Bisnis

7 Cara Mempromosikan Makanan Ini Menjamin Dagangan Laku

Cara mempromosikan makanan sangat penting Anda pelajari saat memulai bisnis kuliner. Dengan metode promosi yang tepat, usaha Anda semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan setiap hari. Bagaimana caranya? Simak beberapa cara mudah mempromosikan makanan yang bisa Anda coba di bawah ini.

Panduan Cara Mempromosikan Makanan

1. Membagikan Brosur dan Posting di Media Sosial

Membagikan brosur ke masyarakat sekitar bisa membantu mengenalkan produk makanan yang Anda pasarkan. Brosur memuat deskripsi informatif terkait produk atau tempat usaha Anda. Desain brosur tidak berfokus pada tulisan, namun juga perpaduan corak dan warna yang lebih atraktif. Selain dibagikan secara offline, Anda bisa memposting brosur secara online melalui media sosial.

2. Mempertahankan Konsistensi Kualitas Produk

Menjaga kualitas makanan tetap enak dan aman dikonsumsi menjadi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Makanan yang enak bisa Anda jadikan tagline promosi yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan promosi gratis dari pelanggan yang merekomendasikan tempat Anda ke teman dan keluarganya.

3. Memanfaatkan Momen

Sebelum promosi makanan, pastikan Anda sudah mengetahui momen-momen apa saja yang sedang terjadi. Di masa tertentu seperti perayaan hari besar keagamaan atau hari nasional bisa digunakan untuk melakukan promosi. Misalnya untuk perayaan Idul Adha, Anda bisa menyajikan menu spesial berbahan dasar kambing atau sapi. Atau mungkin penambahan menu ketupat opor di hari raya Idul Fitri.

4. Menggunakan Properti yang Menarik

Properti yang menarik bisa menjadi ciri khas usaha Anda dan berpeluang viral di media sosial. Misalnya, Anda memberikan properti untuk spot foto yang instagramable. Tentu banyak pelanggan yang berfoto dan memposting di media sosialnya masing-masing. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan promosi gratis.

5. Memainkan Musik

Musik bisa Anda jadikan alat promosi yang efektif untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Lantunan musik yang tenang dan merdu akan menambah selera makan sekaligus kenyamanan dari pelanggan yang datang. Selain itu, suara musik bisa menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitar tempat usaha Anda untuk datang dan melihat.

6. Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan menjadi kunci penting saat mempromosikan usaha makanan Anda. Pelayanan yang tanggap, cepat, ramah dan sopan akan meningkatkan minat pelanggan untuk tetap datang ke tempat usaha Anda.

7. Memberikan Promo Khusus

Pelanggan sangat tertarik dengan istilah promo. Anda bisa memberikan promo khusus menyesuaikan budget promosi Anda. Misalnya promo buy 1 get 1 di momen-momen tertentu atau promo khusus lainnya. Dengan promo tersebut, semakin banyak pelanggan yang membeli produk makanan Anda. Cara ini sangat efektif Anda gunakan untuk promosi makanan.

Anda bisa juga memberikan promo sederhana yang dikemas secara menarik. Misalnya saja diskon teman, potongan harga untuk pembeli pertama, pemberian produk gratis untuk pelanggan dengan minimum belanja tertentu, dan lain sebagainya. Tidak perlu promo besar-besaran, yang penting sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara mempromosikan makanan paling efektif yang bisa Anda coba. Anda tertarik mencoba?

Referensi:

Artika Nesa. 12 Cara Mempromosikan Produk Makanan Terbaik. Dosenekonomi.com : https://bit.ly/3jtLwag

Share this Post

Artikel Terbaru