Bisnis

Apa Itu Franchising? Simak Pengertian Lengkapnya Di Sini

Anda pastinya sudah tidak asing dengan istilah franchise atau waralaba. Franchise atau disebut juga franchising adalah bentuk kerja sama usaha di mana keuntungan atau hasil yang didapatkan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Inilah pengertian dari franchising selengkapnya. 

ACD marketplace

Pengertian dari Franchise atau Franchising

Franchise merupakan bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut franchising dan waralaba dalam bahasa Indonesia. Menjual produk waralaba dianggap lebih mudah dan prospeknya bagus karena biasanya sudah sangat dikenal oleh publik. Merek franchise atau waralaba itu sendiri ada yang berasal dari luar negeri dan tidak sedikit juga yang dari dalam negeri.

Pemilik produk atau merek waralaba disebut sebagai franchisor sedangkan pembeli dari merek dinamakan franchisee. Sudah banyak merek franchise yang sangat ternama di Indonesia sejak dulu misalnya restoran ayam cepat saji McDonald. Franchising sendiri secara mudah bisa diartikan sebagai hak pengelolaan atau hak pemasaran bersama yaitu antara pemilik merek (franchisor) dengan pembeli merek (franchisee).

Franchisor bisa berupa orang pribadi maupun badan usaha yang memberikan hak atas merek dagangnya kepada orang lain yaitu franchisee. Oleh sebab itulah maka franchisee mendapatkan hak untuk melakukan kegiatan perdagangan menggunakan merek dan sistem bisnis dari franchisor

Menurut Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2007 dikatakan bahwa franchising merupakan hak khusus yang dipunyai oleh orang perorangan maupun badan usaha atas sistem bisnis beserta ciri khas usaha tersebut dalam rangka memasarkan produk berupa barang maupun jasa yang telah terbukti keberhasilannya serta dapat dimanfaatkan oleh pihak lain sesuai dengan perjanjian yang ada.

Jenis-jenis Franchising

Sudah disebutkan di atas sebelumnya bahwa saat ini sudah cukup banyak franchising atau waralaba yang ada di Indonesia baik skala besar maupun yang masih kecil. Dari waralaba atau franchising yang ada tersebut bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Waralaba atau Franchise dari Dalam Negeri

Kalau Anda ingin memasuki dunia usaha franchising bisa memulainya dengan waralaba dari dalam negeri. Jangan kuatir karena walaupun mungkin belum sistemnya belum sebagus franchising luar negeri namun bukan berarti franchise dalam negeri tidak potensial.

Franchising dalam negeri cocok bagi Anda yang memang belum memiliki pengalaman di dunia waralaba. Cukup banyak waralaba dalam negeri yang bagus prospeknya misalnya minuman kekinian yang sekarang banyak diminati anak muda.

ACD lender

  1. Waralaba atau Franchising Luar Negeri

Pilihan pada franchising asal luar negeri memang paling diminati oleh mereka yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia bisnis tersebut. Franchising asal luar negeri memang memberikan sistem yang lebih matang dan jelas serta gengsi tersendiri. Namun tentu saja persyaratannya juga tidaklah semudah franchising dari dalam negeri.

Tipe-tipe Franchising

Selain jenis-jenis franchising sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja tipe dari waralaba tersebut. Tipe-tipe franchising tersebut dibagi menjadi :

  1. Trade Name 

Yaitu waralaba yang sudah diberikan hak untuk melakukan produksi sendiri namun masih harus di bawah pengawasan dari pemilik merek atau franchisor.

  1. Product Distribution

Tipe yang kedua adalah product distribution dimana pembeli waralaba hanya mempunyai hak untuk melakukan kegiatan distribusi hanya di beberapa wilayah tertentu. Jadi produk waralaba masing-masing wilayah memiliki distribusi yang berbeda sekalipun mereknya sama.

  1. Pure Franchising

Terakhir adalah pure franchising di mana pembeli waralaba akan diberikan hak secara penuh oleh pemilik merek mulai dari melakukan produksi, penjualan produk, manajemen, pendistribusian dan sebagainya.

Franchising adalah bentuk usaha yang cocok bagi Anda yang tidak ingin memulai sesuatu dari nol karena merek franchise sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Jika Anda membutuhkan modal untuk usaha franchising tersebut bisa mendapatkannya dari Investree dengan mudah dan aman.

ACD borrower

Referensi:

7 Oktober 2020. Mengenal Bisnis Waralaba, Jenis dan Contoh Bisnisnya. Qword.com : https://bit.ly/3zJONJ6

Husnul Abdi. 24 Desember 2020. Franchising adalah Kerjasama Bisnis, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya. hot.liputan6.com : https://bit.ly/3l5dVWS

Share this Post