Bisnis

7 Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Untung dan Praktis

Tidak semua jenis usaha dimulai dengan modal yang besar. Beberapa usaha jajanan rumahan modal kecil juga bisa Anda lakukan. Meski modalnya kecil, Anda bisa bisa mendapatkan imbal hasil yang signifikan. Lalu, apa saja usaha jajanan yang modalnya kecil? Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

ACD marketplace

Ragam Usaha Jajanan Rumahan Bermodal Kecil

1. Roti Bakar

Saat ini makanan ringan bercita rasa manis seperti roti bakar banyak diminati masyarakat, Ini menjadi peluang usaha untuk Anda. Memulai usaha roti bakar bisa dilakukan dengan mudah karena bahan-bahan banyak tersedia di pasaran. Agar laris manis, Anda bisa membuat beberapa varian roti bakar seperti roti bakar coklat keju, roti bakar coklat kacang dan varian rasa lainnya. Selain itu, promosikan usaha roti bakar Anda ke media sosial untuk menarik banyak pembeli.

2. Bubur Kacang Hijau

Usaha bubur kacang hijau cukup menjanjikan, apalagi jika anda membuka usaha ini di kawasan perkotaan. Banyak pekerja kantoran yang sering kesulitan mencari makanan yang enak dan murah. Cara membuat bubur kacang hijau juga sangat mudah untuk Anda coba. Alat dan perlengkapan juga gampang ditemui di pasaran.

3. Keripik

Berjualan keripik tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bahan keripik cukup terjangkau dan mudah ditemui seperti talas, ubi, singkong, pisang, dan lainnya. Selain itu, proses pemasarannya sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat menitipkan keripik hasil produksinya di warung terdekat, membuka outlet sendiri di pinggir jalan, atau mempromosikannya secara online.

4. Gorengan

Bisnis bermodal kecil ini bisa dimulai dari lingkungan kampung/perumahan, menjualnya secara online, membuka outlet di pinggir jalan, serta membuka pesanan untuk restoran besar. Untuk meningkatkan nilai jual produk gorengan Anda, buatlah value added baik dari lokasi penjualan, pelayanan karyawan, sampai cita rasa gorengan itu sendiri.

ACD lender

5. Susu Jahe

Untuk dapat membuka usaha ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti jahe segar, kental manis, gula, madu, dan telur, serta variasi menu lainnya. Jika menyewa tempat untuk berjualan susu jahe dinilai terlalu memberatkan, Anda bisa memulainya dengan membuka stand di depan rumah. Atau bisa juga dengan menjualnya secara online.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng jadi salah satu kuliner yang laris manis dengan cita rasa khas di setiap daerahnya. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dan membuka usaha nasi goreng dengan cita rasa khas Anda sendiri. Jenis usaha ini bisa dibuka dengan gerobak keliling, toko di rumah, atau bergabung dengan aplikasi pesan antar makanan secara online.

7. Ayam Goreng

Dari dulu sampai sekarang, ayam goreng disukai banyak orang. Saat ini pun banyak tersedia merek dagang terkenal yang menawarkan menu ayam goreng tepung dengan karakteristik renyah, lezat, dan gurih. Anda bisa memulai usaha ini di rumah dengan modal yang kecil dengan brand Anda sendiri. Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa franchise dari merek yang sudah lebih dulu populer sangat direkomendasikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan membangun branding karena orang-orang sudah sangat akrab dengan merek tersebut.

Itulah beberapa jenis usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa dicoba di rumah, namun penting diperhatikan juga untuk Anda dapat memunculkan keunikan dari produk yang akan Anda jual untuk menarik banyak peminat. Semoga bermanfaat!

ACD borrower

Referensi:

18 Maret 2021. 10+ Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan. Humorbendol.com: https://bit.ly/3nyH9Pd

Share this Post

Artikel Terbaru