Bisnis

Apa Itu Kewirausahaan? Ayo Pelajari Lebih Jauh Di Sini

Kewirausahaan adalah istilah yang sangat berkaitan dengan kegiatan wirausaha. Istilah ini merujuk pada sikap yang dimiliki oleh seorang wirausahawan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Inilah pengertian dari kewirausahaan yang harus Anda pahami selengkapnya. 

Pengertian Kewirausahaan 

Kewirausahaan adalah sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas tinggi. Pengertian lainnya yaitu kewirausahaan merupakan kemampuan untuk mengembangkan suatu ide dan cara baru dalam menghadapi ataupun memecahkan permasalahan serta kemampuan untuk menemukan sebuah peluang yang akan digunakan untuk menuju kesuksesan.

Lebih singkatnya, kewirausahaan adalah suatu sikap, tindakan atau kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan unik supaya bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Sikap kewirausahaan itu sendiri merupakan sikap mental maupun jiwa yang kreatif, inovatif dan berdaya guna untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Karakteristik Kewirausahaan

Ada beberapa karakteristik kewirausahaan yang perlu Anda ketahui dan pahami. Berikut beberapa karakteristik tersebut:

  1. Selalu Disiplin

Berbeda dengan karyawan, pemilik usaha jika melakukan kesalahan tidak akan ada yang menegur. Kesalahan yang dimaksud seperti datang ke kantor terlambat, lupa menandatangani berkas, dan sebagainya. Meski tidak ada yang menegur, seorang pengusaha harus selalu disiplin. Hal ini dikarenakan disiplin merupakan sifat dasar untuk meningkatkan motivasi dan bersemangat dalam menjalankan usaha.

  1. Mempunyai Sifat Jujur

Jika Anda memutuskan untuk memulai dan membangun usaha maka harus memiliki sifat jujur. Selalu jujur akan mengantarkan Anda untuk meraih sebuah kesuksesan. Sifat satu ini hendaknya selalu dimiliki oleh seorang pemimpin, termasuk pemilik usaha. Apabila Anda bukan orang yang jujur maka karyawan atau klien sulit untuk mempercayai Anda.

  1. Kreatif dan Inovatif 

Kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menciptakan suatu hal yang berbeda. Dimana jika seseorang memiliki kreativitas yang tinggi maka usaha yang dijalani bisa menarik minat banyak orang sehingga keuntungan yang diperoleh sangatlah banyak.

Sedangkan inovatif merupakan suatu terobosan terbaru. Dimana seorang pengusaha diharuskan selalu memiliki terobosan-terobosan terbaru dalam menciptakan suatu produk. Inovasi baru yang dikeluarkan tentu akan meningkatkan minat konsumen untuk membelinya.

  1. Memiliki Komitmen Tinggi

Dalam menekuni dunia wirausaha harus diawali dengan komitmen yang tinggi. komitmen tersebut merupakan komitmen kepada diri sendiri disertai dengan memegang teguh prinsip untuk memulai usaha.

  1. Mandiri dan Realistis

Setiap wirausahawan harus memiliki sikap mandiri dan realistis. Alasannya agar bisa menjalankan usahanya dengan baik hingga bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Sebagai wirausahawan harus menghindari kebiasaan menggantungkan keputusan kepada orang lain. Sebaiknya putuskan segala sesuatunya sendiri. Tetapi tidak ada salahnya untuk meminta pendapat orang lain.

Manfaat Kewirausahaan 

Kewirausahaan tersebut ternyata memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Apa sajakah manfaat kewirausahaan? Yuk langsung saja disimak:

  1. Mengoptimalkan Diri Sendiri

Menjalankan usaha memang bukan sesuatu yang mudah karena banyak rintangan yang akan dihadapi. Jika tidak mampu menghadapi rintangan maka bukan tidak mungkin usaha yang dijalankan tidak berkembang hingga akhirnya mengalami kebangkrutan. Maka dari itu. seorang wirausahawan dituntut untuk memiliki mental yang kuat sehingga bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Jangan lupa untuk selalu berusaha untuk menjadi wirausahawan yang lebih baik lagi.

  1. Menambah Lapangan Pekerjaan 

Salah satu manfaat kewirausahaan adalah menambah banyak lapangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan usaha yang dijalankan pasti membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Memiliki karyawan yang berkualitas tentu akan membantu usaha yang dijalani menggapai kesuksesan. Tentu jika usahanya semakin besar maka akan lebih banyak membutuhkan karyawan.

  1. Mencapai Keuntungan

Keuntungan yang diraih oleh wirausahawan tidak didapatkan dengan mudah. Untuk meraihnya tentu membutuhkan kerja keras. Semakin Anda kerja keras maka keuntungan yang diraih akan semakin besar. Namun, untuk meraihnya pasti ada peran orang lain seperti karyawan. 

Itulah pengertian kewirausahaan beserta dengan karakteristik dan manfaatnya. Kesimpulannya yaitu, kewirausahaan adalah suatu keberanian dalam sikap dan tindakan untuk menciptakan sesuatu supaya mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan. Sikap dan tindakan itulah yang akan menentukan kesuksesannya dalam berwirausaha. 

Sumber:

Agni Haryanto. Desember 2020. Kewirausahaan Adalah: Pengertian, Manfaat, Ciri-Ciri, Tujuan, Karakteristik. Jojonomic.com. https://bit/ly/2WuDjel

Ilham Prastya. 20 Juni 2021. Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Tujuan dan Karakteritik. ayoksinau.com. https://bit.ly/3f6qqxs

Share this Post

Artikel Terbaru