Apa itu HODL (Hold On for Dear Life) dalam Investasi Crypto

Akhir-akhir ini, banyak investor yang mulai melirik aset crypto untuk investasi jangka panjang. Sama seperti investasi lainnya, komunitas crypto juga memiliki banyak istilah yang cukup asing di telinga investor awam, misalnya HODL. Sebetulnya, apa sih HODL itu? Simak penjelasan lengkap hodl dalam investasi crypto berikut ini!

Pengertian HODL

HODL adalah bahasa slang dalam komunitas cryptocurrency yang merupakan singkatan dari Hold On for Dear Life. HODL adalah Istilah yang berasal dari kesalahan ejaan “hold” atau “tahan” ini menggambarkan strategi investor untuk memegang atau menahan cryptocurrency daripada menjualnya. HODL juga merujuk pada sebuah prinsip untuk tetap investasi dan tidak menyerah menghadapi harga yang terus menurun dan menggenggam kuat-kuat aset crypto setinggi apapun harganya saat ini di pasaran.

Kisah Di Balik Istilah HODL

Istilah HODL pertama kali muncul pada tahun 2013 oleh sebuah unggahan pengguna di forum bitcointalk bernama GameKyuubi. Ia membuat thread dengan judul “I am Hodling”. Judul thread ini merupakan kesalahan pengetikan dari kata holding. Tak disangka, istilah hodl justru menjadi populer di kalangan komunitas bitcoin dan menjadi akronim dari Hold on For Dear Life.

Saat GameKyuubi mengunggah thread tersebut pada Desember 2013, kondisi pasar bitcoin sedang mengalami kejatuhan harga yang sangat drastis. Pada saat itu, harga Bitcoin telah melonjak dari US$15 pada Januari 2013 ke level tertinggi lebih dari US$1.100 pada akhir tahun 2013. Namun, dalam hitungan waktu 24 jam, lebih tepatnya pada 18 Desember 2013, harga Bitcoin jatuh sebanyak 39%. 

GameKyuubi menulis bahwa ia adalah seorang “BAD” trader dan dia tidak mampu membedakan kinerja bitcoin seperti trader lainnya. Thread itu ia tunjukan sebagai ekspresi marah kepada trader lainnya yang mendadak menjual koin-koin mereka karena harganya jatuh. Dia berprinsip untuk tidak akan menjual koinnya walaupun harganya anjlok. Mungkin, karena terlalu marah, tulisannya menjadi typo

HODL Dalam Crypto

Meskipun awalnya merupakan istilah dalam komunitas Bitcoin, HODL sekarang justru digunakan oleh investor cryptocurrency. Dalam komunitas crypto, banyak orang yang berharap dapat menjadi kaya raya di masa depan dengan menjual aset crypto yang mereka miliki. Seperti saat trading saham, seorang trader crypto akan melakukan posisi beli ketika harga mulai uptrend, dan melakukan posisi jual ketika mulai downtrend. Namun, masalah yang kemudian muncul adalah ketika seorang trader hendak melakukan posisi beli. Ternyata, harga semakin turun atau anjlok. Saat itulah dia akan merasa dilema, apakah akan melakukan cut loss atau tetap di posisi HODL? Sebagian para investor crypto percaya bahwa HODL adalah strategi yang tepat karena aset crypto yang dimiliki saat ini bisa dia jual lagi ketika harga kembali naik. 

Nah, sekarang Anda telah mengerti definisi HODL dalam investasi crypto. Saat Anda akan terjun ke dunia investasi, ada baiknya Anda mulai berinvestasi dari instrumen investasi yang rendah risiko, misalnya P2P Lending Investree. Terdapat berbagai macam pinjaman dan tenor yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bunga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 12-20% per tahun. Selain itu, terdapat asuransi pengembalian modal sebesar 90% apabila terjadi risiko gagal bayar. Bagaimana? Mulai tertarik berinvestasi di Investree? Pelajari ketentuan pendaftarannya di tautan berikut ini: https://investr.ee/BlogLender

Referensi:

https://www.finansialku.com/definisi-hodl-adalah/

https://pluang.com/id/blog/glossary/hodl-adalah

https://investor.id/market-and-corporate/293481/pasar-kripto-lagi-ambruk-mau-hodl-ini-dia-penjelasannya