Bisnis

7 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula Anti Gagal

Sekarang ini, memiliki kendaraan pribadi menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dan sering melakukan mobilisasi. Kondisi inilah yang kemudian membuat beberapa orang memanfaatkannya sebagai peluang besar untuk membuka bisnis rental mobil.

Bisnis rental mobil pemula memang cukup beresiko. Hal ini karena Anda harus bisa mendapatkan mobil dengan kualitas baik dan memasarkannya kepada masyarakat luas. Oleh karena itulah, dibutuhkan perencanaan yang matang untuk memulai bisnis rental mobil di masa kini.

Jadi, apa saja tips memulai bisnis rental mobil pemula yang anti gagal? Di bawah ini, kami akan menjelaskan berbagai tips memulai bisnis rental mobil yang dapat Anda ketahui.

7 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil bagi Pemula

Berikut adalah penjelasan tentang 7 tips memulai bisnis rental mobil pemula yang bisa Anda terapkan. Simak baik-baik, ya.

1. Memilih Mobil yang Banyak Peminatnya

Memulai bisnis rental mobil pemula bisa Anda mulai dengan memilih mobil yang memiliki banyak peminat. Dengan begitu, peluang mobil Anda banyak disewa akan lebih besar. Untuk itu, Anda bisa coba melakukan riset untuk menentukan jenis mobil yang banyak diminati di daerah Anda.

Umumnya, pelanggan lebih menyukai jenis mobil MPV atau minibus karena dapat membawa banyak orang dan hemat bahan bakar. Sedangkan untuk brand mobilnya sendiri antara lain Innova, Avanza, Xenia, Gran Max, dan lainnya. Jika sudah menentukan tipe mobil yang akan dibeli, Anda baru bisa menentukan harga sewanya.

2. Jangan Beli Mobil Bekas

Walau mobil bekas memiliki harga yang murah, namun kualitas dan performanya direkomendasikan untuk mobil rentalan. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih mobil baru sebagai mobil rental. Tips ini juga akan membuat Anda mendapat nilai lebih dari pelanggan.

Apalagi mobil baru cenderung lebih aman dan nyaman untuk digunakan. Maka dari itu, bukan tidak mungkin akan ada banyak calon pelanggan yang tertarik dengan mobil yang ada di bisnis rental Anda.

3. Membeli Mobil dengan Sistem Kredit

Untuk Anda yang merasa berat jika harus beli mobil baru karena modal yang terbatas, maka bisa coba membeli modal dengan sistem kredit. Jadi, nantinya Anda bisa mengambil sebagian keuntungan dari pendapatan rental mobil untuk membayar cicilannya. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani dengan besarnya biaya beli mobil secara tunai.

4. Menetapkan Sistem Rental Mobil

Sebagai pemilik bisnis rental mobil pemula, memiliki regulasi atau sistem rental menjadi hal yang tak kalah penting. Regulasi ini dapat meminimalisir risiko kerusakan ataupun kehilangan mobil oleh pihak penyewa.

Adapun beberapa peraturan yang bisa Anda terapkan pada regulasi bisnis rental mobil, yaitu:

  • Menerapkan surat perjanjian yang harus ditandatangani sebelum penyewaan oleh pihak penyewa dengan materai.
  • Memberlakukan penahanan dokumen pribadi, seperti KTP atau Kartu Keluarga selama masa penyewaan.
  • Memberi formulir kepada pihak penyewa yang berisi data pribadi mereka.
  • Memasang alat pelacak GPS pada mobil Anda untuk meminimalisir terjadinya kehilangan mobil.

5. Mendaftarkan Asuransi Mobil

Setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Begitu pula dengan bisnis rental mobil. Untuk itu, Anda bisa mendaftarkan asuransi pada tiap mobil yang disewakan demi meminimalisir risiko tersebut.

Asuransi ini akan sangat membantu Anda saat terjadi kecelakaan lalu lintas, kerusakan, hingga kehilangan yang dapat mengganggu kelancaran bisnis rental Anda. Sebagai pemilik bisnis rental mobil pemula, Anda bisa coba asuransi dengan premi kecil atau sistem kerjasama dengan badan usaha terlebih dulu agar lebih ringan.

6. Mengatur Strategi Marketing

Bicara soal bisnis tentu tidak terlepas dari strategi marketing yang digunakan. Strategi bisnis ini akan membantu Anda dalam mengukur seberapa efektif bisnis rental yang Anda jalankan. Kini ada berbagai strategi marketing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya, pemilik bisnis akan menggunakan berbagai platform media sosial serta blog dengan domain gratis sebagai media promosi. Selain itu, banyak juga di antara pemilik bisnis rental mobil pemula yang memanfaatkan relasi untuk mengenalkan bisnisnya.

7. Mengelola Keuangan

Tips memulai bisnis rental mobil pemula yang terakhir adalah mengelola keuangan dengan membuat pembukuan sederhana. Nantinya, pembukuan tersebut akan mencakup seluruh transaksi, baik pengeluaran maupun pemasukan dalam periode tertentu.

Laporan keuangan yang dibuat tersebut dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan strategi bisnis. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah mengontrol setiap transaksi bisnis.

Sekian penjelasan seputar tips memulai bisnis rental mobil pemula yang bisa dipraktikkan langsung. Dengan menerapkan tips di atas, bukan tidak mungkin bisnis rental mobil Anda akan cepat berkembang dalam waktu singkat.

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/tips-memulai-bisnis-rental-mobil-dengan-modal-kecil/

https://bukuwarung.com/usaha-rental-mobil/

Share this Post