Bisnis

7 Fungsi Administrator dalam Suatu Usaha, Wajib Tahu!

Fungsi administrator penting Anda ketahui untuk mengembangkan usaha. Dengan adanya administrasi, pekerjaan seseorang akan menjadi lebih mudah baik itu formal atau nonformal. Administrasi ini berkaitan dengan pengelolaan data, proses mengelola data jadi lebih mudah. Untuk mengetahui apa saja fungsi dari administrasi terutama untuk operasional usaha Anda, mari simak ulasannya di sini.

Fungsi Administrator

1. Planning

Perencanaan atau planning membutuhkan administrasi untuk bisa mendapatkan hasil pengelolaan data yang tepat. saat menyusun suatu perencanaan tentu dibutuhkan kegiatan mulai dari mengumpulkan data, mengolah data, hingga jadilah sebuah perencanaan yang dibutuhkan.

Planning ini biasanya dilakukan untuk bisa mengembangkan dan memajukan perusahaan atau bisnis. Oleh karena itu, dalam menyusun sebuah perencanaan tidak bisa dilakukan asal-asalan tanpa data yang jelas. Administrasi bisa memberikan dan yang dibutuhkan serta secara akurat.

2. Organizing

Untuk bisa membangun komunikasi yang baik antar anggota atau karyawan perlu adanya penyusunan yang rapi. Administrasi membuat organizing jadi lebih mudah serta rapi karena memang dalam ilmu administrasi kerapian dan ketelitian adalah hal yang paling penting dan perlu diperhatikan.

Jika organizing dalam membangun komunikasi untuk tiap anggota berjalan dengan baik, maka tujuan dari sebuah perusahaan akan lebih mudah tercapai tanpa ada hambatan yang berarti.

3. Coordinating

Coordinating atau koordinasi adalah salah satu kegiatan dalam perusahaan dimana tujuannya adalah membuat perusahaan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Koordinasi ini sangat berguna untuk menghindari bentrok dan kekosongan serta kekacauan. 

Bagi sebuah perusahaan atau organisasi koordinasi ini berperan penting bagi kelangsungan perusahaan itu sendiri. Sebuah perusahaan membutuhkan koordinasi yang baik dengan menerapkan administrasi karena dalam satu perusahaan terdapat berbagai divisi. Supaya hubungan antar divisi tersebut bisa terjalin maka perlu adanya koordinasi. Mengkoordinasi dengan cara yang tepat bisa membuat semua divisi selaras dan tujuan perusahaan tercapai.

4. Reporting

Kegiatan ini adalah membuat laporan dimana isi dari reporting itu sendiri adalah perkembangan, pergerakan, serta hasil dari satu program yang dilakukan para karyawan dalam bentuk tulisan.

Reporting ini memudahkan perusahaan untuk mengontrol kinerja para karyawan yang sudah dibagi berdasarkan keahliannya. Posisi dan tugas karyawan akan lebih jelas dengan adanya laporan ini. Jika kinerja karyawan terkontrol maka perusahaan bisa berjalan lancar.

5. Budgeting

Fungsi administrator yang lain adalah untuk membuat atau menetapkan anggaran yang biasa dikenal dengan istilah budgeting. Anggaran merupakan hal penting bagi perusahaan agar bisa meningkatkan kinerja secara maksimal. Menetapkan anggaran sendiri membantu perusahaan mencapai tujuan seperti kerja sama atau iklan, khususnya bagi perusahaan yang sedang pada tahap pegembangan.

6. Staffing

Administrasi juga sangat penting untuk menentukan posisi setiap karyawan atau penempatan posisi yang biasa disebut dengan staffing. Administrasi digunakan untuk melakukan perekrutan para tenaga ahli, hingga melakukan pengembangan serta memenuhi perlengkapan.

7. Directing

Fungsi administrator yang terakhir untuk mengarahkan setiap anggota perusahaan dengan bentuk bimbingan hingga saran. Hal ini merupakan salah satu cara yang juga penting untuk menjalankan perusahaan. Dalam administrasi directing ini gunanya untuk menyampaikan perintah atau masukan kepada anggota perusahaan.

Itulah beberapa fungsi administrator yang penting Anda ketahui. Agar fungsi administrator dalam budgeting berjalan lancar dan maksimal, pastikan Anda sudah memiliki modal untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengenbangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Thpanorama. 7 Fungsi Administrator yang Paling Luar Biasa. Id.thpanorama.com : https://bit.ly/3F33ieA

Share this Post

Artikel Terbaru