Apa Itu Ekspansi? Pahami Lebih Lengkapnya di Sini

Ekspansi adalah kegiatan pengembangan yang harus dilakukan pada sebuah bisnis. Hal ini sangat penting bagi perusahaan-perusahaan yang memang sudah lama berdiri dan menginginkan usaha yang dibangun tersebut mempunyai banyak cabang di mana-mana dan juga akan lebih populer sehingga menghasilkan banyak keuntungan. Namun, dalam melakukan ekspansi ini Anda juga harus mempunyai strategi agar ekspansi yang dilakukan berhasil. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Macam-Macam Strategi Ekspansi Bisnis

Meskipun perusahaan atau bisnis Anda sudah terkenal sekalipun, ekspansi tetap penting untuk dilakukan agar bisnis bisa terus berkembang. Strategi sangat dibutuhkan ketika menjalankan ekspansi karena prosesnya memang tidak mudah. Beberapa macam strategi ekspansi adalah:

1.  Menyusun Perencanaan Ekspansi

Salah satu strategi ekspansi bisnis yang Anda lakukan adalah menyusun rencana ekspansi bisnis dengan matang. Dalam perencanaan ini semua hal yang terkait dengan ekspansi yang akan dilakukan harus dipaparkan. Hal tersebut meliputi tujuan, biaya, tempat, dan konsep pengembangan bisnis selanjutnya.

2. Membuat Produk atau Jasa Kekinian

Jika Anda menginginkan pengembangan usaha yang berhasil, maka silahkan melakukan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini sangat penting sebab biasanya konsumen akan sangat tertarik untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sebelum membuat inovasi tersebut, cobalah untuk melakukan survei terkait dengan minat konsumen terlebih dahulu.

3. Membidik Pasar Baru

Mencari target pasar yang baru juga strategi yang tak kalah penting. Jangan hanya mengandalkan kesuksesan lewat pasar yang telah Anda punyai, tetapi carilah target pasar baru sehingga usaha yang Anda lakukan benar-benar bisa berkembang dengan baik.

4. Mempromosikan Produk dan Jasa dengan Inovasi Baru

Salah satu kunci keberhasilan suatu pengembangan usaha terletak pada promosi yang dilakukan. Jika Anda tidak melakukan promosi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka tidak akan ada konsumen yang akan tau dan membeli produk Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah promosi secara gencar baik itu secara online maupun offline.

5. Mendirikan Cabang Usaha yang Baru

Jika Anda benar-benar serius melakukan ekspansi usaha secara besar-besaran dan didukung pula dengan modal yang besar, maka membuat cabang baru merupakan jalan terbaiknya. Anda bisa membuka cabang di daerah yang strategis yang mana di sana banyak sekali konsumen yang tertarik dengan produk yang sedang Anda jual.

6. Melakukan Kerjasama Saling Menguntungkan

Melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain juga akan membuat bisnis Anda semakin berkembang. Misalnya saja, Anda dapat bekerjasama dalam hal periklanan, desain kemasan produk, dan masih banyak lagi. Carilah partner kerjasama yang memang ingin bekerja sama juga dengan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk kerjasama ini karena dari kerjasama yang sudah dilakukan tersebut, kedua belah pihak sudah saling diuntungkan.

Itulah pengertian ekspansi khususnya dalam dunia bisnis lengkap beserta strategi yang harus Anda jalankan sebagai pengusaha. Pada dasarnya, ekspansi adalah kegiatan yang penting supaya bisnis bisa berkembang lebih maju dan besar. Ketika menjalankan ekspansi tentu Anda juga membutuhkan modal yang tidak kecil. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Fajria Anindya Utami. 7 Desember 2020. Apa Itu Ekspansi?. Wartaekonomi.co.id. https://bit.ly/3ywYgnM