Bisnis

Apa Itu Ekspansi Usaha? Kenali Secara Mendalam di Sini

Istilah ekspansi usaha adalah salah satu istilah yang sudah cukup sering terdengar terutama pada bidang ilmu ekonomi. Ekspansi bisnis ini lebih tepat dilakukan ketika kondisi usaha sudah stabil. Ini perlu dilakukan untuk mempertahankan dan memajukan bisnis yang sedang dijalankan. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dengan baik saat melakukan ekspansi terutama ekspansi bisnis.

Jenis Ekspansi Bisnis

Melakukan ekspansi usaha perlu pertimbangan dan rencana yang matang. Hal ini karena menjalankan bisnis tidak bisa sembarangan, ada beberapa jenis ekspansi yang perlu diketahui khususnya untuk dunia bisnis sehingga tidak salah langkah dalam melakukannya. Sedikitnya ada empat jenis ekspansi yang perlu diketahui:

1. Merger

Ini adalah aktivitas dalam menggabungkan minimal dua perusahaan dan bisa lebih menjadi satu perusahaan yang besar. Biasanya jenis ekspansi ini bisa dilakukan untuk usaha memperluas bisnis dimana perusahaan yang dominan bisa tetap menjaga identitasnya sementara perusahaan yang lain perlahan akan kehilangan identitas perusahaannya.

2. Akuisisi

Lalu ada juga jenis ekspansi bisnis yang disebut akuisisi. Ini merupakan ekspansi usaha yang merupakan kegiatan mengambil alih kepemilikan aset atau saham satu perusahaan yang dijalankan oleh beberapa investor tertentu. Biasanya ekspansi jenis ini dipilih untuk menjaga atau menjamin produk yang dihasilkan bisa diserap secara maksimal di pasar.

3. Hostile Takeover

Untuk hostile takeover ini mirip dengan jenis ekspansi kedua atau akuisisi. Pada hostile takeover ini biasanya dilakukan kepada satu perusahaan secara paksa. Cara melakukan ekspansi ini yaitu membuka penawaran harga saham yang ingin dimiliki. Penawaran harga tersebut yang berlaku di pasar modal dijadikan melebihi atai diatas harga pasar.

4. Leveraged Buyout

Untuk jenis ekspansi yang keempat ini dilakukan perusahaan dengan meminjam uang agar bisa melakukan pembelian pada perusahaan lain.

Tahapan Melakukan Ekspansi Usaha

Ada beberapa tahapan untuk melakukan ekspansi bisnis yang perlu diketahui. Ekspansi usaha sangat penting demi kelangsungan sebuah bisnis, oleh karena itu harus dilakukan dengan benar dengan cara:

1. Merencanakan dengan Matang

Ekspansi bisa sukses jika sebelum melakukannya sudah membuat rencana terlebih dahulu dengan sangat matang. Cara membuat rencana yang matang di sini adalah dengan menyusun pertanyaan mulai dari tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan ekspansi apa, lalu targetnya apa, juga bagaimana bisnis setelah 5 tahun ke depan, hingga pertanyaan tentang bagaimana penjualan perusahaan di masa sekarang ini. Nanti dari menjawab semua pertanyaan tersebut akan bisa ditarik kesimpulan yang cukup penting yaitu perusahaan memang harus melakukan ekspansi karena sudah siap dan untuk kelangsungan perusahaan itu sendiri.

2. Menentukan Model Bisnis

Jika sudah siap melakukan ekspansi harus siap juga model bisnis nantinya seperti apa. Menentukan target pasar yang baru hingga melakukan kegiatan penjualan di dalam pasar. Hal-hal tersebut juga harus sudah disiapkan.

3. Menyiapkan Modal

Selain model bisnis yang perlu disiapkan adalah modal untuk proses ekspansi itu sendiri. Bisa menggunakan imbal hasil yang didapatkan selama ini juga ditambah dengan pengajuan pinjaman modal. Anda bisa mengajukan pinjaman modal ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain mudah dan cepat, Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan modal dari Investree, Anda bisa melakukan ekspansi usaha secara lebih pesat.

Simpulannya, ekspansi usaha adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan dan memajukan bisnis yang sedang dijalankan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

BISNIS DAN STRATEGI. July 24, 2021. Ekspansi Bisnis: Definisi, Pentingnya, Jenis, Keuntungan, Kelemahan. Cerdasco.com: https://bit.ly/3tq02Vq

Share this Post

Artikel Terbaru