Bisnis

Apa Itu Food and Beverage? Simak Pengertiannya di Sini

F&B adalah satu lini usaha yang akan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan perkembangan era. Perubahan gaya hidup masyarakat yang menyukai makanan siap saji berdampak pada banyaknya perusahaan baru di bidang makanan dan minuman yang bermunculan. Akibatnya, persaingan jasa food and beverage semakin ketat. Inilah mengapa Anda harus paham apa itu food and beverage. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari di bawah ini!

ACD marketplace

Mengenal Food and Beverage

Industri food and beverage bergerak pada kegiatan pembuatan dan penyajian makanan dan minuman. Secara khusus, food beverage dalam industri perhotelan menjadi departemen yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pelayanan makanan, minuman, serta kebutuhan lain yang diperlukan tamu, dan dikelola secara profesional dan komersial.

Beberapa tujuan utama dan food and beverage adalah:

  1. Penyediaan dan penawaran berbagai macam menu makanan beserta minuman.
  2. Peningkatan tingkat kepuasan pelanggan atau tamu dari sisi pelayanan industri food and beverage.
  3. Meningkatkan reputasi dan kredibilitas hotel dalam hal pelayanan.
  4. Memperoleh profit yang optimal sebagai sumber penghasilan tambahan di industri food and beverage.

Adapun beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh departemen food and beverage adalah:

  1. Berinovasi dalam menghadirkan variasi menu baru.
  2. Memeriksa sekaligus membersihkan seluruh peralatan beserta fasilitas food and beverage.
  3. Memastikan keselamatan dan kenyamanan dari para staf berikut tamu yang berkunjung.
  4. Memeriksa dan membersihkan seluruh area makan sebagaimana SOP yang ditentukan sebelum para tamu tiba.
  5. Mengolah bahan makanan mentah menjadi makanan siap saji yang mempunyai cita rasa tinggi.
  6. Menyediakan ruang untuk konsumen yang tertarik menyewa tempat penyelenggaraan acara resmi.

Pembagian Departemen Food and Beverage

1. Front Service

Food and beverage front service adalah pelayanan restoran atau hotel bagian depan yang meliputi tempat makan, room service, dan bar. Karenanya, departemen front service inilah yang akan berhadapan langsung dengan setiap tamu yang datang.

ACD lender

2. Back Service

Berbeda halnya dengan front service, back service bertugas untuk memberikan pelayanan hotel berikut restoran di belakang yang lingkup kerjanya meliputi kantin, pelayanan bar, dan dapur. Akibatnya, pegawai yang bekerja di bagian ini tidak langsung berhubungan dengan konsumen.

Petugas Food and Beverage Service

1. Waiter

Waiter memiliki tugas untuk melayani tamu yang datang sekaligus membantu mereka dalam proses pemesanan menu dan mengantarkan menu yang sudah dipesan secara langsung ke meja tamu tersebut. Selain itu, waiter juga memiliki tugas untuk turut serta dalam menjaga kebersihan tempat makan para tamu.

2. Order Taker

Tugas utama dari order taker adalah melayani tamu dalam melakukan pemesanan makanan maupun minuman dari kamar hotel melalui sambungan telepon. Selanjutnya, mereka akan mengantarkan orderan makanan tersebut ke kamar tamu.

3. Barista

Seorang barista bertugas membuatkan dan menyajikan berbagai macam minuman kopi sebagaimana pesanan para tamu.

4. Kasir

Posisi kasir berperan membuat catatan tamu yang tiba ke restoran, serta melayani proses pembayaran dan pembuatan laporan untuk nantinya diserahkan pada bagian accounting.

5. Admin Food and Beverage Service

Admin berperan membuat dan menginput data, serta memastikan pengadaan bahan-bahan baku dan peralatan yang diperlukan pekerja food and beverage service store.

6. Supervisor Restaurant

Tugas dari supervisor adalah melakukan pengontrolan penuh atas kinerja para admin dan waiter. Disamping itu, supervisor juga diharuskan membuat jadwal kerja untuk para karyawan, termasuk pula dengan memberikan pelatihan tentang bagaimana para pegawai perlu memberikan pelayanan yang baik.

F&B adalah bisnis makanan dan minuman siap saji yang bisa Anda jalankan. Untuk mengembangkan bisnis food and beverage tentu memerlukan modal yang cukup besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis food and beverage, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

ACD borrower

Referensi:

15 Juni 2021. Apa itu Food and Beverage (F&B)? Ini Tugas dan Tips Berbisnis F&B. pengadaan.web.id: https://bit.ly/3zfnCVX

Share this Post

Artikel Terbaru