sini

Kredit jangka pendek adalah pinjaman yang memiliki jangka waktu pengembalian yang tidak lama dari waktu pengambilan dana pinjaman. Cadangan kas Usaha Kecil dan Menengah terkadang tidak bisa dijadikan solusi untuk bisa menutupi kebutuhan operasional harian. Untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut ada kredit jangka pendek yang bisa dipilih. Di sini akan dijelaskan lebih dalam mengenai kredit jangka pendek tersebut.

Pengertian Kredit Jangka Pendek

Kredit jangka pendek menjadi salah satu solusi cepat bagi para pelaku usaha yang membutuhkan dana cepat untuk bisa menjalankan bisnisnya. Dana ini sangat penting untuk Usaha Kecil dan Menengah yang kesulitan dalam mencari modal tambahan agar bisa menjalankan bisnis dan bertahan di pasar. 

Sesuai dengan namanya, kredit jangka pendek ini memiliki jangka waktu pengembalian dana pinjaman yang pendek yakni maksimal 12 bulan atau satu tahun. Tenor yang cukup singkat harus dipertimbangkan dengan baik dan matang sebelum mengambil kredit jangka pendek ini.

Apa Saja yang Termasuk Kredit Jangka Pendek?

1. Utang Dagang

Salah satu bentuk kredit jangka pendek adalah utang dagang. Usaha Kecil dan Menengah bisa menggunakan utang dagang ini sebagai bantuan atau tambahan modal usaha. Misalnya saja saat perusahaan harus memesan barang terlebih dahulu, pembayaran bisa dilakukan setelah barang diterima atau dalam jangka waktu yang sudah disepakati penjual dan pembeli.

2. Pinjaman Bank 

Bentuk pinjaman jangka pendek yang lain adalah pinjaman bank baik yang dengan jaminan atau tanpa jaminan. Untuk pinjaman bank yang menggunakan jaminan masuk sebagai kredit jangka pendek karena tenornya antara 1 hingga 5 tahun saja. Sementara yang tidak menggunakan jaminan biasanya dari pihak bank memberikan syarat saldo minimal dalam rekening.

3. Surat Utang

Untuk surat utang ini merupakan bentuk perjanjian dari kedua perusahaan. Ada syarat dan ketentuan dalam peminjaman dana serta kualifikasi perusahaan yang meminjam dana juga harus sesuai dengan persyaratan. Jika semua sudah sesuai maka perusahaan peminjam akan mendapatkan dana yang dibutuhkan dan wajib melunasinya sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Keunggulan Kredit Jangka Pendek

Sebelum mengambil pinjaman kredit jangka pendek, para pelaku bisnis harus mempertimbangan beberapa aspek salah satunya keunggulan. Kredit jangka pendek memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan saat membutuhkan dana tambahan atau pinjaman sebagai berikut:

1. Bunga Rendah

Kredit jangka pendek banyak dicari karena memiliki bunga yang rendah. Hal ini tentu lebih menguntungkan jika menghitung jumlah cicilan. Bunga yang rendah dikarenakan tenor atau jangka waktu yang singkat yakni tidak lebih dari 12 bulan.

2. Cepat Cair

Selain bunga yang rendah, kredit jangka pendek sangat mudah dicairkan. Ini cocok bagi UKM atau perusahaan yang membutuhkan dana cepat. Proses mencairkan dana pinjaman sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

3. Persyaratan Sederhana

Setiap mengajukan pinjaman tentu ada berkas atau dokumen yang harus disiapkan. Untuk kredit jangka pendek ini persyaratan administrasinya tidak ribet dan cukup simpel. Hal ini yang menjadikan proses pencairan mudah dan lebih cepat.

Simpulannya, kredit jangka pendek adalah solusi untuk pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Bagi Anda yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan. Jika disetujui, pinjaman Anda akan ditawarkan di marketplace untuk kemudian dipilih dan didanai oleh Lender.

Investree menghubungkan Lender yang terbuka menyalurkan dana kepada Anda yang membutuhkan dukungan finansial dalam mengembangkan usaha. Jangan khawatir soal bunga, Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Anda bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha dengan mudah dan cepat melalui Investree. Daftar Investree sekarang juga!

Referensi:

Tokopedia. Pembiayaan Jangka Pendek. Kamus.tokopedia.com: https://bit.ly/397Qq8a

Share this Post

Artikel Terbaru