Bisnis

6 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Kamu Miliki!

Dalam menjalankan usaha sendiri, terdapat beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang harus Anda miliki. Faktor-faktor inilah yang mendukung usaha Anda menjadi sukses besar. Sebab, usaha tidak hanya soal uang, melainkan juga sikap, attitude, sifat dan lain sebagainya.

Dengan berwirausaha, berarti Anda mendirikan usaha hingga mengelolanya sendirian. Anda tidak bekerja di bawah orang lain, melainkan menjadi bos dari usaha sendiri. Tentu saja faktor keberhasilan usaha terpusat pada Anda. Oleh karenanya, bila ingin usaha terus berkembang hingga dikenal masyarakat luas, Anda perlu memiliki 6 faktor pendukung keberhasilan sebagai berikut.

1. Memiliki Tekad dan Kemauan yang Kuat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor pendukung keberhasilan wirausaha tentunya berasal dari diri wirausahawan itu sendiri. Salah satunya memiliki tekad yang kuat serta kemauan yang keras.

Tak hanya keinginan untuk membangun usaha saja. Melainkan juga tekad untuk terus mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Anda akan merasa kurang puas bila kondisi usaha Anda hanya begitu-begitu saja tanpa adanya perubahan yang berarti. Sehingga Anda akan terdorong untuk mencari ide bagaimana usaha Anda dapat berkembang hingga mendatangkan imbal hasil yang lebih besar lagi.

2. Melakukan Perencanaan dengan Matang

Dalam wirausaha, segala sesuatu harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Perencanaan sebenarnya dimulai sejak Anda merintis usaha. Dari situlah perencanaan usaha dapat menjadi pedoman serta pengingat Anda ketika menjalankan usaha.

Saat menjalani usaha, Anda tidak akan luput dari tantangan serta rintangan. Namun hal tersebut akan dapat diatasi dengan baik jika sebelumnya Anda sudah merencanakan usaha dengan matang dan menyeluruh. Perencanaan usaha bisa kembali mengingatkan Anda mengenai tujuan awal membangun usaha tersebut.

3. Memanfaatkan Peluang dengan Baik

Selain menghadapi tantangan dan rintangan, Anda akan dihadapkan dengan peluang-peluang. Peluang tersebut akan sia-sia bila tidak dimanfaatkan. Meski begitu Anda tetap harus mempertimbangkan dengan matang supaya tidak menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Dalam memanfaatkan peluang, pastikan peluang tersebut memang selaras dengan usaha serta Anda sendiri. Terutama potensi diri, situasi dan kondisi pasar, berikut dengan rencana lainnya.

4. Strategi Pemasaran yang Efektif

Agar usaha Anda berjalan dengan lancar, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Adanya strategi pemasaran inilah yang akan membantu dalam memperkenalkan usaha serta produk Anda kepada masyarakat. Karena pastinya Anda sudah memiliki target pasar sendiri, sehingga bagaimana caranya supaya produk dan jasa Anda berhasil menarik perhatian target tersebut.

Terdapat banyak jenis promosi yang bisa dilakukan. Namun hal ini mungkin membutuhkan biaya tambahan yang cukup besar khusus untuk promosi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

5. Kreatif dan Inovatif

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah kreatifitas serta inovasi. Wajar bila antar pengusaha membuat produk yang sejenis. Namun, Anda bisa membuatnya lebih unggul dengan kreativitas yang dimiliki.

Inovasi pun dibutuhkan ketika Anda akan melakukan ekspansi usaha dengan lebih luas. Dengan begitu Anda akan membuat pelanggan tetap setia memilih produk Anda karena kualitas produk menjadi lebih baik.

6. Memiliki Jaringan Luas

Sifat tertutup sebaiknya dihindari ketika berwirausaha. Sifat seperti ini hanya akan menghambat Anda untuk berkembang. Perbanyak relasi seperti dengan sesama wirausahawan, konsumen maupun penanam modal. Jaringan yang luas akan memberikan manfaat bagi diri sendiri. Terutama saat Anda ingin mengembangkan usaha atau sedang menghadapi masalah.

Demikian penjelasan mengenai 6 faktor keberhasilan wirausaha. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Zakky. 28 Oktober 2019. 18+ Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Beserta Penjelasan. Zonareferensi.com: https://bit.ly/3ouonZK

Share this Post

Artikel Terbaru