Bisnis

7 Unsur-Unsur Manajemen yang Perlu Anda Ketahui

Manajemen merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Dengan manajemen yang baik, kita bisa mengatur apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara untuk menjalankan sesuatu. Contohnya seperti manajemen waktu, manajemen keuangan, manajemen diri, hingga manajemen bisnis atau perusahaan. Dalam bidang bisnis, manajemen dilengkapi dengan berbagai unsur. Apa saja unsur-unsur manajemen tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

APA YANG DIMAKSUD MANAJEMEN?

Sebelum mengetahui unsur-unsur yang ada pada manajemen, Anda perlu mengetahui pengertian manajemen terlebih dahulu. Manajemen merupakan suatu proses yang dilaksanakan oleh manusia melalui pemanfaatan sumber daya agar tercapai suatu tujuan yang efektif dan efisien. Efektif erat kaitannya dengan banyaknya hasil pencapaian yang sesuai dengan ekspektasi. Sedangkan efisien berhubungan dengan sedikitnya penggunaan waktu, uang, dan tenaga yang dikeluarkan dalam proses pencapaian tujuan tersebut.

APA SAJA UNSUR-UNSUR MANAJEMEN?

Setelah membahas pengertian manajemen secara umum, sangat penting bagi Anda untuk memahami apa saja unsur-unsur manajemen, terutama dalam membangun bisnis Anda. Unsur-unsur manajemen saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain. Unsur-unsur manajemen dikenal dengan “7M”, terdiri dari man, material, machine, money, method, market, dan minute.

  • Man (Manusia)

Unsur pertama dalam manajemen adalah manusia. Anda sebagai manusia merupakan unsur yang paling utama dalam manajemen karena memiliki peran krusial dalam sistem operasi. Manusia merupakan sumber daya yang diperlukan untuk memimpin, menggerakkan karyawan/bawahan, serta mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk kemajuan dan keberlangsungan lembaga. Singkatnya, manajemen manusia dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, lingkungan kerja yang sehat dan kondusif, serta ide-ide inovatif.

  • Material (Bahan)

Material adalah unsur manajemen berupa persediaan bahan baku yang dibutuhkan dalam kegiatan berbisnis. Jika bahan baku tidak tersedia atau akses terhadap bahan baku sulit, maka secara otomatis akan mengakibatkan turunnya daya pada proses produksi. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja bisnis Anda dalam jangka pendek maupun panjang. Maka dari itu, bahan baku yang dipilih juga harus diseleksi ketat sehingga memiliki kualitas yang baik. Begitu pula pada saat penggunaannya, bahan baku harus dipakai seefektif mungkin sehingga tidak ada yang terbuang percuma. Pembeliannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan usaha dan anggaran sejak awal. Penting bagi pelaku bisnis untuk bisa mendapat bahan yang berkualitas namun tetap terjangkau.

  • Machine (Mesin)

Mesin berupa peralatan yang digunakan oleh suatu instansi atau lembaga. Mesin merupakan unsur manajemen yang diperlukan karena sebagai pendukung lancarnya proses menuju tujuan bisnis atau perusahaan. Mesin digunakan untuk memproses bahan baku agar menjadi sebuah produk yang memuaskan dan berkualitas tinggi. Dengan adanya mesin, Anda dapat mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan sehingga bisnis Anda menjadi lebih efisien dari segi waktu, uang, dan tenaga. Oleh karena itu, pembelian dan penggunaan mesin harus direncanakan agar efektif. Hal ini termasuk mendapatkan mesin yang layak dengan biaya rendah namun tetap membantu memberikan performa produksi yang baik. Agar mesin dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak, dalam penggunaannya juga harus seefektif dan sebaik mungkin. 

  • Money (Uang)

Uang adalah unsur penting yang mendasari keseluruhan kegiatan bisnis, termasuk kegiatan manajemen untuk mencapai tujuan. Semua proses pekerjaan yang berlangsung pasti memerlukan uang, seperti untuk membeli peralatan, perlengkapan, dan hal-hal yang dibutuhkan untuk perusahaan. Uang harus dikelola dan dianggarkan dengan bijak dan cermat agar keberlangsungan manajemen yang optimal tetap terjaga. Biasanya, pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai. Selain itu, semakin banyak jumlah barang yang dipesan maka secara otomatis Anda akan mendapatkan potongan harga khusus dari vendor. 

  • Method (Metode)

Metode merupakan unsur manajemen yang digunakan untuk mengatur berjalannya prosedur kegiatan. Adanya metode dalam kegiatan bisnis, sangat membantu proses sehingga menjadi lebih efisien. Dengan menggunakan metode yang telah dibuat sesuai dengan divisi yang ada di perusahaan, karyawan yang merupakan spesialis atau ahli dalam bidangnya dapat didistribusikan. Metode harus dilaksanakan dengan baik, efektif, dan terstandarisasi agar mendapatkan hasil kerja yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan.

  • Market (Pasar)

Pasar adalah unsur manajemen yang tidak kalah penting, terutama untuk perusahaan atau bisnis, karena sering dikunjungi oleh sejumlah besar orang yang akan membeli barang. Dalam unsur ini, terbagi beberapa bagian lagi, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penerapan program, kebijakan, strategi, dan teknik pemasaran untuk menciptakan permintaan akan penawaran produk atau jasa. Keberadaan pasar menyebabkan produksi terjual serta dapat mengetahui kekurangan dan keuntungan dari produk. Dalam hal ini, sebagai produsen, Anda dapat meningkatkan atau mempertahankan kualitas yang sudah ada. Strategi ini menyebabkan produk menjadi lebih cepat menyebar luas dan disukai oleh konsumen. 

  • Minute (Waktu)

Waktu adalah aset yang paling berharga serta memerlukan peninjauan proses perencanaan manajemen. Dalam bisnis, Anda harus menggunakan waktu seefektif mungkin. Misalnya, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat dan mengenalkan produk baru ke pasar? Lalu, seberapa tahan bisnis Anda terhadap tekanan persaingan? Maka, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dan jangan biarkan bisnis Anda tertinggal dari para kompetitor.

Itulah penjelasan tentang unsur manajemen yang dapat Anda pahami dan terapkan sesuai kebutuhan agar menghasilkan hasil yang optimal dan sejalan dengan tujuan akhir. Jika Anda masih membutuhkan biaya melengkapi unsur-unsur manajemen di atas, terutama dalam unsur keuangan, Investree hadir untuk menjadi  jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender) sebagai tambahan modal usaha Anda. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif mulai dari 1 persen per bulan. Pendaftaran bisa diakses di laman berikut: https://investr.ee/BlogBorrower dan https://investr.ee/BlogLender.

Yuk, daftar Investree sekarang dan kembangkan bisnis Anda!

Referensi:

https://www.kembar.pro/2015/10/6-unsur-manajemen-terpenting-dalam-fungsi-manajemen.html

https://www.hashmicro.com/id/blog/unsur-manajemen/

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/unsur-unsur-manajemen-apa-saja-3736/

https://accurate.id/marketing-manajemen/unsur-unsur-manajemen-pengertian-dan-semua-hal-yang-perlu-anda-tahu/

Share this Post