Bisnis

6 Strategi Pemasaran agar Bisnis Tetap #TumbuhDenganBerkah di Bulan Ramadhan 2021

Apakah bisnis Anda sudah memiliki strategi marketing (pemasaran) yang tepat? Apa menurut Anda sebuah bisnis wajib memiliki strategi pemasaran? Ya, strategi ini memang berguna untuk membantu Anda menentukan target audiens yang relevan. Karena untuk bisa memenuhi ekspektasi audiens, Anda perlu memahami karakter mereka dan lebih dulu mencari tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Selain itu, strategi pemasaran berfungsi untuk melindungi bisnis Anda dari para pesaing sehingga dapat berguna sebagai ‘senjata’ bisnis Anda. 

Dengan memiliki strategi pemasaran, Anda bisa memiliki rute yang jelas tentang apa yang harus bisnis Anda lakukan untuk mengamankan diri dari para pesaing dan dapat bertahan. Terlebih, sebentar lagi kita akan menyambut bulan penuh berkah Ramadhan. Sudah tahu, kan, peningkatan konsumsi selama bulan Ramadhan bisa menjadi peluang untuk membangkitkan bisnis Anda? Berikut Investree beritahu 6 strategi pemasaran yang sedang naik daun untuk manfaatkan peluang #TumbuhDenganBerkah di bulan Ramadhan. Siapa tahu bisa jadi strategi pemasaran andalan bisnis Anda.

Strategi pemasaran menggunakan micro influencer

Siapa yang setuju kalau peran influencer di berbagai media sosial menguntungkan pemasaran sebuah brand? Tidak jarang kita tertarik membeli suatu produk berkat review positif dari para influencer. Sehingga strategi pemasaran menggunakan influencer semakin diminati para pemilik bisnis karena engagement audiens yang diberikan juga cukup besar. Tapi bila budget Anda terbatas, Anda bisa coba menggunakan micro influencer yang memiliki jumlah pengikut 1.000 - 100.000 orang. Meski jangkauannya lebih kecil, micro influencer dinilai memiliki chemistry yang lebih kuat dengan para pengikutnya.

Micro influencer juga cocok untuk Anda yang ingin memasarkan produk ke target audiens yang lebih spesifik. Anda bisa menyesuaikan produk yang Anda jual dengan niche tertentu yang dimiliki seorang micro influencer. Sehingga target audience yang disasar menjadi lebih fokus.

Gunakan konten yang membangkitkan emosional

Konten yang membangkitkan emosional bisa dimulai dengan konten bertema story telling. Bangun kepercayaan dan relasi melalui sebuah cerita yang sekiranya dapat menarik audiens Anda. Misal, konten seputar success story, cerita pelanggan, filosofi di balik nama sebuah brand, pengalaman membangun bisnis dari nol, atau insight tentang dampak sosial yang ditimbulkan oleh usaha Anda. 

Kenapa ini penting? Karena ternyata keputusan pembelian lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan ketimbang logika. Itu mengapa, emotional branding jadi semakin populer. Saat ini konten kreatif yang dapat menyentuh hati audiens sekaligus insightful akan lebih efektif digunakan dalam pemasaran. Sebagai contoh, Anda bisa memberitahu konsumen Anda dampak yang perusahaan Anda berikan kepada masyarakat yang tidak bisa bersilaturahmi di Hari Raya akibat pandemi. Tentunya dalam bentuk konten kreatif.

Terapkan teknik marketing flywheel

Fokus jangka panjang itu penting, lho, bagi para pebisnis. Bayangkan, jika Anda hanya fokus mendapatkan konsumen tanpa mempertahankannya. Itulah mengapa, muncul teknik pemasaran untuk bisnis yang berkelanjutan. Teknik marketing flywheel ini menjadi tren karena dinilai menjadi cara yang tepat untuk menyusun strategi pemasaran secara berkelanjutan. 

Teknik ini memanfaatkan momen kepuasan pelanggan yang didorong untuk melakukan pembelian berulang dan bisa menjadi referensi bagi konsumen lain. Kuncinya adalah menjaga kepuasan pelanggan untuk tujuan re-purchasing dan retention. Dengan kata lain, Anda tidak hanya mencari cara untuk menarik audiens mencoba produk Anda, tapi juga harus mencari cara untuk senantiasa memberikan produk/layanan yang memuaskan. Di bulan Ramadhan, Anda mungkin dapat menerima lebih banyak pesanan dari lebih banyak konsumen. Jangan berhenti di situ, pertahankan mereka dengan memberikan pelayanan terbaik dan membangun hubungan. Bisa jadi peluang Anda meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV) bisnis Anda.

Coba gunakan iklan non-target

Jika tadi Anda bisa mencoba micro influencer untuk target yang lebih tersegmentasi, nah khusus untuk iklan di media sosial ini bisa Anda coba dengan tidak menargetkan audiens tertentu. Mungkin saja iklan non-target juga efektif bagi bisnis Anda. Dengan tingkat engagement yang lebih tinggi dan harga yang juga terjangkau, ini bisa menjadi peluang pemasaran yang efektif dan efisien. Strategi baru ini dapat Anda coba terapkan sehingga iklan produk Anda dapat menjangkau audiens baru yang bisa saja juga tertarik dengan produk yang Anda pasarkan. 

