Bisnis

5 Usaha yang Cocok Dicoba Untuk Pemula Bikin Cuan!

Ada banyak usaha yang cocok untuk pemula. Usaha tidak selalu dimulai dari biaya yang besar. Dengan modal kecil pun, Anda sudah dapat menjalankan usaha hingga menghasilkan imbal hasil sesuai keinginan.

Memulai usaha tidaklah mudah. Selain biaya, biasanya yang menjadi kendala adalah jenis usaha yang akan dirintis. Terlalu banyak pilihan jenis usaha akan membingungkan para pemula. Memilih jenis usaha tidak semudah yang dibayangkan, sebab bila Anda tidak bisa menjalankannya dengan baik, maka dapat berujung pada kerugian.

Untuk mempermudah Anda menentukan jenis usaha yang akan dirintis, berikut beberapa contoh usaha yang cocok bagi pemula.

1. Usaha Dropship

Berjualan online sekarang menjadi trend di masyarakat. Sebab penjualan secara online memberikan imbal hasil yang lebih besar dari penjualan offline. Meski begitu Anda tetap membutuhkan modal awal yang cukup besar untuk menyetok barang. Namun hal ini bisa disiasati dengan berjualan secara dropship.

Usaha dropship itu sendiri tidak mewajibkan Anda untuk menyetok barang terlebih dahulu. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari supplier dan mempromosikan produk kepada konsumen menggunakan media online. Sehingga biasanya Anda tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulai. Cukup memiliki kuota dan media sosial untuk promosi barang.

Namun sisi lainnya, Anda perlu selektif dan cermat dalam memilih supplier. Pastikan supplier tersebut dapat dipercaya dan produknya memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pastikan komunikasi dengan supplier selalu terjalin erat. Sebab mulai dari penyediaan barang hingga pengiriman ke konsumen, semuanya dilakukan oleh supplier. Tugas Anda hanya melakukan promosi, berkomunikasi dengan konsumen terkait produk hingga pembayaran.

2. Pekerja Lepas

Pekerja lepas atau freelance juga dapat menjadi usaha yang cocok bagi pemula. Freelance seringkali menjadi pekerjaan sampingan bagi para pekerja kantoran. Freelance sesuai namanya, umumnya tidak terikat dengan instansi atau perusahaan apapun. Mereka bekerja sesuai permintaan dan project yang ada. Sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Contoh dari freelance yang patut Anda coba diantaranya design grafis, copywriter, tutor privat, fotografer, penerjemah dan masih banyak lagi. Anda akan dibayar sesuai dengan seberapa banyak project yang dikerjakan. Pekerjaan ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan siapa saja yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan.

3. Usaha Franchise Makanan Minuman

Merintis usaha di bidang makanan dan minuman kerap kali dianggap sulit karena membutuhkan banyak biaya, belum dengan kemungkinan rugi akibat penjualan yang tidak sesuai target. Bagi pemula, akan lebih disarankan untuk menjalankan usaha franchise. Jenis usaha ini memungkinkan Anda untuk menjual produk makanan atau minuman yang sudah dikenal merk atau brandnya oleh masyarakat.

Dengan menjalani usaha franchise, Anda biasanya akan diberi fasilitas seperti booth, peralatan, bahan-bahan, pelatihan, dan masih banyak lagi dari pemilik merek franchise. Anda pun tak perlu khawatir untuk melakukan branding sejak awal. Sebagai gantinya, Anda perlu membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise. Saat ini sudah banyak franchise yang menawarkan modal kecil bagi para pemula.

4. Jasa Titip Beli

Hobi berbelanja di mal dapat dialihkan sebagai pekerjaan yaitu jasa titip beli. Anda hanya perlu mengunggah foto produk ke media sosial, kemudian menerima pesanan dari konsumen untuk membeli produk tertentu. Dari jasa titip beli itu, Anda bisa mendapat imbal hasil dari margin harga barang per item atau biaya ongkos kirim.

5. Laundry Sepatu

Laundry sepatu mungkin masih terdengar asing di masyarakat, tapi sebenarnya tidak bila Anda tinggal di antara orang-orang yang suka mengoleksi sepatu mahal. Karena masih asing itulah, jumlah kompetitor juga tidak banyak. Sehingga ini dapat menjadi peluang usaha berprospek cerah bagi pemula.

Untuk menjalani usaha ini, Anda perlu mendalami pengetahuan mengenai beragam bahan sepatu serta cara membersihkannya dengan benar. Kemudian lakukan promosi dengan gencar baik offline maupun online supaya pelanggan berdatangan.

Demikian penjelasan mengenai usaha yang cocok untuk pemula. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi: 

Tim. 18 Juni 2021. 5 Jenis Usaha yang Cocok untuk Pemula. Cnnindonesia.com: https://bit.ly/3mBxbeh

Share this Post