Apa Itu Analisis Regresi? Berikut Fungsi, Manfaat, dan Penerapannya!

Dunia statistik tentunya tidak akan lepas dari data. Pengetahuan akan statistik sangat dibutuhkan bagi seorang pelaku usaha untuk memperkuat kemampuannya di bidang analisis. Salah satu istilah penting dalam ilmu statistika adalah regresi.  Jadi, apa itu regresi? Berikut kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian regresi, fungsinya, manfaatnya, serta penerapannya dalam dunia bisnis. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Analisis Regresi

Regresi adalah metode statistik atau teknik analisis hipotesis yang digunakan untuk menguji hubungan antara satu variabel terikat dan satu variabel independen atau lebih yang dinyatakan dalam bentuk persamaan matematik (regresi). Metode ini juga bisa digunakan untuk menilai kekuatan hubungan antara variabel dengan perkiraan masa depan. Secara umum, terdapat dua jenis analisis regresi, yaitu linear sederhana dan linear majemuk. Analisis regresi dapat diaplikasikan ke berbagai disiplin ilmu, termasuk investasi, finansial, dan pemasaran.

Fungsi dan Manfaat Analisis Regresi

  • Memprediksi Masa Depan

Regresi dapat menganalisis hal-hal yang akan terjadi di masa depan, termasuk meramalkan risiko dan peluang bisnis perusahaan. Contoh, analisis masa depan mengenai permintaan produk. Dengan regresi, Anda bisa meramalkan berapa jumlah produk yang akan dibeli oleh konsumen.

  • Mencegah Terjadinya Kesalahan

Regresi yang dapat memperbaiki kekeliruan atau eror. Contoh, ketika Anda berpikir bahwa memperpanjang waktu buka kedai kopi berpengaruh pada peningkatan penjualan kopi. Setelah menghitung regresi, ternyata keputusan tersebut justru merugikan toko.

  • Memberikan Insight baru

Insight baru akan didapatkan apabila Anda berusaha melakukan pencarian data terkait perusahaan dan pelanggan Anda. Tentunya, hal ini juga harus diikuti dengan analisis regresi yang tepat. Contohnya, dengan analisis regresi, Anda dapat melihat adanya lonjakan atau penurunan penjualan selama hari-hari tertentu.

  • Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis

Terakhir, regresi sangat berguna dalam mengoptimalkan operasional bisnis. Contoh, Anda ingin menghitung regresi untuk melihat dampak dari strategi pemasaran tertentu pada target tertentu. 

Penerapan Analisis Regresi

  • Analisis Regresi Linear Sederhana

Analisis regresi linear sederhana adalah sebuah metode pendekatan untuk pemodelan hubungan antara satu variabel  (terikat) dan satu variabel independen (bebas). Analisis regresi linear sederhana bertujuan untuk mengetahui arah dari hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, apakah memiliki hubungan positif atau negatif.

Rumus regresi linear sederhana sebagai berikut:

 Y = a + bX

Keterangan:

Y     = Variabel dependen (variabel terikat)

X     = Variabel independen (variabel bebas)

a      = Konstanta (nilai dari Y apabila X = 0)

b      = Koefisien regresi (pengaruh positif atau negatif)

  • Analisis Regresi Linear Majemuk

Regresi linear majemuk adalah model regresi yang melibatkan lebih dari satu variabel bebas. Berikut rumus analisis regresi linear majemuk:

Y = a +bX1 + cX2 + dX3 + €

Keterangan:

Y = Variabel dependen (variabel terikat)

X1, cX2, X3 = Variabel independen (variabel bebas/penjelas)

a = Konstanta

b, c, d = Koefisien regresi

€ = Eror atau residu

Demikian penjelasan lengkap mengenai analisis regresi, manfaat dan fungsi, serta penerapannya. Semoga bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis di masa depan. Jika Anda ingin menambah modal usaha dan mengembangkan bisnis, P2P lending dari Investree adalah pilihan yang tepat. Selain bunga yang ditawarkan kompetitif, Anda juga akan merasakan kemudahan proses peminjaman dana. Cepat, 100% online, dan transparan. Laman pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut ini: https://investr.ee/BlogBorrower.

Yuk, kembangkan bisnis Anda bersama Investree!

Referensi:

https://www.jojonomic.com/blog/analisis-regresi/

https://www.akseleran.co.id/blog/regresi-adalah/