Bisnis

Apa Itu Konsultan? Ketahui Secara Lebih Dalam di Sini

Konsultan adalah seseorang yang dianggap memiliki keahlian bidang tertentu dimana masyarakat awam bisa meminta bantuan untuk menyelesaikan permasalahannya. Konsultan bukan hanya ada satu bidang saja melainkan cukup luas sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan jenis permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satu yang paling dicari dan dibutuhkan masyarakat adalah konsultan bidang keuangan ataupun akuntansi. Konsultan keuangan akan memberikan bantuan berupa jasa konsultasi untuk menyelesaikan ataupun mendapatkan solusi terbaik pada permasalahan yang menyangkut masalah finansial. Konsultan dapat juga memberikan petunjuk, nasihat, pertimbangan dan juga analisis pada kliennya.

Pengertian Konsultan

Consultare to deliberate merupakan asal kata konsultan yang merupakan istilah dalam bahasa Inggris. Artinya adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk memberikan saran, nasihat dan juga solusi secara profesional kepada individu maupun organisasi selaku kliennya. Tujuannya yaitu agar apa yang menjadi target kliennya tersebut bisa dibenahi dan dicapai dengan sempurna.

Sedangkan arti konsultan yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah seorang ahli yang bertugas untuk memberikan petunjuk, nasihat maupun pertimbangan yang berhubungan dengan suatu kegiatan penelitian, perdagangan dan lain sebagainya. Konsultan dapat juga diartikan sebagai penasihat bidang tertentu sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Secara umum konsultan dibedakan menjadi dua macam yaitu :

  1. Konsultan internal yang berasal dari dalam perusahaan atau organisasi yang sama dimana mereka akan memberikan nasihat dan saran profesional sesuai bidangnya secara rinci dan jelas.
  2. Konsultan eksternal yaitu konsultan yang asalnya dari luar perusahaan/organisasi dan bertugas untuk memberikan pelayanan kepada kliennya tersebut.

Mengenal Apa Itu Konsultan Keuangan dan Akuntansi

Jasa konsultan yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia antara lain bidang hukum, perpajakan, properti, pemasaran hingga keuangan dan akuntansi. Konsultan sendiri memiliki pengertian yaitu seseorang ataupun pihak yang memberikan bantuan jasa konsultasi sesuai keahliannya di bidang tertentu.

Salah satu jasa konsultasi yang cukup dibutuhkan oleh individu maupun perusahaan adalah konsultan bidang keuangan dan akuntansi. Kebutuhan tersebut berhubungan dengan data-data dalam pembukuan yang fungsinya sangat penting bagi sebuah bisnis. Konsultan dalam hal ini akan memberikan saran dan rekomendasi terkait data-data akuntansi dan keuangan pada pembukuan.

Seperti sudah sering dijelaskan bahwa peranan pembukuan dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Pembukuan mencatat seluruh data transaksi yang telah dilakukan perusahaan. Jika terdapat data yang kurang atau belum tercatat pada pembukuan hal tersebut bisa menyebabkan kerugian pada perusahaan.

Disinilah peranan konsultan diperlukan untuk memastikan bahwa pembukuan sudah dilakukan dengan benar sesuai data-data yang ada.

Mengapa Diperlukan Jasa Konsultan Akuntansi?

Perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan biasanya telah mempergunakan jasa konsultan akuntansi pada bisnis mereka. Beberapa alasan yang mendasari mengapa perlu menggunakan jasa konsultan akuntansi yaitu :

  1. Seringnya terjadi masalah pada siklus akuntansi perusahaan terkait dengan input data maupun metode pelaporan keuangannya.
  2. Luasnya bidang akuntansi pada perusahaan antara lain akuntansi keuangan, akuntansi perpajakan, pelaporan akuntansi dan juga metode yang digunakan dalam pelaporan tersebut.
  3. Perlunya memberikan pelatihan (training) kepada karyawan bagian keuangan untuk meningkatkan skill mereka di bidang akuntansi.
  4. Adanya audit keuangan yang dilakukan setiap tahun untuk mengetahui seberapa sehat kondisi finansial perusahaan.

Kesimpulannya, konsultan adalah pihak yang biasanya sangat dipercaya untuk memberikan saran ataupun solusi atas permasalahan tertentu. Tentu untuk menggunakan jasa konsultan butuh biaya yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti menggunakan jasa konsultan, membuka cabang dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Admin LinovHR. Oktober 8, 2021. Apa itu Konsultan? Ini Pembahasan Lengkapnya!. Linovhr.com : https://bit.ly/3HsAVqK

Share this Post