Bisnis

7 Ide Bisnis Tahan Krisis Pandemi COVID-19 di 2021

Dahsyatnya dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 membuat perjalanan sektor bisnis sepanjang tahun 2020, cukup tertatih. Setidaknya ada 56% UMKM yang mengalami penurunan hasil omzet penjualan selama masa pandemi. Bahkan, 22% lainnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan/kredit. Lalu, sektor UMKM yang paling terkena imbasnya adalah usaha yang bergerak di bidang eksportir, diikuti oleh usaha di bidang kerajinan dan pendukung pariwisata. Ini yang kemudian mengharuskan kita lebih cermat dalam membaca pasar ketika ingin mulai berbisnis. Adaptasi adalah kunci utama agar bisa berhasil menjalankan bisnis di era pandemi. Berikut Investree punya 7 ide bisnis kebal COVID-19 bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis di tahun depan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah!

Usaha di bidang food & beverage

Bisnis makanan dan minuman dianggap kebal terhadap kondisi krisis karena pada situasi apapun, manusia tetap butuh makan dan minum bahkan kondisi serba sulit sekalipun. Dengan begitu, bisnis di bidang kuliner ini tidak akan pernah surut atau kehilangan konsumen. Apalagi bisnis ini bisa dibilang minim modal dengan margin profit yang besar. Kita ambil contoh, harga nasi goreng di tempat makan yang ada di mall rata-rata Rp35.000 per porsi, padahal bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng tersebut tidak sampai Rp10.000 per porsi. Keuntungan yang bisa Anda peroleh sudah di atas 200%, bukan? Itu berarti perputaran arus kas juga jadi lebih cepat. Meski tetap ada penurunan omzet ketika krisis ekonomi melanda, namun perputaran profit yang besar dalam waktu cepat membuat usaha di sektor ini tidak punya alasan untuk mengalami kebangkrutan.

Nah, mengingat kita masih berada di masa pandemi, tren gaya hidup sehat masih akan terus diminati. Ini bisa menjadi peluang bisnis tersendiri dengan menjual berbagai makanan sehat karena kedepan akan semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatannya sehingga lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, Anda juga bisa menjajal bisnis minuman herbal yang berasal dari bahan-bahan alami untuk menunjang kesehatan tubuh. Dijamin laris-manis!

Bisnis masker dan hand sanitizer

Kalau yang satu ini sudah jelas. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan masker dan hand sanitizer? Bahkan, bagi sebagian orang ada yang membawa lebih dari satu jenis di tasnya ketiga bepergian. Itu mengapa, kedua produk ini jelas punya peluang yang menjanjikan. Masih akan terus dicari banyak orang hingga tahun depan, jadi Anda tidak perlu khawatir akan sepi peminat. Nah, tapi perlu diingat! Anda harus memproduksi atau menjual masker dan hand sanitizer yang sesuai dengan standar. Seperti masker, salah satu ketentuan standarnya yaitu harus 3 ply. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini pun terbilang kecil karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bisnis bahan dekorasi rumah

Sosialisasi untuk #dirumahaja bahkan ikut digaungkan oleh pemerintah, membuat kita mau tidak mau harus lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Apalagi ditambah dengan adanya kebijakan work from home dan study from home yang kemungkinan besar masih akan terus berlanjut hingga tahun depan. Meski kebanyakan dari kita mulai merasa bosan berada di rumah, salah satu cara untuk mengatasi kebosanan tersebut adalah dengan mendekorasi rumah untuk mengganti atau pun menambah suasananya. Nah, ini bisa menjadi peluang bagi Anda dengan menjual segala kebutuhan bahan-bahan dekorasi rumah, seperti gorden, sarung bantal, tanaman hias, lilin aromaterapi/pewangi ruangan, hingga lukisan. Jika Anda memiliki keterampilan tangan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan modal yang jauh lebih kecil ketimbang membeli produk jadi. Bila Anda mampu membuat produk yang bisa bersaing di pasaran, pasti akan ramai peminatnya.

Bisnis jasa laundry

Ide bisnis ini bisa menjadi peluang yang menggiurkan ketika Anda tinggal di area perumahan atau perkotaan. Sebab, mobilitas yang tinggi sering membuat orang yang tinggal di daerah perkotaan tidak sempat mencuci pakaian, terlebih menyetrikanya. Ketimbang bayar pembantu mahal, orang-orang lebih memilih untuk memakai jasa laundry kiloan. Makanya, jasa laundry menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba di tahun depan. Modalnya juga tidak terlalu besar. Anda bisa mulai dengan membeli mesin cuci dan pengering bekas tapi dengan kondisi yang masih baik. Tidak harus selalu membeli yang baru agar modal yang Anda keluarkan di awal juga tidak terlalu besar. Untuk lokasi bisnis, Anda bisa memanfaatkan tempat tinggal Anda sebagai permulaan, tidak harus langsung menyewa tempat. Jangan lupa memberi promo menarik agar bisnis Anda semakin laris.

