Bisnis

Apa Itu Bisnis Konvensional? Ayo Cari Tahu Lebih Dalam

Bisnis konvensional adalah bisnis yang dilakukan dengan cara lama atau konvensional tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bisnis konvensional sering diartikan sebagai usaha yang dilakukan secara offline dengan membuka toko atau tempat fisik tidak menggunakan media online. Meski begitu banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis konvensional. Apa saja? Simak keunggulan bisnis konvensional dan perbedaan bisnis konvensional dan online di bawah ini.

ACD marketplace

Keunggulan dari Bisnis Konvensional

1. Produk Bisa Dilihat Langsung

Kelebihan dari bisnis konvensional salah satunya pembeli bisa melihat produknya secara langsung.  Hal ini yang tidak bisa dilakukan kalau Anda membeli barang di toko online. Anda bisa melihat langsung kualitas produk dan bentuk produk yang sebenarnya. Jika tidak cocok, Anda bisa mengurungkan niat untuk membeli.

Melihat barang secara langsung juga menumbuhkan kepuasan Anda. Rasa puas ini muncul ketika Anda sudah mendapatkan produk sesuai harapan. Terlebih lagi jika produk yang Anda beli adalah baju, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Ini juga hal yang tidak bisa dilakukan jika membeli baju secara online.

2. Pembeli Bisa Bertemu dengan Penjual

Menjalankan bisnis konvensional bagi sebagian orang menjadi sesuatu yang menyenangkan karena bisa langsung berinteraksi dengan calon pembelinya. Penjual bisa bertanya langsung pada pembeli apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Begitu juga sebaliknya, pembeli bisa menyampaikan langsung apa yang diinginkan kepada penjual. Tidak jarang dari obrolan-obrolan antara penjual dan pembeli bisa terjadi hubungan kerjasama dalam bisnis yang menguntungkan.

ACD lender

3. Stok Cukup Banyak

Meskipun ada juga toko online yang memiliki stok barang cukup banyak namun biasanya pedagang konvensional mempunyai persediaan yang lebih banyak lagi. Ini karena bisnis konvensional dilengkapi dengan toko ataupun gudang yang bisa digunakan untuk menyimpan barang. Dengan adanya ketersediaan barang yang cukup banyak maka pembeli bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dalam jumlah besar tanpa perlu menunggu lebih lama.

Perbedaan Bisnis Konvensional dan Online

1. Modal Bisnis

Bisnis konvensional lebih cocok bagi Ada yang memiliki modal cukup besar karena harus menyediakan tempat untuk melakukan usahanya tersebut. Contohnya, Anda harus membangun atau menyewa toko, gudang, kantor dan sebagainya. Dan ini tentu saja membutuhkan modal cukup banyak. Berbeda dengan bisnis online tidak memerlukan toko, gudang dan sebagainya. Anda hanya memerlukan HP, jaringan internet dan produk yang akan dijual saja. Jika modal Anda terbatas, Anda bisa coba mengajukan pinjaman bisnis atau mulai dari bisnis online sebelum membuka toko fisik.

2. Waktu dan Cara Kerja

Bagi Anda yang memang fokus berbisnis saja maka usaha konvensional pilihan yang baik. Mengelola bisnis konvensional membutuhkan kehadiran Anda setiap waktu dan kurang baik kalau dijadikan sebagai sampingan saja. Sedangkan bisnis online cocok bagi Anda yang masih memiliki pekerjaan lainnya karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat oleh waktu tertentu.

Itu dia pembahasan mengenai bisnis konvensional dan perbedaannya dengan bisnis online. Anda pilih yang mana?

ACD borrower

Referensi:

Toko Distributor. Blog.tokodistributor.com : https://bit.ly/3rNA4KI

Yuli SE, MM. 6 Jenis Bisnis Konvensional yang Ada di Indonesia. Dosenekonomi.com : https://bit.ly/3C0m3xH

Share this Post

Artikel Terbaru