Apa Itu Biaya Tetap? Kenali Secara Lebih Jauh di Sini

Dalam dunia bisnis ada beragam istilah yang perlu dipahami seperti biaya tetap. Biaya tetap adalah salah satu kondisi yang ada di dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Ini merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk keberlangsungan usaha itu sendiri. Berikut ini adalah ulasan lengkap seputar biaya tetap yang perlu diketahui.

Pengertian Biaya Tetap

Biaya tetap merupakan dana yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dan biasanya jumlahnya cukup besar. Namun meski demikian biaya tetap tidak memberikan pengaruh akan kegiatan yang berlangsung di dalam perusahaan itu sendiri, baik proses produksi atau penjualan. Biaya tetap berada di luar cakupan dua hal tersebut.

Pengeluaran yang termasuk dalam biaya tetap adalah gaji para pegawai atau karyawan. Selain itu ada biaya asuransi, depresiasi, hingga biaya untuk bunga. Jadi pada intinya biaya tetap adalah bentuk dari biaya tambahan atau pengeluaran tambahan selain biaya produksi dan promosi. Serta perlu diingat, pengeluaran ini tidak memberikan pengaruh apapun pada tingkat produksi barang atau jasa dari perusahaan itu sendiri.

Selain gaji pegawai, pembayaran bunga dan asuransi, ada beberapa pengeluaran lain yang masuk pada biaya tetap. Ada biaya untuk sewa gedung, biaya cukai, dan pengeluaran yang sifatnya tidak berubah. Dapat dikatakan juga ini adalah pengeluaran rutin untuk bisa menjalankan sebuah perusahaan. Pengeluaran ini tetap harus dipenuhi tanpa melihat ada atau tidaknya kegiatan produksi dan penjualan.

Pengeluaran yang Masuk Biaya Tetap

Gambar 2

Dari penjelasan diatas mungkin sudah mulai terbayang apa saja yang masuk pada biaya tetap. Namun untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengeluaran yang termasuk biaya tetap sebuah perusahaan:

  • Penyusutan : merupakan biaya atau pengeluaran yang harus dikeluarkan secara bertahap pada suatu biaya aset berwujud.
  • Asuransi : pengeluaran rutin yang harus dibayar secara berkala sesuai dengan kontrak asuransi yang sudah disepakati.
  • Bunga : pengeluaran yang diberikan untuk memberikan pinjaman pada perusahaan lain.
  • Pajak Properti : Pajak yang dibayar secara rutin terkait aset perusahaan yang dimiliki.
  • Sewa : Pengeluaran yang perlu dibayarkan pada orang lain yang menyewakan tempat atau gedung untuk operasional perusahaan.
  • Gaji : pengeluaran yang dilakukan secara rutin atau berkala pada semua pegawai di perusahaan yang biasanya dikeluarkan setiap bulan.
  • Utilitas : pengeluaran perusahaan yang mencakup tagihan listrik, internet, telepon, dan lain-lain.

Fungsi Biaya Tetap

Dilihat dari pengertian dan contoh dari biaya tetap tentu ada fungsinya tersendiri bagi perusahaan. Pengeluaran yang sifatnya rutin dan tetap bagi perusahaan ini sangat penting karena fungsinya meliputi:

  • Memberikan bantuan bagi perusahaan dalam mengetahui apakah sudah balik modal atau belum.
  • Berguna untuk menentukan jumlah biaya tetap dengan biaya variabel.
  • Memberikan perusahaan bantuan dalam menetapkan atau menentukan alat produksi apa yang perlu diganti atau diperbaiki.
  • Dapat digunakan untuk mengetahui perolehan laba pada perusahaan untuk operasi jangka panjang.

Pada intinya, biaya tetap adalah pengeluaran perusahaan yang pasti dilakukan secara rutin atau berkala. Besarnya atau nilai dari biaya tetap sendiri cenderung tidak akan mengalami perubahan atau bersifat tetap. Tanpa adanya biaya tetap, perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Setiap perusahaan pasti memiliki pengeluaran rutin dengan jumlah yang berbeda dengan jenis yang beragam juga. Pastikan untuk membayar biaya tetap secara tepat waktu agar tidak mengalami masalah ketika menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

TokopediaKamusKeuangan. Biaya Tetap. Kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3dVeYnr