6 Perbedaan Perusahaan dan Industri yang Wajib Diketahui

Ada beberapa perbedaan perusahaan dan industri yang penting Anda ketahui. Meski kedua istilah tersebut berbeda namun faktanya masih banyak orang yang menganggap keduanya sama. Apalagi di era modern seperti saat ini, baik perusahaan maupun industri memiliki perkembangan yang begitu pesat. Inilah perbedaan perusahaan dan industri yang harus Anda pahami.

Lebih Lanjut Mengenai Perusahaan dan Industri

Secara garis besar, perusahaan dinilai mirip dengan konsep pendirian usaha. Perusahaan sendiri bisa dikategorikan dalam beberapa jenis, mulai dari perusahaan perseorangan sampai kemitraan, tapi pada dasarnya pendirian suatu perusahaan memiliki premis yang sama, yakni untuk menghasilkan keuntungan. Untuk diketahui, suatu perusahaan bisa dioperasikan dalam sebuah industri tertentu seperti industri tambang, tekstil, atau yang lainnya.

Umumnya, perusahaan didirikan dalam bentuk badan usaha yang terdiri dari beberapa orang yang secara bersama-sama bermaksud memajukan perusahaan melalui perwujudan visi dan misinya. Adapun beberapa bentuk perusahaan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia meliputi perseroan terbatas, persekutuan, dan lain sebagainya.

Perusahaan harus diperlakukan layaknya individu di mata hukum yang akan terus berlangsung selamanya terlepas dari kematian atau kebangkrutan yang dialami satu atau beberapa pemiliknya. Lebih jauh, sebuah perusahaan yang muncul usai pendaftaran di bawah Companies Act, diharuskan membayar pajak sesuatu Undang-Undang yang berlaku.

Di ranah ekonomi, perekonomian suatu negara dapat diklasifikasikan menjadi ‘payung industri’, yang mana industri bakal terdiri dari seluruh kegiatan terorganisir untuk memproduksi dan mengolah produk. Secara umum, industri digambarkan sebagai grosir dan ritel, bergantung pada sifat transaksi antara pelaku usaha dengan pembeli yang terlibat di dalamnya.

Tidak jarang pula ada jenis industri yang bergerak di bidang jasa seperti industri asuransi dan industri perbankan. Industri sendiri mencakup berbagai aktivitas ekonomi yang diselenggarakan dan dioperasikan oleh semua unit, perusahaan, individu, bisnis, dan organisasi yang ada, serta bekerja di dalamnya.

Sederhananya, industri ialah jumlah keseluruhan perusahaan yang terlibat dalam satu kegiatan tertentu. Semisal untuk perusahaan kosmetik A. memang perusahaan tersebut memproduksi produk kosmetiknya sendiri, namun itu tidak bisa disebut sebagai industri kosmetik karena hanya terdiri dari 1 perusahaan saja. Sebuah industri harus terdiri dari ratusan perusahaan yang juga memiliki fokus bisnis yang sama. Jadi, industri akan selalu lebih besar dibandingkan satu perusahaan atau sekelompok perusahaan serupa.

Perbedaan Antara Perusahaan dan Industri

Dari pengertian keduanya, bisa Anda ketahui beberapa perbedaan perusahaan dan industri seperti berikut ini:

  1. Lazimnya industri bukan merupakan sebuah entitas sedangkan perusahaan adalah medium bisnis dengan visi dan misi yang jelas.
  2. Perusahaan diklaim sebagai jenis bisnis, sedangkan industri adalah sub sektor dari ekonomi.
  3. Terdapat banyak perusahaan dengan fokus produksi barang atau jasa yang sama dalam suatu industri. Bisa dibilang, industri adalah tempat dimana perusahaan-perusahaan tersebut beroperasi untuk mencari keuntungan.
  4. Industri lebih mengacu pada jenis usaha pada perekonomian, sedangkan perusahaan ialah awak bisnis dalam industri.
  5. Peraturan dan etika yang dibuat untuk industri biasanya akan diberlakukan untuk semua perusahaan yang tergabung dalam industri terkait. Beberapa peraturan yang dimaksud berkaitan dengan penetapan harga jual dan prosedur persaingan antar perusahaan.
  6. Perusahaan merupakan badan hukum yang terlibat dalam pembuatan dan penjualan produk berikut layanan serta berupa badan hukum yang didirikan di bawah Companies Act. Sementara industri selalu berskala lebih besar daripada perusahaan.

Itulah beberapa poin perbedaan perusahaan dan industri yang perlu Anda ketahui. Untuk mengembangkan usaha dan industri, tentu Anda akan membutuhkan modal di dalamnya. Salah satu langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan modal adalah melalui Investree yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Investree akan mempertemukan peminjam dana (borrower) dan pemberi pinjaman (lender).

Sebagai borrower, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan mudah dan cepat kapanpun Anda membutuhkannya. Persoalan pendanaan juga dilakukan secara transparan dan tidak ada beban biaya maupun prosedur tersembunyi. Nikmati juga tingkat bunga serta biaya yang kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan.

Referensi :

Perbedaan Antara Perusahaan dan Industri. Strephonsays.com : https://bit.ly/3dZl1XW

16 Desember 2021. Perbedaan antara Perusahaan dan Industri – 2021 – Bisnis. Id.weblogographic.com : https://bit.ly/3sc28tm