Bisnis

Apa Itu Food and Beverage Service? Simak Pengertiannya

Food and beverage service adalah sebuah industri yang sudah ada sejak lama. Ini salah satu jenis bisnis yang berkaitan dengan makanan atau minuman. Seiring waktu pengertian dari food and beverage service mengalami perluasan makna. Namun meski ada perubahan pada makna, tetap poros dari jenis bisnis tersebut adalah makanan dan minuman.

Dilihat secara general, food and beverage service merupakan sebuah istilah yang menjelaskan pelayanan serta penyajian dari suatu makanan atau hidangan kepada pelanggan. Umumnya jenis bisnis ini tidak berdiri sendiri, saat menjalankan food and beverage service akan diikuti dengan penjualan produk makanan dan minuman atau food and beverage product.

Di Indonesia sendiri terdapat contoh bisnis yang merupakan perpaduan dari food and beverage service dengan food and beverage product. Warung makan atau restoran merupakan contoh jelas yang ada di tengah masyarakat. Pemilik warung selain menawarkan produk, juga memberikan layanan penyajian pada pelanggan agar nyaman menyantap hidangan yang dibeli. Seperti itulah konsep dasar dari bisnis food and beverage yang perlu dipahami.

Pengertian Food and Beverage Service Menurut Ahli

Menurut ahli seperti Soekresno dan Pendit, food and beverage adalah bentuk usaha yang memiliki tanggung jawab pada kebutuhan. Memberikan pelayanan untuk menyediakan makanan dan minuman. Tak hanya itu food and beverage juga memberikan layanan untuk menyediakan semua kebutuhan yang berkaitan dengan hotel.

Sementara menurut Rachman Arief, food and beverage merupakan pelayanan yang mengolah, memproduksi, serta menyajikan makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan sebuah hotel yang mencakup kamar, restoran hotel, hingga makanan untuk para pegawai atau karyawan hotel.

Pelayanan Food and Beverage Service

Food and beverage service merupakan bagian yang membawahi beberapa bidang pelayanan. Bidang pelayanan yang masih bagian dari Food and Beverage Department antara lain:

1. Restoran

Food and beverage membawahi bidang pelayanan seperti restoran. Restoran ini dikelola secara komersial agar bisa memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada semua konsumen atau pelanggan yang datang.

2. Bar

Bar juga merupakan bagian dari Food and Beverage Departement yang menyiapkan dan menyediakan berbagai minuman. Minum yang ada di bar bisa beralkohol dan non-alkohol. Semua jenis minuman bisa dikonsumsi secara langsung di bar itu sendiri atau tidak untuk takeaway. Bar ini sendiri memiliki bentuk spot kecil atau konter minuman.

3. Banquet

Bagian dari food and beverage satu ini memberikan beragam pelayanan jamuan atau party yang digelar oleh pihak yang membuat pemesanan pada hotel. Semua kegiatan pada jamuan tersebut disiapkan dengan teliti dan matang. Mulai dari jumlah tamu hingga tema menu dan waktu jamuan digelar disiapkan dengan baik.

4. Steward

Untuk steward ini tergolong sebagai sub-seksi food and beverage product. Tugas dari steward ini mengurus semua alat makan di restoran maupun alat masak yang ada di bagian dapur hotel.

5. Room Service

Room service memiliki bagian atau tugas untuk memberikan pelayanan  dalam menyediakan makanan dan minuman ke kamar tamu. Artinya, saat di sebuah restoran konsumen memesan makanan secara langsung kepada waiter, sementara bagi pelanggan yang ada di kamar tamu dapat memesan makanan dengan menggunakan telepon. Itulah yang disebut dengan room service.

Jadi pada intinya, food and beverage service adalah pelayanan untuk menyediakan makanan dan minuman. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab dan tugas food and beverage service untuk menyediakan tempat hingga mengurus semua pelayanan yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Semua itu harus disiapkan dengan baik dan mengutamakan kepuasan dari konsumen. Inovasi juga sering dibutuhkan di sini demi memuaskan pelanggan terutama untuk membuat menu yang menarik.

Untuk mengelola food and beverage service tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Jika Anda membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan bisnis food and beverage, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan. Jika disetujui, pinjaman Anda akan ditawarkan di marketplace untuk kemudian dipilih dan didanai oleh Lender. Jangan khawatir soal bunga, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

Maria Britta. 29 Maret 2021. Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab F&B Service?. Sampingan.co.id: https://bit.ly/3nFbdZc

Share this Post

Artikel Terbaru