Bisnis

Apa Itu Bisnis MLM? Kenali Secara Mendalam di Sini

Multi Level Marketing atau bisnis MLM adalah salah satu bentuk usaha yang banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga sebagai sumber penghasilan tambahan. Jauh sebelum tren toko online merebak, MLM sudah lebih dulu menjadi aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat sebagai sampingan dari pekerjaan ataupun tugas utama mereka.

Mayoritas pelaku bisnis MLM memang para ibu rumah tangga yang membutuhkan aktivitas berpenghasilan di sela kesibukan mengurus keluarga. Namun di dalam perkembangannya saat ini bisnis MLM sudah makin luas saja baik dari segi bidang usaha maupun pelaku usahanya.

ACD marketplace

Mengenal Bisnis Multi Level Marketing

Mendengar istilah Multi Level Marketing atau MLM memang masih banyak yang beranggapan negatif dan merasa sebagai bentuk eksploitasi terselubung. Padahal selama perusahaan MLM yang diikuti memiliki reputasi yang bagus dan dilakukan dengan ketekunan, bisnis ini cukup menjanjikan.

Sistem MLM membuat orang yang berada di urutan paling bawah tidak akan mendapatkan hasil sebanyak mereka yang berada di atasnya atau upline. Namun dengan keuletan dan kegigihan dalam menawarkan produk suatu saat Anda akan berubah dari downline menjadi upline dengan penghasilan besar.

Strategi pemasaran produk MLM dilakukan secara berantai. Pada sistem MLM tersebut, tenaga penjualan tidak hanya akan mendapatkan imbal hasil dari produk yang dijualnya saja, melainkan juga dari tenaga penjual lainnya yang telah direkrut atau dikenal dengan istilah downline.

Anda akan memadukan teknik pemasaran piramida, pemasaran network atau jaringan, sampai dengan pemasaran berantai. Agar sukses menjalani bisnis MLM, yang harus Anda lakukan adalah merekrut downline sebanyak mungkin.

Tips Memilih MLM yang Terpercaya

Anda bisa meraih kesuksesan melalui bisnis MLM yang sudah memiliki reputasi bagus dan terpercaya. Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah MLM tersebut bagus atau tidak? Inilah beberapa panduan untuk memilihnya.

1. Sudah Terdaftar di APLI

Pastikan bahwa Anda hanya memilih perusahaan MLM yang sudah terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia atau APLI. Asosiasi tersebut merupakan lembaga yang terdiri dari perusahaan-perusahaan MLM di mana di dalamnya terdapat aturan dan kode etik dari bisnis MLM itu sendiri.

APLI mewajibkan semua perusahaan MLM yang akan bergabung di dalamnya untuk mendapatkan sertifikasi lebih dulu. Di samping itu APLI juga menetapkan bahwa perusahaan yang benar-benar sudah memenuhi persyaratan saja yang bisa bergabung.

ACD lender

2. Badan Hukum Jelas

Tips yang kedua melihat apakah perusahaan MLM tersebut sudah memiliki badan hukum yang jelas. Maksudnya di sini adalah perusahaan MLM seharusnya berbentuk PT dan memiliki NPWP badan usaha serta SIUPL. Tanpa adanya hal-hal tersebut di atas sebaiknya Anda urungkan niat untuk bergabung dengan MLM tersebut.

3. Produknya Beragam

Ikut dalam perusahaan MLM yang mempunyai banyak jenis produk membuat Anda akan lebih mudah untuk menawarkannya. Sehingga dengan begitu Anda juga menjadi lebih mudah untuk mendapatkan downline. Jika downline yang didapatkan semakin banyak maka kesempatan Anda menjadi upline dengan pendapatan tinggi menjadi lebih besar.

Meski terlihat mudah, bisnis MLM adalah bisnis yang cukup sulit dilakukan karena harus mencari downline dan menjual produk. Selain itu, bisnis juga memiliki pandangan negatif di masyarakat. Jika Anda ingin memulai bisnis MLM, persiapkan dengan matang dan lakukan secara tekun untuk mendapatkan imbal hasil yang diinginkan. Namun jika masih ragu dan takut, Anda bisa mengalokasikan dana usaha Anda ke pendanaan Investree yang sudah terpercaya dan terdaftar OJK untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Unduh Investree for Lender sekarang dan dapatkan imbal hasil dengan mudah dan cepat.

Referensi:

ACD borrower

Dewaweb Team. 15 Mei 2021. Apa Itu MLM? Ini Pengertian dan Cara Kerja MLM Terlengkap. Dewaweb.com: https://bit.ly/3AKqT0A

Share this Post