Apa Itu Hedge Fund? Ini Pengertian, Tujuan hingga Cara Investasinya

Hedge fund adalah istilah yang tidak asing di kalangan investor Indonesia. Namun, istilah ini masih terdengar belum familiar bagi kebanyakan investor pemula. Sebenarnya, hedge fund ini merupakan sistem investasi kolektif dari beberapa investor yang dikelola oleh fund manager.

Bagi Anda yang belum paham, konsep daripada hedge fund ini mirip dengan reksa dana. Akan tetapi, pada akses hedge fund cenderung lebih terbatas yang membuat tidak banyak orang tahu tentang instrumen ini.

Apabila ingin belajar tentang istilah hedge fund dalam investasi, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya.

Pengertian Hedge Fund

Hedge fund adalah sistem kolektif pengelolaan dana investasi yang dilakukan oleh pihak investor mitra. Adapun sistem investasi ini akan dijalankan oleh seorang manajer investasi yang disebut dengan manager fund. Seorang manajer tersebut bertanggung jawab untuk mengelola dana investor dengan tujuan agar dapat memberikan hasil keuntungan yang lebih optimal.

Sistem investasi seperti ini sebenarnya bertujuan untuk melindungi dana yang dimiliki dari adanya risiko pasar yang bisa merugikan pemilik dana. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sistem ini juga kerap dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan dalam jumlah besar.

Tujuan Hedge Fund

Adapun berbagai tujuan dari hedge fund adalah sebagai berikut.

  1. Meminimalisasi Risiko

Hedge fund adalah sistem analisis yang mendalam sehingga potensi risiko bisa diperkecil agar modal yang ditanamkan investor bisa lebih aman dan terlindungi.

  1. Mengoptimalkan Keuntungan

Keuntungan adalah hal yang sangat diharapkan oleh investor setelah menanamkan sejumlah modal, Nah, hedge fund adalah investasi yang dikelola manager fund profesional sehingga akan berusaha memaksimalkan return dari investasi yang dilakukan dengan dana yang sudah terkumpul.

Kelebihan dan Kekurangan Hedge Fund

Sama seperti instrumen investasi lainnya, hedge fund juga mempunyai sejumlah kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui oleh para investor. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Kelebihan

  • Investasi dana tergolong fleksibel.
  • Bentuk investasi yang beragam.
  • Keuntungan yang relatif lebih tinggi.
  • Mempunyai strategi investasi agresif yang telah didukung dengan diversifikasi portofolio matang.
  • Cocok bagi investasi jangka panjang maupun pendek.
  • Investasi yang dikelola langsung oleh tenaga profesional dan berpengalaman.
  1. Kekurangan

  • Risiko kegagalan yang cenderung tinggi.
  • Modal yang diperlukan relatif besar.
  • Tidak semua orang bisa berinvestasi karena ada sejumlah kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Cara Investasi di Hedge Fund Indonesia

Nah, kini Anda akan masuk ke penjelasan tentang tata cara investasi di hedge fund Indonesia. Berikut uraian singkatnya.

  1. Memahami Bidang Investasi yang Akan Dijalani

Sebelum memulai berinvestasi di hedge fund, Anda harus paham bidang investasi yang akan digeluti. Meski nantinya dana Anda akan ditangani oleh fund manager, namun Anda juga harus paham tentang berbagai risiko dan keuntungan yang dapat diperoleh.

  1. Mempertimbangkan Dana yang Digunakan

Hedge fund adalah jenis investasi yang membutuhkan dana besar sehingga Anda perlu mengatur dari mana uang yang akan digunakan untuk memulai investasi tersebut. Disarankan untuk menggunakan uang dingin yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat. 

  1. Membuat Target Investasi

Menyusun target investasi menjadi hal yang penting agar nantinya proses investasi Anda dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Anda wajib menyusun target jangka pendek maupun panjang untuk memudahkan dalam memilih instrumen investasi yang tepat. Pada hedge fund, Anda juga perlu memikirkan target yang ingin dicapai dalam berinvestasi.

Demikian penjelasan mengenai hedge fund yang mungkin belum banyak diketahui oleh para investor pemula. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tertarik ingin mencoba investasi di hedge fund.

Referensi:

https://landx.id/blog/hedge-fund-pengertian-tujuan-karakteristik-dan-memulai-hedge-fund/

https://www.akseleran.co.id/blog/hedge-fund/#Kelebihan_dan_Kekurangan_Hedge_Fund 

KV: https://www.freepik.com/free-photo/digital-increasing-bar-graph-with-businessman-hand-overlay_13312397.htm#query=investment%20manager&position=1&from_view=search