Bisnis

6 Media Promosi untuk Anda Dalam Memasarkan Produk

Media promosi memegang peranan penting dalam pengembangan suatu bisnis. Tanpa promosi, bisnis akan stagnan, terhenti di suatu titik, mengalami perkembangan yang super lambat, hingga terpaksa tutup lantaran situasinya yang terus mengalami penurunan. Untuk itu Anda perlu promosi di berbagai media khususnya media online sebagai berikut.

Ragam Media untuk Promosi

1. Facebook

Selain bisa mendekatkan hubungan kita dengan sanak saudara dan teman sebaya, Facebook banyak digunakan sebagai wadah mempromosikan suatu barang secara online yang cukup efektif. Promosi lewat facebook bisa dilakukan dengan menyebarkan pamflet berikut deskripsi produk yang menarik pada grup atau komunitas relevan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads.

2. Instagram

Instagram menjadi media sosial yang diyakini sedang berada pada puncak kepopulerannya saat ini. Sebab, fitur terbaru yang dimilikinya sangat memanjakan para penggunanya. Terlebih semenjak kemunculan fitur instastory dengan berbagai pilihan filter dan stiker yang menarik. Akibatnya, semakin banyak orang yang tertarik membagikan kesehariannya lewat Instagram. Inilah mengapa Instagram disebut sebagai salah satu wadah favorit untuk mempromosikan barang dagangan.

Selain membuat postingan di Feed, ada baiknya untuk menambahkan tagar relevan untuk meningkatkan potensi produk Anda ditemukan pengguna Instagram lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Instagram Ads dan Instagram for Business.

3. Twitter

Sudah beberapa tahun berlalu, namun pengguna Twitter masih setia menggunakan media sosial yang membatasi jumlah 1 tweet dengan beberapa karakter ini. Pengusaha dapat membuat akun khusus yang dikelola untuk meningkatkan brand awareness penggunanya. Cukup tulis tweet unik yang mendeskripsikan barang jualan Anda lengkap dengan tagar menarik untuk meluaskan jangkauan pembaca secara rutin. Jika Anda memiliki anggaran untuk promosi, Anda juga bisa menyewa buzzer yang diyakini ampuh meningkatkan promosi.

4. Website Bisnis

Sebagian besar bisnis yang beroperasi secara online sudah memiliki website sendiri untuk menjual produknya. Bahkan, beberapa diantaranya bisa digunakan sekaligus untuk memproses penjualan pelanggan.

Salah satu tips sukses yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa lewat website adalah menguasai peringkat teratas di mesin pencari. Semakin banyak halaman web yang keluar di halaman pertama pencarian google dengan kata kunci tertentu, akan semakin besar pula peluang pembaca mengenal produk Anda.

Terdapat beberapa cara memanfaatkan website bisnis supaya menempati peringkat atas mesin pencari. Salah satunya adalah menguasai search engine marketing dan search engine optimization.

5. Email Marketing

Meski terkesan cara lama, faktanya penggunaan email marketing sebagai salah satu media untuk berpromosi yang sangat efektif. Cara kerjanya relatif gampang, pengusaha diharuskan berlangganan di layanan email marketing, kemudian membuat database email dan kirimkan secara massal pada data email tersebut. Pada bagian badan email, pengusaha dapat menuliskan pesan promosi yang sedang berlangsung atau menawarkan produk terbaru dari brandnya kepada calon pelanggan potensial.

6. Blog

Dulu, blog hanya digunakan sebagai media untuk berbagi pengalaman pribadi layaknya sebuah diary. Namun seiring dengan perkembangan zaman, blog bisa dijadikan sebagai media komersial untuk mempromosikan barang dan jasa dari suatu brand tertentu. Promosi lewat blog sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memasang banner iklan produk barang dan jasa, memberikan review produk dalam bentuk artikel, sampai melakukan content placement atau jual backlink.

Itulah beberapa jenis media promosi yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan brand atau barang dan jasa. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi  dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi :

Rini Novita Sari. 10 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM. celotehdinihari.com : https://bit.ly/3inNTvw

Share this Post