Bisnis

Apa Itu Brand Value? Simak Pengertian Lebih Lengkapnya

Brand value adalah nilai keseluruhan konsumen yang rela membayar lebih, atau seberapa sering mereka memilih, mengingat, mengharapkan, menceritakan hubungan suatu merek dan perbedaannya dengan merek serupa lainnya. Pada praktiknya, suatu brand (merek) tidak hanya berpaku pada nama, logo, atau slogan saja. Merek harus mampu mencerminkan kualitas, perasaan, janji, harapan, juga pengalaman bagi orang-orang yang terlibat, baik itu konsumen maupun karyawan perusahaan. Lalu, apa saja manfaat dari brand value itu? Simak penjelasannya dibawah ini.
ACD marketplace

Ragam Manfaat Brand Value

1. Konsumen Loyal

Ketika suatu merek mampu memberikan kesan positif terhadap konsumen, konsumen cenderung akan bersikap loyal. Dimana loyalitas tersebut memungkinkan terjadinya transaksi pembelian berulang. Bahkan, jika konsumen termasuk dalam jajaran committed buyer, mereka tidak hanya akan berhenti pada pembelian ulang, namun juga akan menganjurkan orang lain untuk membeli produk dari merek yang sama.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Merek merupakan pembeda utama dari beberapa produk yang sama oleh perusahaan berbeda. Dengan memiliki citra merek yang baik, maka secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kredibilitas di mata konsumen.

3. Menciptakan Toleransi Konsumen

Melalui sikap loyal yang diberikan konsumen, akan timbul toleransi terhadap kesalahan kecil yang mungkin terjadi. 
ACD lender

4. Meningkatkan Pengalaman Pembeli

Tidak peduli jika barang yang dijual beberapa perusahaan memiliki kualitas, material, ataupun potongan yang sama, merek dengan image yang kuat bakal lebih meningkatkan pengalaman dari masing-masing pembeli. 

5. Kesempatan Memberikan Harga Premium

Aktivitas branding yang sesuai akan menciptakan demand yang lebih tinggi. Pada fase ini, biasanya perusahaan akan membebankan harga yang lebih tinggi kepada pelanggannya. Sebagaimana fenomena yang kerap terjadi di era milenial, barang bermerek paling sering dipasarkan dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan produk lain dalam kategori yang sama.

6. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Salah satu alasan terjadinya kapitalisasi pasar suatu perusahaan yang kerap melebihi nilai bukunya dalam akuisisi, merger, usaha patungan, perizinan, maupun negosiasi pembiayaan adalah brand valuating. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di bursa, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar nilai perusahaan berasal dari brand value yang kuat. Aset tak berwujud seperti branding menyumbang sekitar 50-75% kapitalisasi pasar perusahaan yang terdaftar.

7. Meningkatkan Rasio Keuangan

Selain itu, kinerja merek yang baik akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rasio keuangan suatu perusahaan. Liquidity ratio seperti halnya quick ratio dan current ratio, yang mengestimasi kekuatan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan uang tunai ketika dibutuhkan, lebih baik bagi merek yang kuat.

8. Meningkatkan Kinerja Pasar Saham

Selalu ada hubungan yang kuat dari branding dan shareholder value creation. Diketahui, portofolio investasi dari perusahaan yang memiliki brand value kuat akan menghasilkan setidaknya 1% lebih tinggi nilai pengembalian bulanan rerata dibandingkan perusahaan dengan brand value lemah.

 

Kesimpulannya, brand value adalah komponen terpenting yang wajib dimiliki perusahaan. Untuk meningkatkan brand value, Anda membutuhkan modal yang cukup untuk meningkatkan layanan dan promosi berbayar melalui media sosial dengan maksimal. Brand value yang baik tentunya juga didukung dari kelancaran arus kas sebuah perusahaan yang memungkinkan perusahaan untuk bertumbuh. Dengan menjaga arus kas yang baik, tentu manajemen brand value dapat lebih mudah dilakukan. Untuk memastikan kelancaran arus kas perusahaan Anda, manfaatkan akses pembiayaan melalui Investree dengan tingkat bunga dan biaya kompetitif mulai dari 1% per bulan, serta berdasarkan sistem credit-scoring modern. Pembiayaan ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk memastikan perusahaan Anda terus berkembang, tidak hanya dari sisi brand value, tetapi juga secara keuntungan finansial perusahaan.
ACD borrower

Referensi :

Dosen Pendidikan 2. 8 Februari 2021. Ekuitas Merek adalah. Dosenpendidikan.co.id : https://bit.ly/3y07VBB

Share this Post

Artikel Terbaru