Gunakan konten yang 'shoppable'

Bagaimana, sih, konten yang terbilang 'shoppable'? Ya, apakah Anda pernah melihat sebuah postingan di Instagram yang di dalamnya juga terdapat harga produk? Ciri itulah yang membuat sebuah konten dikatakan 'shoppable' sehingga dapat memudahkan audiens untuk mengetahui harga produk yang Anda jual. Trik ini dapat menarik minat beli karena harga produk sudah tertera dan audiens bisa langsung melakukan transaksi bila harga tersebut masuk di kantong. 

Kemudahan transaksi bisa menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Audiens tidak perlu repot harus bertanya dulu atau pergi ke halaman lain untuk bisa mengetahui harga produk yang mereka inginkan. Cukup dengan fitur ini audiens bisa langsung diarahkan ke kasir. Fitur ini bisa Anda manfaatkan bila sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak dan akun yang sudah terverifikasi (centang biru).

Manfaatkan viral marketing

Viral marketing menjadi salah satu teknik pemasaran terbaik dan terbukti efektif digunakan dalam pemasaran produk apa pun. Strategi pemasaran ini bisa menjanjikan ketenaran sebuah produk yang dipasarkan dalam waktu singkat. Alur kerja dari viral marketing itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Audiens akan mendapat satu ide atau gagasan yang dapat menimbulkan reaksi.
  • Audiens dengan rela membantu menyebarkan ide/gagasan tersebut.
  • Dari satu audiens ke audiens lain akan terus berlanjut dengan sendirinya hingga menjadi viral.

Meski terkesan sederhana, namun untuk bisa menjadi viral membutuhkan proses yang tidak mudah. Dibutuhkan ide kreatif untuk merancang konten yang dapat menarik audiens sekaligus mau secara sukarela ikut menyebarkannya. Konten tersebut bisa berupa hashtag, challenge, atau video unik. Sebut saja platform TikTok yang sedang populer digunakan untuk strategi viral pemasaran dalam membuat challenge. Selain itu Anda juga bisa membuat konten humor yang menggelitik, menciptakan rekor, mengadakan giveaway, atau membuat video reaction. Strategi viral marketing ini dapat menghemat biaya promosi, bisa sekaligus mengedukasi target audiens Anda, dan menjadi pelengkap strategi pemasaran lain yang sedang berjalan.

Itu dia 6 strategi pemasaran yang layak Anda coba di bulan Ramadhan ini. Jika strategi pemasaran sebagai ‘senjata’ untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan, modal dan pendanaan dapat dianalogikan sebagai ‘amunisi’-nya. Pastikan Anda sudah memiliki amunisi modal yang cukup, ya, agar strategi pemasaran yang sudah Anda persiapkan bisa sukses dilancarkan. Masih bingung mencari ke mana? Ada Investree yang siap membantu Anda. 

Prosesnya yang cepat dan mudah, tanpa memerlukan jaminan aset tetap bisa membantu Anda mendapatkan dana tambahan untuk mendongkrak penjualan. Lalu, khusus bagi para pelaku UKM di ekosistem rekanan Investree, kami sudah menyiapkan berbagai promo untuk mendukung bisnis Anda di bulan Ramadhan ini:

  1. Merchant SIPLah Blibli, butuh dana tambahan untuk mengamankan stok dan melancarkan arus kas di bulan Ramadhan? Ada solusi pembiayaan hingga Rp 2 miliar dari Investree yang bisa Anda manfaatkan. Saat yang tepat karena ada bonus hingga Rp 5 juta untuk minimal pengajuan yang disetujui. Hanya sampai 30 April 2021, yuk, ajukan pinjaman sekarang
  2. Berita baik untuk pelapak di Bukalapak! Bisa dapat tambahan modal hingga Rp 2 miliar sekaligus raih saldo promoted push senilai Rp 150 ribu atas pinjaman disetujui minimal Rp 10 juta. Langsung ajukan pinjaman di BukaModal atau pelajari promo lebih lanjut di sini.
  3. Bagi merchant Midtrans, Investree menyediakan akses pembiayaan hingga Rp 2 miliar dengan marjin kompetitif, proses yang mudah tanpa jaminan aset tetap, serta skema cicilan fleksibel hingga 24 bulan. Khusus di bulan suci Ramadhan, ada program bonus Rp 150 ribu untuk minimal pengajuan yang disetujui sebesar Rp 10 juta. Program ini hanya berlangsung hingga 31 Mei 2021. Sayang, kan, kalau sampai kelewatan? Simak selengkapnya di sini.
  4. Melalui produk ADW SCF, Investree dan Pengadaan.com memberikan promo cashback sebesar 0,5% sampai dengan Rp 5 juta rupiah atas total pinjaman disetujui (akumulatif) minimal Rp 500 juta. Cari tahu lebih lanjut di sini.

Tidak terkecuali bagi para penggiat UKM yang ingin #TumbuhDenganBerkah di bulan penuh harapan ini, Investree juga ingin mendukung Anda menjadi lebih berdaya melalui akses pembiayaan yang lebih luas serta sesuai dengan model bisnis UKM Indonesia. Cari tahu produk yang sesuai kebutuhan bisnis Anda di halaman ini. Kami mengharapkan yang terbaik untuk Anda. Semoga berhasil!

Referensi:

Carissa Dea. 17 November 2020. Tren pemasaran di 2021 yang Harus Kamu Tahu. Exabytes.co.id: https://www.exabytes.co.id/blog/tren-pemasaran-2021/

Nadiyah R. 16 Februari 2021. 7 Tren pemasaran Tahun 2020-2021 untuk Bisnis yang Sukses. Glints.com: https://glints.com/id/lowongan/tren-pemasaran-2020-2021/#.YGF2sa8zbIV

Share this Post

Artikel Terbaru