Apa Itu Bisnis Franchise? Ini dia Jenis-jenis Franchise dan Tipsnya!

Terdapat banyak skema dalam memulai bisnis, salah satunya adalah dengan skema franchise. Bisnis franchise saat ini menjadi skema usaha yang semakin populer di Indonesia. Keunggulan bisnis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Selain menguntungkan, beberapa orang berpendapat bahwa bisnis franchise lebih mudah dijalankan. 

Sebelum membahas lebih jauh, Anda perlu tahu dulu apa itu franchise, jenis-jenisnya, dan apa saja tips untuk memulainya. Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Franchise

Franchise dalam bahasa Indonesia disebut waralaba, yang artinya hak atau kebebasan. Lebih jauh, hak di sini adalah hak antara pemilik merek suatu produk dan pengguna merek, berupa kebebasan menggunakan merek, produknya, hingga sistem operasionalnya untuk jangka waktu tertentu. Dalam bisnis franchise, pihak yang memiliki waralaba disebut franchisor, sedangkan pihak yang menerima waralaba disebut franchisee.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise adalah sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. 

Sederhananya, franchise adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama, sehingga brand-nya terlihat sangat besar dan tersebar dimana-mana.

Jenis Waralaba:

Menurut Internasional Franchise Association (IFA), bisnis franchise dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Product Franchise

Pada franchise ini, pemilik brand (franchisor) memiliki kontrol penuh terhadap pihak yang menjual atau mendistribusikan kembali produknya (franchisee). Biasanya, terdapat kesepakatan antara kedua belah pihak sehingga franchisee mendapat hak untuk menggunakan merek dan hak cipta, namun harus membayar sejumlah uang yang disepakati bersama.

  1. Manufacturing Franchisee

Pada franchise ini, franchisee memiliki hak untuk membuat produksi produk dari suatu brand yang dimiliki franchisor. Sedangkan franchisee memiliki hak untuk mencampur dan mengolah bahan baku yang disediakan oleh franchisor.

  1. Business Opportunity Ventures

Franchise yang satu ini mengharuskan franchisee untuk membeli sekaligus mendistribusikan berbagai produk dari perusahaan tertentu.

  1. Business Format Franchising

Franchise yang ini lebih lengkap karena franchisee akan menjual produk dari franchisor sekaligus menjalankan kesepakatan dengan franchisor tersebut.

Tips Memulai Bisnis Franchise

1. Ciri Khas/Keunikan Brand dan Produk

Anda harus dapat membuat selling point pada brand atau produk Anda. Anda bisa meningkatkan kualitas atau membuat gimmick pada promosi pemasaran, seperti menambahkan fasilitas tambahan pada outlet, memilih key opinion leader yang unik, dan membuat jargon yang selalu dikenang.

2. Catatan Keuangan

Hal selanjutnya yang wajib Anda miliki sebagai franchisee adalah memiliki catatan keuangan. Jangan pernah lupa untuk membuat pembukuan keuangan secara rutin, baik secara sistem atau manual. Walaupun bisnis yang Anda miliki belum berskala besar, namun pencatatan transaksi keuangan harus dibuat secara keseluruhan dan rapi. Dengan demikian, perkembangan bisnis yang Anda jalankan dapat diobservasi dari waktu ke waktu.

3. SOP yang Jelas

Tetapkan standar operasional prosedur (SOP) sebagai pedoman dan acuan agar semua karyawan termasuk Anda sebagai owner brand dapat optimal dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Dengan SOP yang jelas, akan muncul standar kualitas yang sama antara franchise yang satu dengan franchise lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan, bahan produksi, peralatan dapur, seragam karyawan, dan hal-hal lainnya yang tidak berbeda dari franchise lainnya. SOP Anda juga harus didesain sederhana mungkin agar semua proses bisnis Anda dapat menjadi lebih lancar karena mudah dipahami oleh franchisee. Sebagai Franchisor, Anda sebaiknya memberikan pelatihan kepada franchisee secara berkala. Sebab, walaupun dijalankan oleh pemilik yang berbeda-beda, namun pelanggan tetap melihat brand yang sama. 

Itulah penjelasan mengenai franchise lengkap dengan jenis dan tips menjalankannya. Jika Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha franchise Anda, Investree hadir menawarkan solusi pinjaman dengan bunga yang kompetitif. Pendaftaran sangat mudah dan cepat karena 100% online. Daftarkan usaha Anda melalui tautan berikut ini: https://investr.ee/BlogBorrower.

Selamat berbisnis!

Referensi:

https://pintek.id/blog/waralaba/

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/bisnis-franchise-kenali-pengertian-dan-keuntungannya

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/apa-itu-franchise/

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/jenis-jenis-bisnis-waralaba-yang-paling-umum-di-indonesia