Bisnis

Apa Itu Business Development? Mari Kenali Lebih Jauh

Business development adalah bagian dari manajemen dalam perusahaan yang sangat penting perannya. Secara garis besar, business development diartikan sebagai sebuah proses dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan melalui pasar, pelanggan, dan relasi bisnis. Sederhananya, business development merupakan jabatan dengan tanggung jawab utama untuk mencari cara paling efektif agar interaksi antara pasar, pelanggan, dan relasi bisnis dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus bertumbuh.

Pengertian Business Development

Business development memiliki tugas untuk mengusahakan imbal hasil berskala besar dalam waktu singkat dan merencanakan strategi atau taktik jangka panjang untuk mengembangkan perusahaan.

 

Terdapat beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang business development, diantaranya adalah mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi di antara klien atau pelanggan tersebut, melakukan riset pasar, melakukan riset perkembangan bisnis perusahaan secara berkala, bekerja sama dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar atau klien dan memahami produk dari perusahaan, posisi bisnis, karakteristik berikut kompetitor di dalam pasar.

 

Selain itu, seorang business development juga bertanggung jawab untuk menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan usaha perusahaan, serta bekerja sama dengan bagian penjualan agar memperoleh calon pelanggan atau klien baru yang potensial.

Skill yang Diperlukan Business Development

1. Manajemen

Pada dasarnya, fokus tugas seorang business development sangatlah beragam. Oleh karena itu, skill mengatur waktu sekaligus menyusun prioritas harus dipunyai business development. Disamping itu, business development juga harus pintar dalam mengatur sumber daya yang dimiliki perusahaan agar dapat mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

2. Motivasi Tinggi

Business development wajib punya motivasi yang tinggi dan kedisiplinan ketika bekerja. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, tugas business development sangat beragam, business development tidak boleh menyerah, serta mampu memenuhi target dalam deadline dan berbagai keterbatasan lainnya.

3. Komunikasi

Dalam beberapa kesempatan, business development harus bekerja di depan layar. Inilah kenapa business development memiliki syarat mempunyai skill komunikasi yang baik. Dalam prakteknya, business development banyak melakukan komunikasi dengan calon klien, pelanggan, tim, hingga presentasi di hadapan koleganya.

4. Marketing

Karena business development juga mempunyai tanggung jawab di bidang marketing untuk mempromosikan brand bisnisnya, ada baiknya seorang business development mempunyai kemampuan dasar dalam bidang marketing.

5. Negosiasi

Business development mungkin dihadapkan pada proses negosiasi bersama klien potensial untuk mengadakan kerja sama dengan pihak perusahaan. Oleh karena itu, business development perlu mengasah skill negosiasinya supaya seluruh proyek yang dituju bisa dicapai.

6. Analisis Data

Cukup banyak data yang harus dianalisis business development, sebut saja data investor, data pertumbuhan penjualan per bulan, data klien, hingga informasi lain dari perusahaan kompetitor yang perlu dipelajari. Karena tanggung jawab ini, kemampuan analisis data dan ketelitian sangat diperlukan. Apalagi data yang perlu dianalisis tidak terbatas pada data tulisan saja, melainkan juga data yang berisi angka, pola gambar, pola angka, hingga operasi matematika. Usai menganalisisnya, business development harus menyusun data tersebut dan menyajikannya pada atasan dan kolega dengan bahasa yang mudah dipahami.

 

Analisis data ini juga penting dalam menentukan instrumen-instrumen investasi yang tepat untuk perusahaan seperti pendanaan. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Perusahaan sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Atau daftar melalui website resmi Investree for Lender.

7. Manajemen Proyek

Saat menjadi seorang business development, Anda harus siap menghadapi berbagai kemungkinan terbaik dan terburuk. Bukan hanya perkara proyek saja yang perlu ditangani, namun juga support dalam tim, kerja sama tim, dan pemecahan masalah kerja. Pada poin ini, kemampuan leadership harus tertanam dalam mental seorang business development agar segala proyek yang dipimpin bisa berjalan selaras dengan tim.

 

Kesimpulannya, business development adalah orang yang bertugas untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang.

 

Referensi :

Chrissila Jessica. 20 Januari 2021. Apa Itu Business Development dan Apa Saja Tanggung Jawabnya? Glints.com : https://bit.ly/3oap08L

Share this Post

Artikel Terbaru