Apa Itu Biaya Tenaga Kerja Langsung? Simak di Sini

Biaya tenaga kerja langsung adalah upah ataupun gaji yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja yang terlibat secara langsung dalam proses produksi. Direct labor cost atau biaya tenaga kerja langsung tersebut menjadi salah satu komponen dalam biaya produksi perusahaan yang harus dimasukkan pada sistem pembukuan dan akuntansi setiap periode.

Biaya kerja langsung sebenarnya tidak hanya terbatas pada upah atau gaji saja karena pada beberapa perusahaan mungkin lebih dari itu. Tunjangan, asuransi kesehatan karyawan, tabungan pensiun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan sejenisnya dapat juga masuk ke dalam direct labor cost tersebut. Bahkan perusahaan yang cukup mapan juga membayarkan pajak karyawannya sehingga masuk sebagai direct labor cost.

Mengenal Biaya Tenaga Kerja Langsung atau Direct Labor Cost

Dalam sistem manajemen akuntansi yang benar akan dipisahkan biaya tenaga kerja tidak langsung dengan biaya tenaga kerja langsung. Tujuannya adalah untuk memudahkan perusahaan melakukan analisis yang nantinya digunakan sebagai acuan meningkatkan jumlah produksi.

Beberapa hal penting yang terdapat pada biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) dapat Anda simak penjelasannya berikut ini.

1. Definisi Biaya Tenaga Kerja Langsung

Yang disebut dengan biaya tenaga kerja langsung adalah seluruh biaya yang dianggarkan oleh perusahaan dan digunakan untuk membiayai kegiatan yang berhubungan dengan proses produksi suatu barang. 

Pengertian yang lebih mudah dipahami bahwa biaya tenaga kerja langsung yaitu upah ataupun gaji yang diberikan perusahaan kepada karyawan dimana karyawan tersebut terlibat langsung pada proses produksi untuk menghasilkan barang jadi.

Jadi mudahnya biaya tenaga kerja langsung adalah upah ataupun gaji yang diberikan kepada tenaga kerja. Sementara pengertian tenaga kerja yaitu semua orang yang terlibat langsung dalam proses produksi.

2. Rumus Perhitungan

Dalam menentukan berapa besarnya biaya tenaga kerja langsung perusahaan menggunakan rumus seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Rumus perhitungan biaya tersebut secara umum yaitu dengan menghitung berapa tingkat upah karyawan pada periode tersebut dan total jam kerja yang dilakukan oleh pekerja tersebut.

Agar lebih mudah Anda tinggal memasukkannya ke dalam rumus berikut ini.

Biaya Tenaga Kerja Langsung = Tingkat Upah Tenaga Kerja x Total Jam Kerja

3. Contoh Biaya Tenaga Kerja Langsung

Jika Anda masih belum begitu memahami apa dan bagaimana direct labor cost. Berikut ini contoh dalam sebuah perusahaan manufaktur yaitu pabrik tekstil. Dalam pabrik tekstil ada biaya tenaga kerja langsung misalnya upah atau gaji karyawan bagian produksi seperti operator mesin tenun, operator mesin gulung kain, operator mesin palet benang, mekanik mesin dan sebagainya.

Upah atau gaji pekerja akan dibayarkan oleh perusahaan dengan periode tertentu misalnya mingguan, dua mingguan ataupun bulanan.

4. Pengecualian Biaya Tenaga Kerja Langsung

Meskipun semua karyawan akan memperoleh pembayaran gaji atau upah dari perusahaan sebagai kompensasi atas pekerjaan yang dilakukannya namun tidak semuanya masuk kategori biaya tenaga kerja langsung.

Seperti sedikit disinggung sebelumnya bahwa pada sistem manajemen akuntansi perusahaan akan dibedakan antara biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung.

Pekerja atau karyawan yang tidak terlibat dalam proses produksi barang baku menjadi bahan jadi maka masuk dalam kelompok biaya tenaga kerja tidak langsung.

Contoh dari biaya tenaga kerja tidak langsung ini misalnya gaji untuk staf kantor seperti accounting, human resources development (HRD), marketing dan lain-lain termasuk juga tenaga keamanan atau sekuriti/satpam dimana pekerjaannya tidak langsung terlibat dalam proses produksi.

Itulah penjelasan secara singkat mengenai biaya tenaga kerja langsung dan contohnya. Biaya tenaga kerja tersebut masuk dalam biaya produksi atau modal produksi yang harus diperhitungkan dengan cermat anggarannya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

21 September 2021. Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja dan Komponennya. Harmony.co.id: https://bit.ly/3pW54Zv

Keuangan. 5 Juli 2019. Biaya Tenaga Kerja Langsung. Cerdaso.com: https://bit.ly/3F0s7qi