Bisnis

Apa Itu Ekspansi Pasar? Berikut Pengertian Lengkapnya

Ekspansi pasar adalah salah satu cara perusahaan untuk memperluas bisnis dan mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Meski target yang dibuat perusahaan sudah tercapai bukan berarti perusahaan berhenti sampai disitu saja. Perusahaan akan membuat target baru agar bisnis yang dijalankan terus tumbuh dan berkembang. Jika perusahaan terus mengalami pertumbuhan maka imbal hasil yang didapatkan akan semakin besar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pelajari apa itu ekspansi pasar beserta strateginya dibawah ini.

Apa Itu Ekspansi Pasar?

Ekspansi pasar merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memperluas atau merambah pasar baru. Kegiatan ini dilakukan oleh perusahaan atau pengusaha ketika barang dan jasa yang diproduksi disukai konsumen dan mendapatkan imbal hasil yang maksimal di satu lokasi tertentu, kemudian perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas lagi di lokasi yang berbeda.

Pasar baru yang dimaksud disini yaitu berada di titik geografis yang berbeda dari pasar yang dimiliki sekarang. Salah satu contohnya yaitu mengekspor barang yang diproduksi dan menjual produk di luar negeri. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang berhasil melakukan ekspansi pasar.

5 Strategi untuk Melakukan Ekspansi Pasar

Ada strategi yang harus digunakan untuk melakukan ekspansi pasar.  Tanpa adanya strategi yang tepat, ekspansi pasar bisa saja mengalami kegagalan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa digunakan untuk melakukan ekspansi pasar.

1. Rencanakan dengan Matang

Apapun yang dilakukan oleh perusahaan harus direncanakan dengan matang terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk menghindari perusahan mengalami masalah, seperti kerugian. Strategi yang akan digunakan untuk melakukan ekspansi pasar harus sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. Observasi lalu catat apa saja yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Saat melakukan ekspansi pasar tidak diperbolehkan untuk memiliki ambisius yang berlebihan. Hal ini supaya Anda bisa fokus melakukan ekspansi pasar sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat.

2. Cari Target Pasar Baru

Sebelum melakukan ekspansi pasar, Anda harus lebih dahulu mencari potensi target pasar baru untuk produk atau barang Anda. Dimana target pasar baru bisa saja sama dengan pasar sebelumnya atau memilih kalangan yang berbeda. Dalam memperluas pasar, Anda bisa memilih menjual produk baru ataupun produk lama. Keputusan ini harus disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan perusahaan.

3. Membuka Cabang

Salah satu strategi untuk menjangkau pelanggan atau konsumen baru adalah dengan membuka cabang di tempat lainnya. Tempat tersebut bisa berada di dalam kota, di luar kota maupun luar negeri. Pembukaan cabang baru di dalam kota yang sama biasanya bertujuan untuk menunjang pelayanan di tempat utama. Sedangkan membuka cabang di luar kota atau luar negeri merupakan bentuk ekspansi pasar yang sebenarnya karena akan mendapatkan pelanggan baru.

4. Aktif Melakukan Promosi

Produk yang ditawarkan saat melakukan ekspansi pasar bisa saja merupakan produk dengan kualitas yang sama atau lebih bagus dari yang sebelumnya. Bagaimanapun kualitas produk yang ditawarkan, Anda harus aktif melakukan promosi. Ini dikarenakan promosi yang dilakukan memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan baru dalam waktu yang cepat. Dalam melakukan promosi harus menonjolkan kelebihan produk yang ditawarkan.

5. Melakukan Kerjasama

Strategi yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan melakukan kerja sama dengan pihak lan. Pihak lain tersebut bisa saja perorangan atau perusahaan lainnya. Kerjasama yang dilakukan bertujuan agar memudahkan Anda untuk mencari peluang pasar baru. Strategi ini sangat cocok bagi Anda yang sebelumnya belum pernah melakukan ekspansi pasar.

Itulah informasi tentang ekspansi pasar serta strategi untuk melakukannya. Kesimpulannya yaitu ekspansi pasar adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memperluas pasar baru supaya mendapatkan imbal hasil yang lebih besar. Untuk melakukan ekspansi pasar tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk ekspansi pasar dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Cerdasco. November 12, 2019. Ekspansi pasar. Cerdasco.com : https://bit.ly/2Yl4bOD

Pak Guru. 28 September 2021. Pengertian Ekspansi. Pendidikan.co.id : https://bit.ly/3Di5H3z

Share this Post

Artikel Terbaru