Bisnis

Apa Itu Ekspedisi? Kenali Jenis Usaha Satu Ini

Ekspedisi adalah salah satu bentuk usaha yang memiliki peluang bagus. Sekarang ini sudah semakin banyak ekspedisi yang bermunculan. Masyarakat semakin membutuhkan kehadiran ekspedisi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih mengenal ekspedisi, Anda bisa pelajari di sini.

Pengertian Ekspedisi

Ekspedisi adalah jasa pengiriman, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Dapat diartikan juga sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang pengangkutan barang.

Secara sederhana dan umum, ekspedisi adalah pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak yang cukup jauh. Barang yang dikirimkan dengan ekspedisi bisa berukuran kecil maupun besar.

Umumnya perhitungan tarif atau harga pengiriman barang dilihat berdasarkan berat barang yang dikirim dan jarak kota yang akan ditempuh untuk mengirimkan barang tersebut.

Semakin ringan barang yang dikirim serta semakin dekat jarak pengirimannya maka semakin murah tarifnya.

Peluang Usaha Ekspedisi

Usaha ekspedisi menjadi bisnis yang menguntungkan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka bisnis pengiriman barang ini. Seperti apa peluang bisnis ekspedisi? Yuk simak disini!

1. Toko Online Berkembang Pesat

Toko online yang semakin berkembang dan terus mengalami peningkatan. Artinya, ekspedisi akan semakin dibutuhkan untuk mendukung eksistensi toko online dan memenuhi permintaan masyarakat yang semakin nyaman belanja secara online. Semakin maju toko online maka semakin banyak permintaan pengiriman barang.

2. Jasa yang Selalu Dibutuhkan

Ekspedisi merupakan jenis usaha yang selalu dibutuhkan masyarakat. Misalnya saja saat akan pindahan, perlu ekspedisi untuk mengirimkan perabotan rumah dan kendaraan pribadi. Biasanya juga diperlukan untuk pengiriman parcel di hari spesial. Pada intinya usaha pengiriman barang ini mempunyai peluang usaha yang bagus. Sebab, ini adalah layanan yang cukup penting dan selalu dibutuhkan masyarakat.

Syarat Membuka Usaha Ekspedisi

Jika Anda tertarik untuk membuka dan memulai usaha pengiriman barang ini, caranya sangat mudah dan syaratnya juga tidak banyak. Syarat administrasi yang perlu disiapkan seperti, fotokopi kartu tanda penduduk, nomor pokok wajib pajak, surat permohonan menjadi agen, fotokopi surat izin usaha perdagangan dan tanda daftar perusahaan, surat keterangan dari rukun tetangga dan rukun warga, serta surat sewa tempat atau surat rumah yang dijadikan lokasi usaha pengiriman barang.

Persyaratannya tidak banyak dan mudah didapatkan. Dalam waktu singkat bisa memenuhi syarat administrasi yang dibutuhkan. Ini menjadi salah satu keunggulan juga dari usaha pengiriman barang.

Cocok Untuk Pemilik Modal Minim

Ekspedisi adalah jenis usaha jasa yang cocok dicoba bagi pelaku bisnis dengan modal terbatas. Untuk memulainya bisa memanfaatkan kendaraan pribadi yang dimiliki, jika sudah berkembang dan maju baru bisa menambah armada untuk pengiriman. 

Bisa juga mengatasi modal terbatas dengan cara merekrut orang untuk menjadi kurir. Setiap orang yang berminat menjadi kurir harus memiliki sepeda motor sendiri untuk bisa bekerja.

Kesimpulannya, ekspedisi adalah usaha pengiriman barang dalam bentuk apapun yang sangat bermanfaat dan menguntungkan. Untuk mengembangkan usaha ekspedisi seperti menambah armada dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha ekspedisi dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Kargo Murah. Persyaratan dan Keuntungan Bisnis Ekspedisi Pengiriman Barang. Kargormurah.co.id : https://bit.ly/3C2wdg6

Share this Post

Artikel Terbaru