Apa Itu Konsultan Perencana? Ketahui Lebih Lengkapnya

Konsultan perencana adalah pihak yang ditunjuk oleh pemilik proyek dalam menjalankan pekerjaan sebagai perencana proyek bangunan. Dalam membuat pembangunan proyek, maka Anda sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi bersama konsultan perencana terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dalam merencanakan pembangunan sebuah proyek impian yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar proyek dan juga dengan anggaran biaya yang dimiliki. Pilihlah jasa konsultan perencana yang sudah handal dan berpengalaman di bidangnya masing-masing supaya nanti proyek yang akan Anda rencanakan memang benar-benar pas dan sesuai dengan keinginan hati. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa pelajari apa itu konsultan perencana dan fungsinya dibawah ini.

Pengertian Konsultan PerenKonsultan perencana merupakan salah satu jenis profesi konsultan. Konsultan perencana adalah pihak yang ditunjuk untuk menjalankan proyek perencanaancana

Secara singkat, konsultan perencana dapat didefinisikan sebagai perencana proyek bangunan. Dalam hal ini, pihak pemilik proyek akan meminta perencanaan pembangunan kepada konsultan perencana baik itu meliputi desain bangunan, luas bangunan, bahan yang digunakan untuk bangunan, kontraktor bangunan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam pekerjaannya sebagai konsultan di lapangan, terdapat beberapa jenis konsultan perencana yang akan bekerja secara maksimal dalam perencanaan pembangunan proyek yakni meliputi:

  • Konsultan perencana bidang arsitektur.
  • Konsultan perencana bidang struktur.
  • Konsultan perencana bidang mekanikal elektrikal.
  • Konsultan perencana bidang estimasi biaya/estimator.

Semua jenis konsultan perencana tersebut akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Anda bisa memakai semua jasa dari konsultan tersebut atau juga hanya memilih konsultan perencana yang sekiranya dibutuhkan saja.

Fungsi Konsultan Perencana

Selain tugas utamanya membantu pemilik proyek untuk merencanakan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan, konsultan perencana juga mempunyai beberapa fungsi khusus yang harus Anda ketahui. Dalam menjalankan setiap pekerjaannya konsultan ini akan sangat relevan dengan fungsi yang ada atau juga bisa menyesuaikan dengan keinginan pemilik proyek.

1. Membuat Rencana Kerja

Fungsi utama dari konsultan perencana yakni membuat rencana kerja lengkap beserta dengan syarat-syaratnya. Rencana kerja ini akan memiliki fungsi yang sangat penting bagi pelaksana proyek sebagai pedoman pekerjaan di lapangan.

2. Membuat Rencana Anggaran Biaya

Menyusun anggaran biaya juga menjadi tugas dari konsultan perencana. Mereka harus menyusun estimasi biaya yang akan digunakan serinci mungkin. Hal ini memudahkan pemilik proyek dalam menyiapkan dana yang akan dipakai.

3. Mengadakan Penyesuaian Keadaan

Pembangunan suatu proyek harus menyesuaikan kondisi tanah dan keadaan disekitarnya. Hal ini menjadi tugas dari konsultan perencana. Mereka harus bisa memastikan bahwa bangunan yang sudah jadi nanti sesuai dengan keadaan lokasi dan sistem pengairan maupun pembuangan sampahnya tidak mengganggu lingkungan di sekitar.

4. Memproyeksikan Keinginan Pemilik

Setiap pemilik proyek pastinya mempunyai permintaan tersendiri terkait dengan desain atau apapun yang berkaitan dengan bangunan. Di sini tugas konsultan haruslah mendengarkan dengan baik keinginan itu, memberikan saran, dan mewujudkan keinginan pemilik menjadi sebuah bangunan yang indah.

5. Menyusun Desain dan Mempertanggungjawabkannya

Tugas dan fungsi dari konsultan perencana yang terakhir yaitu menyusun desain bangunan dan mempertanggungjawabkannya pada pemilik. Konsultan akan membuat desain bangunan dan mereka akan menjelaskan segala macam hal terkait dengan desain tersebut. Jika ternyata pemilik bangunan kurang cocok dengan desainnya, maka konsultan perencana bisa melakukan revisi desain yang sesuai dengan keinginan pemilik proyek.

Kesimpulannya, konsultan perencana adalah bagian penting dalam sebuah proyek. Sekarang Anda sudah mengerti betapa pentingnya melibatkan konsultan perencana sebelum membangun proyek, bukan? Rencanakanlah pembangunan proyek Anda sedetail mungkin bersama konsultan yang sudah terpercaya. Anda jangan ragu untuk mengungkapkan apa saja yang diinginkan terkait dengan pembangunan proyek karena pastinya pihak konsultan tersebut akan memberikan solusi terbaiknya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Adhyaksa. Konsultan Perencana Konstruksi. Adhyaksapersada.co.id : https://bit.ly/3Ayzc0H