6 Tips Memulai Usaha Jasa Pengiriman Barang bagi Pemula

Jasa pengiriman barang atau yang lebih dikenal dengan jasa ekspedisi merupakan bisnis yang menawarkan untuk mengirimkan paket barang. Jasa ekspedisi ini semakin populer semenjak maraknya jual-beli online yang dilakukan oleh masyarakat. Artinya, jasa pengiriman barang menyediakan fasilitas pengiriman barang dalam kota hingga luar negeri.

Jadi, tidak heran jika peluang usaha jasa pengiriman barang semakin ramai diperbincangkan. Bahkan mulai banyak pebisnis yang tertarik untuk terjun di sektor bisnis yang satu ini karena mempunyai prospek yang baik dan menjanjikan.

Lantas, bagaimana tips memulai usaha jasa pengiriman barang bagi pemula? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Tips Memulai Usaha Jasa Pengiriman Barang

6 Tips Memulai Usaha Jasa Pengiriman Barang bagi Pemula

Nah, berikut ini adalah 6 tips memulai usaha jasa pengiriman barang bagi pemula yang bisa Anda lakukan.

1. Menentukan Spesialisasi Jasa Pengiriman

Jika Anda ingin membuka usaha pengiriman barang, maka ada beberapa hal yang perlu disepakati terlebih dahulu. Salah satunya adalah menentukan spesialisasi jasa pengiriman apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Hal ini sangat penting dilakukan karena pada dasarnya jangkauan bisnis pengiriman barang sangat luas.

Adapun beberapa contoh spesialisasi yang bisa dipilih antara lain jasa pengiriman paket dan barang, jasa pengiriman antar daerah atau provinsi, dan jasa pengiriman barang ke luar negeri. Untuk menentukan hal ini, sebaiknya Anda langsung melakukan riset pasar ke konsumen. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jasa yang mereka butuhkan.

2. Menentukan Target Pasar

Selanjutnya, Anda juga perlu menentukan target konsumen untuk bisnis tersebut. Orang-orang yang termasuk ke dalam target ini yang sudah pasti berpotensi menggunakan jasa pengiriman barang Anda. Sebagai contoh, jika Anda memutuskan untuk membuka jasa pengiriman barang dan paket. Maka target pasarnya antara lain pemilik toko barang, perusahaan besar, dan sejenisnya.

3. Menyiapkan Budget dan Rencana Keuangan

Ketika akan membangun usaha baru, tentu saja Anda wajib menyiapkan budget dan rencana keuangan secara detail. Setidaknya ada sudah memiliki biaya yang dapat menutupi kebutuhan operasional untuk satu tahun ke depan. Beberapa biaya yang sekiranya paling dibutuhkan dalam usaha jasa pengiriman barang adalah biaya sewa, gaji karyawan, biaya pemasaran, dan biaya operasional.

4. Menentukan Struktur Badan Hukum Usaha

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan struktur badan hukum usaha yang bisa dipilih, seperti kepemilikan perseorangan, kemitraan umum, ataupun perseroan terbatas. Setiap struktur badan hukum usaha tersebut sudah pasti mempunyai kebijakan yang berbeda. Untuk itu, Anda wajib memahaminya terlebih dahulu.

5. Menyiapkan Lokasi Usaha

Lokasi usaha menjadi bagian penting dalam setiap bisnis yang tidak boleh Anda abaikan. Sebab, lokasi usaha ini adalah tempat dimana usaha Anda akan dijalankan. Sangat penting bagi Anda untuk memikirkan lokasi usaha. Bahkan Anda juga perlu memikirkan apakah akan langsung membelinya atau menyewa tempat tersebut.

6. Menyiapkan Tim yang Akan Bekerja

Pada usaha jasa pengiriman barang, Anda harus memiliki tim yang nantinya akan membantu kelancaran kegiatan operasional bisnis. Pada awal membangun usaha, Anda bisa merekrut beberapa karyawan yang sekiranya bisa diajak untuk bekerja sama dan memiliki visi yang sama dalam usaha yang Anda jalankan.

Demikian informasi singkat tentang 6 tips memulai usaha jasa pengiriman barang bagi pemula yang bisa dicoba. Semoga membantu Anda yang tertarik untuk mencoba usaha jasa pengiriman barang karena melihat peluangnya yang sangat besar.

Referensi:

https://pluginongkoskirim.com/tips-dan-cara-membuka-usaha-bisnis-jasa-pengiriman/

https://www.cermati.com/artikel/tips-membangun-bisnis-ekspedisi-dan-rincian-modalnya

https://pintarjualan.id/tips-buka-usaha-jasa-pengiriman/  

KV: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-hands-getting-box_11380248.htm#page=2&query=courier%20delivery&position=35&from_view=search