Bisnis

8 Indikator Perbedaan Administrasi dan Manajemen yang Harus Diketahui

Dalam bisnis, administrasi dan manajemen adalah dua hal yang saling berkaitan. Hal inilah yang membuat sebagian orang kesulitan untuk membedakannya. Apalagi praktik keduanya memang hampir sama. Padahal sebenarnya perbedaan administrasi dan manajemen mudah untuk dikenali, lho.

Penasaran apa saja perbedaan antara administrasi dan manajemen? Yuk, simak penjelasannya lengkapnya pada artikel ini!

Pengertian Administrasi dan Manajemen

Sebelum masuk ke penjelasan tentang perbedaan administrasi dan manajemen, Anda perlu tahu pengertian keduanya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memahaminya.

Jadi, secara umum, administrasi adalah seluruh kegiatan pencatatan yang dilakukan secara tertulis dan tersusun rapi serta sistematis. Administrasi yang baik dapat mempermudah seseorang atau suatu organisasi untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Adapun fungsi umum administrasi antara lain sebagai pembentukan rencana, kebijakan, aturan, prosedur, hingga pengaturan tujuan serta objek.

Sedangkan manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan orang lain atau tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan agar dapat mencapai tujuan tertentu menggunakan sumber daya organisasi. Fungsi daripada manajemen adalah untuk merencanakan, mengontrol, memimpin, mengelola, serta melakukan koordinasi untuk mencapai sebuah keputusan.

Setidaknya adalah lima hal yang harus ada dalam manajemen dan dikenal dengan istilah 5M, yakni Men (orang), Material (bahan), Machines (mesin), Method (metode), Money (uang).

Dari dua pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa administrasi adalah tindakan mengelola seluruh organisasi yang dilakukan oleh sekelompok orang. Lalu, manajemen adalah suatu cara sistematis untuk mengelola orang dan hal-hal yang ada dalam organisasi.

Perbedaan Administrasi dan Manajemen

Agar Anda lebih paham tentang dua istilah ini, berikut adalah 8 indikator perbedaan administrasi dan manajemen yang harus diketahui.

1. Berdasarkan Perannya

  • Administrasi berperan sebagai penentu.
  • Manajemen berperan sebagai pelaksana.

2. Berdasarkan Kewenangannya

  • Administrasi berwenang pada level atas.
  • Manajemen berperan pada level menengah ke bawah.

3. Berdasarkan Pekerjaannya

  • Administrasi bertugas untuk menentukan tujuan, menyusun kebijakan, sekaligus membuat formulasi dari rencana yang dibuat.
  • Manajemen bertugas sebagai pelaksanaan atau aktor dalam menerapkan rencana maupun kebijakan yang telah dibuat.

4. Berdasarkan Penerapannya

  • Administrasi banyak diterapkan pada kantor pemerintahan, rumah sakit, perusahaan bisnis, organisasi pendidikan, organisasi keagamaan, klub, hingga militer.
  • Manajemen diterapkan hanya pada organisasi bisnis, khususnya organisasi bisnis yang menghasilkan profit.

5. Berdasarkan Fokus Tujuannya

  • Administrasi fokus untuk menentukan alokasi terbaik dari sumber daya yang terbatas.
  • Manajemen fokus untuk melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan.

6. Berdasarkan Wilayah Operasinya

  • Administrasi memiliki kontrol penuh terhadap semua aktivitas dalam sebuah organisasi.
  • Manajemen bekerja di bawah administrasi.

7. Berdasarkan Istilah Profesinya

  • Seseorang yang bekerja mengurus segala urusan administrasi disebut administrator.
  • Seseorang yang bekerja untuk mengelola pekerjaan dan karyawan demi mencapai tujuan disebut manajer.

8. Berdasarkan Fungsinya

  • Fungsi administrasi mencakup undang-undang dan penentuan.
  • Fungsi manajemen bersifat mengatur dan eksekutif.

Itulah tujuh perbedaan administrasi dan manajemen yang perlu Anda pahami.

Istilah administrasi dan manajemen memang tidak lepas dari kegiatan operasional suatu bisnis. Jadi, tidak heran jika kedua istilah ini terdengar familiar bagi mayoritas orang.

Selain administrasi dan manajemen, suatu bisnis juga identik dengan modal. Dengan modal yang besar, maka peluang suatu bisnis untuk berkembang menjadi semakin tinggi. Hal inilah yang membuat pebisnis kerap mencari investor atau orang yang mau meminjamkan sejumlah dana sebagai modal untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah, Investree bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang sedang mencari pinjaman dana untuk pengembangan bisnis. Perusahaan teknologi finansial ini merupakan online marketplace yang mempertemukan investor dengan orang yang membutuhkan pendanaan.

Layanan dari Investree sudah dijamin aman, cepat, dan beresiko rendah. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, gunakan layanan Investree untuk dapatkan pinjaman modal bagi bisnis Anda.

Referensi:

https://cerdika.com/perbedaan-administrasi-dan-manajemen/

https://www.studimanajemen.com/2019/02/perbedaan-manajemen-dan-administrasi.html#:~:text=Dari%20sifat%20dasar%3A%20Manajemen%20adalah,dilakukan%20dan%20kapan%20harus%20dilakukan.

https://www.yuksinau.id/perbedaan-administrasi-dan-manajemen/

Share this Post