Menyediakan jasa kursus online & offline

Adanya kebijakan study from home, seringkali membuat para orang tua kewalahan mengajar anak-anak mereka di rumah. Oleh karena itu, bila Anda punya keahlian di bidang akademik - Anda bisa menawarkan jasa les privat pelajaran sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Atau, bila Anda punya keterampilan lain, seperti bermain alat musik, olah raga, atau melukis, Anda juga bisa menawarkan jasa les privat untuk mengajar keterampilan tersebut.

Nah, untuk target usia remaja, Anda bisa menyediakan jasa les privat secara online melalui Zoom atau Google Meet. Tentukan sendiri bidang apa yang ingin Anda tawarkan untuk diajarkan kepada para murid, tentunya yang sesuai dengan keahlian Anda. Bila Anda seorang profesional yang ingin memiliki bisnis sampingan, Anda juga bisa membuka kelas online berbayar untuk menularkan ilmu dan keahlian yang Anda miliki kepada orang lain. Apalagi hanya bermodalkan akses internet, Anda tertarik?

Menjual pupuk kompos dan bibit tanaman

Ketika banyak orang mulai bosan saat harus di rumah saja, akhirnya muncul berbagai hobi baru yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah bercocok tanam. Itu mengapa, bisnis pupuk dan bibit bisa menjadi tren bisnis yang kebal krisis di tahun depan. Apalagi selama masa pandemi, bisnis pertanian justru mengalami pertumbuhan. Tercatat pada kuartal II 2020, kontribusi sektor pertanian terhadap PDB naik sebesar 16,24%. Itu artinya, peluang bisnis di bidang ini cukup menggiurkan.

Anda bisa mulai dari lahan di pekarangan rumah dulu untuk mengembangkan bibit tanaman yang kemudian bisa Anda jual atau bisa Anda budidayakan sendiri yang hasilnya menjadi bahan pangan yang juga pasti laku di pasaran. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyediakan kebutuhan pertanian seperti pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga. Pupuk kompos akan semakin banyak dicari, terlebih semakin banyak orang yang mulai bercocok tanam dengan sistem organik (tidak menggunakan pupuk kimia).

Menyediakan jasa digital marketing

Sekarang ini, perkembangan teknologi digital semakin masif. Karena pandemi juga, banyak bisnis yang akhirnya beralih menjalankan bisnisnya secara digital, salah satunya dengan membuka toko online. Bila sebuah bisnis dijalankan secara online, tentu pemasarannya juga dilakukan secara online. Itu mengapa, digital marketing punya peluang yang menjanjikan di tahun 2021. Kenapa? Sebab, setiap bisnis harus memiliki strategi pemasaran digital yang tepat, kreatif, dan beda dari pesaingnya. Namun, tidak semua pemilik bisnis mengerti soal pemasaran digital.

Nah, bagi Anda yang punya keahlian di bidang ini, jangan ragu untuk mulai menawarkan jasa pemasaran digital dan membantu para pelaku bisnis yang kesulitan melakukannya. Buat Anda yang sudah punya keahlian tersebut, itu termasuk modal utamanya. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang lebih besar. Pekerjaanya pun bisa dilakukan secara remote dan berhubungan dengan klien juga dapat dilakukan secara online.

Itu tadi ketujuh ide bisnis yang bisa Anda implementasikan di tahun 2021. Ketika pemasukan mulai berkurang, tidak ada salahnya untuk mencari sumber pemasukan baru dengan memulai sebuah bisnis. Jadikan hal tersebut sebagai resolusi di tahun depan. Yang penting, pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda agar lebih mudah saat memulainya pertama kali. Tahun yang baru, mulailah dengan semangat untuk melakukan hal-hal baru.

Referensi:

Firda Nur Asmita. 10 Peluang Usaha Baru dengan Modal Kecil Tahun 2021. Koinworks.com (Blog): http://bit.ly/3auQd0V

Lavinda. 14 Mei 2020. Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19. Jurnal.id (Blog): http://bit.ly/37GTxny

Share this Post