Bisnis

6 Ide Bisnis untuk Para Wanita Indonesia di Tahun 2021

Wanita juga perlu berdaya tanpa mengesampingkan kewajibannya dalam mengurus rumah tangga. Ini diperlukan untuk pengembangan diri secara pribadi sekaligus ikut serta mendukung perekonomian keluarga. Bahkan menurut penelitian, peningkatan pendapatan wanita mampu meningkatkan kesejahteraan rumah tangga lebih signifikan ketimbang peningkatan pendapatan pria. Itu mengapa, bukankah lebih baik bila wanita bisa memiliki pendapatan sendiri?

Menurut data Bank Indonesia, total UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dengan lebih dari 60% atau sebanyak 37 juta UMKM dikelola oleh wanita di Indonesia. Ditambah, partisipasi mereka di dalam UMKM ikut berkontribusi hingga 9,1% terhadap PDB dan sekitar 5% terhadap ekspor. Bukankah fakta ini menjadikan Anda lebih bersemangat untuk memiliki usaha sendiri? Betul, perkembangan digital yang kian masif, tentu akan semakin memudahkan Anda mewujudkan usaha yang sukses. Berikut ini Investree punya beberapa ide bisnis yang punya peluang di tahun ini untuk Anda para wanita Indonesia. Apa saja? Cari tahu di bawah ini!

Bisnis perlengkapan dekorasi rumah

Wanita sering menghabiskan waktu senggangnya untuk membuat prakarya/kerajinan tangan. Lalu, kenapa tidak coba untuk menjual hasil karya Anda? Siapa tahu banyak peminatnya dan bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, dimana orang-orang akan lebih sering berada di rumah sehingga membuat aksesoris dekorasi rumah menjadi naik daun. Demi menghilangkan rasa bosan ketika harus berada di rumah, banyak dari kita sering mengubah tatanan dekorasi rumah untuk mengganti suasana. Nah, kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat bakal laris di pasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Misal aksesoris seperti lampu gantung, perabotan, tanaman hias, hingga pewangi ruangan. Kalau Anda bisa memproduksinya sendiri dengan keterampilan yang dimiliki tentu modal yang dibutuhkan juga jadi lebih kecil.

Bisnis kebutuhan pandemi

Jelas ini menjadi peluang bisnis di era pandemi. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan masker, hand sanitizer, sampai sabun pencuci tangan? Ini sudah menjadi barang wajib yang harus kita bawa kemana-mana. Sehingga peluang bisnisnya juga sudah jelas. Anda bisa memproduksinya sendiri dengan mencari tutorialnya di YouTube. Dengan begitu Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan modal kecil. Nanti Anda tinggal menjualnya secara online melalui e-commerce. Sebab, industri e-commerce di Indonesia semakin bertambahnya tahun semakin populer.

Diprediksi pada tahun 2022, nilai transaksi online melalui platform e-commerce bisa mencapai USD 40 miliar. Selain itu, tren/minat konsumen di pasar online belakangan ini merupakan produk eco friendly. Sekitar kurang lebih 87% konsumen setuju bahwa mereka lebih tertarik membeli produk dari brand yang dapat memberikan dampak positif bagi sosial dan lingkungan. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan beragam produk kebutuhan di era pandemi yang juga ramah lingkungan.

Jasa titip beli (jastip)

Jastip adalah layanan yang menawarkan jasa pembelian berbagai produk bagi mereka yang tidak bisa membelinya secara langsung, baik produk yang dijual di pasar domestik maupun luar negeri. Di masa pandemi seperti sekarang justru jastip menjadi peluang bisnis yang dapat mendulang untung. Dengan adanya keterbatasan orang-orang untuk pergi berbelanja secara offline (baik di dalam maupun luar negeri) demi mengurangi risiko terpapar COVID-19, layanan jastip bisa menjadi solusinya. Bahkan berdasarkan pengakuan pemilik bisnis layanan jastip yang dilansir dari Kompas.com menyebut selama dua tahun membuka layanan jastip, baru di tahun 2020 ini dia bisa mendulang untung besar. Pandemi justru memberi peluang tersendiri bagi bisnisnya.

