7 Ide Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris Manis

Saat bulan Ramadhan, seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Nah, biasanya momentum Ramadhan ini kerap dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai peluang membuka usaha. Sebab, ada banyak ide usaha di bulan Ramadhan yang menarik untuk dicoba.

Jika Anda tertarik memanfaatkan momentum bulan Ramadhan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda berada di artikel yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan ide usaha di bulan Ramadhan yang laris manis dan bisa menjadi pilihan untuk Anda. Jadi, simak baik-baik, ya.

7 Ide Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris Manis

Berikut ini adalah 7 ide usaha di bulan Ramadhan yang laris manis dan bisa Anda coba.

1. Makanan Takjil

Bagi masyarakat Indonesia, takjil adalah menu wajib yang harus ada saat berbuka. Untuk itulah, Anda bisa memanfaatkan tradisi ini sebagai peluang untuk membuka usaha makanan takjil. Anda bisa menjual berbagai jenis hidangan. Mulai dari makanan ringan hingga minuman segar yang diminati oleh masyarakat sekitar.

2. Katering Makanan Sahur

Katering makanan sahur bisa menjadi ide usaha di bulan Ramadhan yang akan mendatangkan omset cukup besar. Jika Anda tinggal di daerah kampus atau perkantoran, maka usaha ini akan sangat cocok untuk dicoba. Hal ini karena kebanyakan orang tidak sempat mempersiapkan menu sahur mereka sehingga lebih memilih untuk pesan katering makanan.

3. Kurma

Kurma adalah buah yang selalu laris manis dijual selama bulan Ramadhan. Biasanya buah ini dikonsumsi pada saat buka puasa. Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen Ramadhan untuk berjualan kurma. Anda bisa menjual berbagai jenis kurma dengan kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga bisa menjual beberapa jenis buah lain yang banyak dicari saat bulan puasa.

4. Kue Kering

Permintaan kue kering biasanya akan meningkat menjelang lebaran. Nah, untuk Anda yang hobi membuat kue kering, tentu bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ide usaha di bulan Ramadhan yang dijamin laris manis. Anda bisa mempromosikan kue kering yang dibuat melalui media sosial untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

5. Hampers atau Parcel

Ide usaha di bulan Ramadhan lainnya yang bisa Anda coba adalah usaha hampers atau parcel. Umumnya, permintaan hampers dan parsel ini akan meningkat drastis menjelang lebaran. Nah, Anda bisa coba membuka usaha hampers atau parcel yang berisi aneka kue kering, bahan pokok, peralatan ibadah, dan barang lain yang sekiranya banyak dicari orang.

6. Busana Muslim

Mencari busana muslim saat bulan Ramadhan adalah salah satu tradisi bagi umat muslim di Indonesia. Busana muslim tersebut umumnya dipakai saat lebaran nanti. Nah, jika Anda memiliki ketertarikan di bidang fashion, tidak ada salahnya menjadikan momentum Ramadhan sebagai peluang membuka usaha busana muslim. Anda bisa menjual berbagai baju muslim, baik untuk laki-laki maupun perempuan dan untuk segala usia.

7. Ketupat

Meski ketupat adalah salah satu hidangan yang selalu ada saat Ramadhan, namun nyatanya tidak semua orang bisa membuatnya sendiri. Jadi, apabila Anda memiliki keterampilan membuat ketupat, maka manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha menjual ketupat. Anda bisa menjual hanya anyaman ketupatnya saja atau bahkan ketupat yang sudah jadi.

Nah, itulah 7 ide usaha di bulan Ramadhan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar semakin untung, Anda bisa menginvestasikan sebagian hasil pendapatan selama berjualan di bulan Ramadhan ke reksadana, lho.

Instrumen investasi yang satu ini sangat cocok bagi pemula karena tidak ribet dan bisa berinvestasi dengan nominal kecil. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan layanan Reksa Dana for Lender dari Investree. Anda bisa berinvestasi dengan nilai terjangkau, namun mendapatkan return yang atraktif.

Caranya pun sangatlah mudah. Anda cukup mendaftarkan diri sebagai Lender dan sudah berinvestasi di Investree. Sangat menarik, bukan?

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/bisnis-bulan-puasa/

https://dailysocial.id/post/10-ide-peluang-usaha-di-bulan-puasa-ramadan