6 Cara Praktis Membuka Usaha Makanan yang Cocok untuk Pemula

Sebagai pemula di usaha makanan tentu harus mengetahui cara membuka usaha makanan. Usaha makanan menjadi usaha dengan peluang yang menjanjikan. Ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga sangat dibutuhkan. Meski pelaku usaha makanan jumlahnya sangat banyak bukan berarti usaha ini tidak menjanjikan.

Menariknya lagi, untuk menjalankan usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan modal kecil usaha ini juga bisa dijalankan. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil. Yuk simak beberapa cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil disini.

6 Cara Membuka Usaha Makanan untuk Pemula

1. Siapkan Modal Usaha yang Dibutuhkan

Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha adalah modal usaha. Seperti yang disebutkan diatas, usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil. Dimana modal yang dimiliki bisa digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan yang dibutuhkan, biaya operasional dan sebagainya. Supaya modal yang dimiliki cukup disarankan untuk membuka usaha ini dalam skala kecil terlebih dahulu. Manfaatkan ruangan rumah Anda untuk tempat usaha sehingga tidak perlu sewa tempat dengan biaya yang cukup mahal.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha makanan, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha makanan dengan lancar dan maksimal.

2. Tentukan Menu Makanan Apa Saja yang akan Dijual 

Menu makanan yang akan dijual juga perlu diperhatikan. Mengingat ada banyak menu makanan yang biasanya dijual, seperti menu makanan rumahan, ayam geprek, makanan luar negeri, makanan tradisional dan sebagainya. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Anda disarankan untuk menjual menu makanan yang belum banyak dijual. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat persaingan agar mendapatkan banyak imbal hasil.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Cara membuka usaha makanan selanjutnya yaitu memilih lokasi yang tepat. Meski usaha ini dijalankan di rumah pastikan lokasi rumah Anda berada di tempat yang strategis. Maksudnya yaitu rumah Anda berada di tempat yang ramai dan mudah dijangkau. Hal ini bertujuan supaya usaha Anda mudah diketahui orang dan dengan cepat bisa memiliki banyak pelanggan.

4. Tentukan Target Pemasaran

Salah satu kunci sukses menjalankan usaha ini yaitu menyediakan jenis usaha makanan dengan target pasar. Jadi, sebelum mulai menjalankan usaha ini harus menentukan target pasar secara spesifik. Tujuannya yaitu supaya Anda lebih fokus menggaet banyak konsumen yang menjadi bahan promosi.

5. Pilih Pemasok bahan Baku Tetap

Saat memproduksi makanan berarti Anda membutuhkan bahan baku. Untuk menjaga kualitas makanan disarankan untuk memilih bahan baku yang berkualitas. Anda sebaiknya mencari pemasok bahan baku yang berkualitas. Pilih satu pemasok bahan baku yang akan digunakan seterusnya. Ini bertujuan akan rasa makanan yang tercipta bisa konsisten dan bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena sudah menjadi pelanggan tetap.

6. Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi menjadi cara paling efektif untuk memperkenalkan usaha Anda ke masyarakat luas. Promosi yang paling efektif dan masih menjadi andalan yaitu promosi dari mulut ke mulut. Apabila menu makanan yang dijual rasanya enak maka konsumen akan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Anda juga bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan keberadaan media sosial.

Itulah beberapa cara membuka usaha makanan yang cocok untuk pemula. Bagi Anda yang berencana untuk membuka usaha makanan, disarankan untuk mengaplikasikan cara-cara yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Fransiska Ardela, ST. 13 Januari 2020. 13 Cara Memulai Usaha Kuliner Sukses untuk Pemula. Finansialku.com. https://bit.ly/3dPbouM