Bisnis

6 Teknik Pengembangan Usaha yang Harus Anda Ketahui

Teknik pengembangan usaha penting Anda pelajari untuk mengembangkan usaha. Tentu tidak mudah, akan ada banyak sekali tantangan yang perlu Anda lewati sebagai pelaku usaha. Risiko gagal pasti ada, namun peluang untuk berhasil juga besar. Ada banyak teknik yang bisa pelajari. Jika gagal dalam satu teknik, Anda bisa memanfaatkan teknik lainnya untuk menutupi kegagalan tersebut. Lantas, apa saja teknik mengembangkan usaha yang bisa dicoba? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ragam Teknik Pengembangan Bisnis

1. Meningkatkan Promosi

Promosi menjadi langkah paling penting dalam pengembangan suatu usaha. Melalui promosi, Anda bisa mengenalkan produk barang dan jasa yang ingin dijual kepada calon pelanggan potensial. Agar bisa menarik lebih banyak pelanggan, materi promosi harus dikemas dengan unik dan menarik. Promosi bisa dilakukan secara online melalui media sosial, atau offline dengan pembagian brosur, pemasangan baliho, dan lain sebagainya.

2. Mengenali Kompetitor

Apapun jenis usaha yang Anda jalankan, penting untuk mengenali karakter kompetitor, mulai dari bagaimana mereka memproduksi suatu barang, sampai teknik pemasaran yang dilakukan. Anda dapat mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki kompetitor, kemudian membandingkannya dengan produk dari bisnis Anda. Tak perlu mengadopsi semua kelebihan kompetitor, Anda dapat menjadikannya sebagai bahan acuan untuk kemudian memodifikasinya sesuai dengan ciri khas dari bisnis Anda. dengan demikian, akan tercipta produk yang berbeda dan unik.

3. Memperbaiki Sumber Daya yang Anda Miliki

Sebuah bisnis bisa berkembang dengan pesat dalam waktu singkat jika ada kontribusi dari sumber daya yang dimiliki, baik itu sumber data produk ataupun sumber daya manusia. Perbaikan sumber daya akan membantu penciptaan produk unik yang bisa meningkatkan perkembangan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan. Semakin baik kualitas sumber daya yang digunakan, semakin tinggi juga mutu produk yang bisa dihasilkan. Anda cukup memulainya dengan memilih tim dan staf yang memiliki kemampuan mumpuni, handal menyiapkan bahan berkualitas dan mampu melayani pelanggan dengan pelayanan yang layak.

4. Selalu Mengutamakan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik akan membuat konsumen merasa nyaman dan juga senang ketika membeli produk yang Anda pasarkan. Teknik ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa mempertahankan customer dalam kurun waktu lama. Selain itu, Anda perlu menjaga hubungan baik dengan para konsumen. Cobalah untuk memanfaatkan dunia digital semaksimal mungkin demi menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Berikan pula kesan yang positif dengan menjawab setiap pertanyaan para pelanggan dengan ramah dan solutif.

5. Melakukan Inovasi Produk

Anda harus melakukan inovasi produk. Teknik ini perlu dilakukan untuk membuat pelanggan tetap setia dalam membeli produk yang Anda jual. Anda bisa mencoba memproduksi produk baru sesuai dengan perkembangan tren. Misalnya saja usaha Anda bergerak di bidang kosmetik. Saat ini, tren skincare dan kosmetik dari Korea. Maka, Anda dapat memasarkan produk yang diimpor dari negara tersebut atau memproduksi barang dengan manfaat serupa.

6. Mengatur Keuangan dengan Baik

Keuangan sangat penting untuk operasional usaha Anda. Mengatur keuangan dengan baik harus Anda pelajari dari sekarang. Jika tidak dilakukan, usaha terancam gulung tikar. Anda harus menyiapkan modal untuk mengembangkan usaha. Jika butuh tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Itulah beberapa teknik pengembangan usaha yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Rizki Indra. 10 September 2021. Berikut 6 Teknik Pengembangan Usaha, Jarang Diketahui! Lemonilo.com: https://bit.ly/3hvs5h7

Share this Post

Artikel Terbaru