Sejak COVID-19 dinyatakan masuk ke Indonesia pada Maret 2020, pesanan produk yang menggunakan layanan jastip semakin meningkat. Dia juga berkata bahwa puncak tertinggi untuk jumlah pesanan jastip terjadi di bulan September 2020. Rata-rata produk yang dibelinya berupa pakaian, kosmetik, mainan anak-anak, hingga perlengkapan rumah tangga. Tren jastip masih akan terus berlanjut seiring dengan masa pandemi yang belum juga usai. Itu mengapa, bagi Anda yang hobi banget shopping, belanja aja untuk orang lain dengan membuka layanan jastip. Dengan begitu, hobi tetap tersalurkan namun uang Anda tidak bakal habis. Malah Anda bisa mendapat pemasukan tambahan.

Jasa guru privat atau mengajar online

Peraturan pemerintah yang mengharuskan para pelajar untuk belajar dari rumah, membawa peluang tersendiri bagi bisnis jasa mengajar. Ketika para orang tua kesulitan untuk mengajari anak mereka di masa school from home ini, Anda yang punya kemampuan mengajar berbagai mata pelajaran di sekolah hingga pelajaran mengaji bisa menawarkan jasa mengajar online. Modal yang dibutuhkan hanya internet dan tentu buka pelajaran. Tidak terbatas pada pelajaran anak sekolah, Anda juga bisa mengajar berbagai keterampilan lain dengan membuka kelas online memasak, merias, olahraga, membuat website, hingga membuka kelas bisnis. Jika Anda merasa mumpuni untuk membagikan ilmu yang dimiliki, jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan ini, ya!

Jasa pembuatan konten media sosial

Saat ini setidaknya ada 64 juta UMKM di Indonesia yang bisa menjadi target audiens Anda ketika membuka layanan jasa ini. Tidak semua pemilik usaha memiliki waktu untuk mengelola akun media sosial bisnis mereka. Atau, banyak dari mereka juga merasa kesulitan untuk membangun konten secara rutin yang sesuai dengan objective dan target bisnis mereka. Itu mengapa, jasa pembuatan konten media sosial punya peluang yang menguntungkan. Berbekal kreativitas serta kemampuan copywriting dan design, Anda bisa membantu para pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya. Hitung-hitung ikut serta membangkitkan industri UMKM di Indonesia.

Apalagi sejak masa pandemi, penjualan di e-commerce tercatat naik hingga 26% atau mencapai 3,1 juta transaksi per hari. Ini menunjukkan ada pertumbuhan jumlah UMKM yang beralih ke penjualan online. Yang mana mereka akan membutuhkan online presence untuk mendorong penjualan dan bertahan dari para pesaing, salah satunya adalah melalui media sosial. Bahkan 55% dari online customer mengaku terdorong untuk melakukan pembelian secara online setelah melihat posting-an suatu brand di media sosial. Nah, sudah jelas bila jasa pembuatan konten akan semakin banyak dicari.

Bisnis makanan sehat

Sudah jelas bila masyarakat Indonesia saat ini lebih concern pada isu kesehatan. Hal inilah yang memberi peluang bagi bisnis makanan sehat. Meski sudah ada sejak lama, namun peminatnya saat ini semakin bertambah. Kenapa? Ya, ini dikarenakan ada kebutuhan untuk ingin hidup sehat dengan tujuan jauh dari penyakit. Beberapa ide makanan sehat yang bisa Anda jadikan peluang bisnis seperti salad, minuman herbal/jamu, atau menjual menu makanan dengan menggunakan bahan pangan organik. Terlebih di situasi pandemi ini Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan nomor HK.02/02/IV/2243/2020 tentang Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan. Himbauan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat ini juga telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat, dimana secara otomatis juga memunculkan peluang usaha baru yang bisa Anda geluti.

Itu dia 6 ide bisnis yang bisa Anda coba geluti saat ingin memiliki sebuah bisnis. Tapi sebenarnya, apa, sih, kelebihan memiliki bisnis sendiri bagi seorang wanita? Ya, jelas Anda jadi bisa memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel ketimbang saat bekerja penuh waktu di kantor. Selain itu, Anda juga bebas mengekspresikan diri dan menyalurkan minat/hobi. Sehingga pekerjaan untuk mencari penghasilan terasa lebih menyenangkan dan bebas dari tekanan. Coba aja mulai dulu!

Referensi:

Sarrah Ulfah.26 Desember 2020. 7 Ide Bisnis UMKM yang Cocok Dikembangkan di Tahun 2021. Popmama.com: https://bit.ly/3e8jDlt

Admin. 15 Ide Bisnis Untuk Wanita yang Sangat Menguntungkan dan Mudah Dijalankan. Seruni.id: https://bit.ly/3aeDz4X

Share this Post