Bisnis

7 Ide Usaha Di Bidang Kesehatan yang Bisa Anda Terapkan

Usaha di bidang kesehatan semakin banyak saat ini. Pandemi memberikan banyak pengaruh pada sektor kesehatan dan farmasi. Farmasi merupakan solusi paling utama untuk mengatasi pandemi yang tak kunjung selesai. Oleh karena itu, sektor kesehatan memiliki peluang besar untuk Anda yang ingin memulai usaha. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan munculnya beberapa usaha di bidang kesehatan yang beredar di tengah masyarakat. Berikut ini beberapa ide usaha yang bisa Anda jalankan di bidang kesehatan.

1. Konten Kreator Kesehatan

Salah satu ide usaha yang bisa Anda coba adalah konten kreator. Ini salah satu ide bisnis yang cukup unik dan mungkin belum banyak yang terpikir menjalankannya, Membuat konten yang menarik seputar kesehatan bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat. Media sosial tentang kesehatan secara otomatis banyak dikunjungi masyarakat karena membutuhkan konten yang terkait cara atau tips supaya tubuh bisa lebih sehat dan bisa menghindari virus corona. Jika Anda memiliki banyak pengikut, ada beberapa imbal hasil yang Anda dapatkan. Mulai dari tawaran iklan hingga diundang di berbagai seminar kesehatan.

2. Menjual Alat Kesehatan

Sejak adanya pandemi beberapa alat kesehatan mulai dicari terutama thermometer atau pengukur suhu badan, masker, dan alat medis lainnya. Bahkan akhir-akhir ini alat saturasi oksigen juga mulai diburu. Alat-alat tersebut memang kerap dibutuhkan untuk mengantisipasi saat keadaan sedang genting serta sangat berguna bagi yang sedang menjalani isoman. 

Membuka usaha penjualan alat kesehatan tersebut bisa menjadi salah satu peluang usaha yang berpotensi. Usahakan untuk membuka usaha jual alat kesehatan secara online. Sekarang orang lebih cenderung memilih belanja kebutuhan melalui marketplace atau secara online untuk mengurangi dan menghindari kontak dengan orang luar.

3. Startup Kesehatan

Jika Anda memiliki tim yang solid, coba jalankan bisnis startup kesehatan. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi pada masyarakat tentang permasalahan yang ada terutama dalam ranah kesehatan. Pikirkan sebuah produk yang cukup inovatif dan memberikan manfaat bagi masyarakat, misalnya memproduksi sebuah masker untuk orang yang tunarungu.

4. Jasa Konsultasi Kesehatan

Jasa konsultasi kesehatan secara online menjadi usaha di bidang kesehatan yang bisa Anda coba. Banyak orang yang mengalami depresi karena harus menghabiskan waktu di rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. Menyediakan jasa konsultasi kesehatan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama yang memberikan support group.

5. Jasa Katering Makanan Sehat

Makanan yang sehat akan membantu tubuh untuk bisa lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit atau virus. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum sadar makanan sehat itu seperti apa. Baiknya coba mulai jalankan usaha catering makanan sehat. Ini akan menjadi usaha yang cemerlang karena sekarang fokus masyarakat pada cara menjaga kesehatan tubuh. Sediakan makanan sehat beserta keterangan jumlah kalori dan juga manfaatnya. Konsumen akan lebih tertarik lagi jika bahan makanan juga dicantumkan. Perlahan akan banyak konsumen yang datang dan menjadi pelanggan yang loyal.

6. Menulis Buku Kesehatan

Untuk yang hobi menulis ini bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Bagi tenaga medis yang ingin menambah penghasilan bisa menggunakan cara ini. Ide usaha di bidang kesehatan ini bisa dilakukan kapan saja menyesuaikan waktu luang yang tersedia. Berikan ilmu dan informasi secara detail mengenai kesehatan pada buku yang disusun dan dibuat. Agar bisa sukses, pastikan fokus dan maksimal melakukan promosi menggunakan media sosial.

7. Membuka Apotek

Ini tentu memerlukan tenaga ahli dengan latar belakang khusus yaitu Sarjana Farmasi. Jika memiliki tempat yang lokasinya strategis serta belum ada di sekitar rumah atau tempat tersebut yang menyediakan obat-obatan, tentu ini akan menjadi peluang usaha yang baik. Usaha apotek ini juga bisa dimaksimalkan dengan bergabung di marketplace.

Itulah beberapa ide usaha di bidang kesehatan yang bisa dicoba terutama di masa pandemi seperti sekarang. Setiap ide usaha bisa dilakukan siapa saja namun alangkah baiknya jika yang menjalankan adalah pihak-pihak yang memang merupakan ahli di bidang kesehatan. Selain itu, menyiapkan modal untuk mengembangkan usaha sangat penting Anda lakukan. Jika Anda membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

ukmsumut. 21 Ide Bisnis Bidang Kesehatan yang Wajib Dicoba. ukmsumut.com: https://bit.ly/3hMifHQ

Share this Post

Artikel Terbaru