Apa Itu Escrow Account? Inilah Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Sekarang ini proses transaksi jual beli banyak dilakukan secara online. Hal inilah yang kemudian memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Nah, biasanya pihak penjualan akan menggunakan escrow account untuk meminimalisir risiko kerugian bagi kedua belah pihak. Jadi, escrow account adalah dokumen sah yang memuat perjanjian tentang aset pada suatu transaksi.

Lalu, apa saja manfaat dan fungsi dari escrow account pada transaksi jual beli online? Dan bagaimana dengan cara kerjanya? Untuk Anda yang penasaran, simak penjelasan selengkapnya tentang escrow account dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Escrow Account?

Jadi, escrow account adalah akun yang digunakan untuk menampung dana khusus yang dilakukan dengan persyaratan tertentu sesuai perjanjian antara pihak penyetor dengan orang yang berkepentingan atas dana tersebut. Sederhananya, escrow account ini lebih dikenal dengan istilah rekber atau rekening bersama.

Anda juga bisa mengartikan escrow account sebagai sebuah akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menampung dan menyalurkan uang kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan jual beli online. Pihak ketiga inilah yang kemudian disebut dengan pihak escrow.

Manfaat Escrow Account

Adapun berbagai manfaat escrow account adalah sebagai berikut.

1. Melindungi Pembeli

Saat melakukan transaksi jual beli, banyak pembeli yang dirugikan karena menjadi korban penipuan. Hal ini disebabkan karena pihak penjual hanya akan mengirimkan barangnya saat pembeli sudah melakukan pembayaran. Nah, dengan escrow account ini, maka hak pembeli untuk mendapatkan barangnya akan dilindungi. Sebab, pembayaran atas barang yang sudah dibeli akan dikirim ke rekening bersama yang disediakan oleh agen escrow.

Apabila penjual tidak segera mengirim barang pesanan dalam waktu yang sudah ditentukan, maka pembeli mempunyai hak untuk mendapatkan kembali dananya. Artinya, pembeli tidak akan kehilangan aset berupa uang.

2. Melindungi Penjual

Selain melindungi pembeli, escrow account juga dapat melindungi pihak penjual, lho. Kasus penipuan dapat terhindari karena penjual hanya akan mengirim barang kepada pembeli ketika ia sudah benar-benar melakukan pembayaran. Tentu saja hal ini harus dikonfirmasi terlebih dulu oleh agen escrow sebagai pihak perantaranya.

Sayangnya, proses transaksi dengan escrow account ini memakan waktu yang lebih lama karena agen escrow harus memastikan terlebih dulu jika penjual sudah mengirim barang ke pembeli dan pihak pembeli sudah menerimanya dengan baik. Jadi, pihak penjual harus menunggu waktu lama untuk bisa menarik hasil penjualan mereka

Fungsi Escrow Account

Pada dasarnya, escrow account adalah sistem yang diciptakan untuk meningkatkan keamanan transaksi antara dua pihak. Misalnya, penjual dan pembeli barang. Nantinya, pihak ketiga sebagai agen escrow akan mengamankan aset yang sudah disetorkan oleh pihak dan nantinya diberikan pada pihak kedua. Dengan kata lain, keberadaan escrow account ini sangat menguntungkan kedua belah pihak dalam melakukan transaksi jual beli secara online.

Cara Kerja Escrow Account

Sebenarnya mungkin Anda sudah cukup familiar dengan penerapan escrow account karena bisa ditemukan di berbagai e-commerce. Secara umum, cara kerja escrow account adalah menyediakan metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pihak pembeli. Kemudian pembeli akan membayar sejumlah uang sesuai dengan harga transaksi melalui rekening yang diberikan oleh agen escrow.

Setelah itu, agen escrow akan menampung sekaligus uang tersebut untuk sementara dan memberi tahu kepada penjual untuk segera mengirimkan barang pesanan pembeli. Jika proses transaksi sudah selesai dan pembeli menerima barang dengan keadaan baik, maka agen escrow akan mengirimkan dana dari transaksi tersebut ke penjual.

Itulah penjelasan tentang escrow account dalam transaksi jual beli online. Proses transaksi seperti ini juga digunakan oleh Investree dalam melakukan pelayanannya kepada konsumen. Investree sebagai pihak ketiga akan menampung dari Lender untuk kemudian dikelola dan didistribusikan kepada Borrower.

Dari transaksi itulah, pihak Lender dan Borrower akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang tertarik menggunakan layanan dari Investree.

Referensi:

https://accurate.id/bisnis-ukm/escrow/

https://www.finansialku.com/escrow/#1_Fungsi