Bisnis

5 Usaha Sampingan di Rumah yang Mudah dan Menguntungkan

Usaha sampingan di rumah bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Dalam pelaksanaannya, usaha sampingan dilakukan di luar pekerjaan tetap. Oleh karena itu, perlu jenis usaha yang tidak menyita waktu atau bersifat fleksibel. Di era digital ini mencari usaha sampingan yang minim modal dan fleksibel semakin mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha sampingan di rumah yang bisa dicoba.

1. Penulis Lepas

Menulis tanpa adanya ikatan waktu dan tempat dengan imbal hasil yang cukup menggiurkan menjadi faktor banyak orang melakukannya. Penulis lepas ditugaskan untuk membuat sebuah artikel untuk tujuan pemasaran atau untuk memberikan informasi menarik sehingga banyak pengunjung atau pembaca yang melihat.

Modal yang dibutuhkan cukup minim. Paling penting memiliki Laptop/PC/Smartphone yang bisa digunakan untuk mengetik, lalu koneksi internet. Hanya bermodalkan dua hal tersebut, siapa saja sudah bisa menjadi seorang penulis lepas. Waktu kerja bisa disesuaikan dengan kesibukan, bahkan sangat mungkin dilakukan dari rumah saja.

2. Video Editor

Selain menjadi penulis, profesi video editor juga patut dipertimbangkan. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan atau minat di bidang videografi atau fotografi, bisa mencoba usaha sampingan di rumah satu ini. Banyak pelaku bisnis yang mencari tenaga ahli dalam pengeditan gambar maupun video demi menghasilkan konten yang menarik dan unik.

Namun untuk bisa menjadi video editor, tidak sembarang laptop atau PC yang bisa digunakan. Ada spek tertentu yang harus diperhatikan agar bisa melakukan pekerjaan editing dengan lancar. Untuk penghasilannya, jika dilakukan secara freelance hitungannya per project dan nilainya cukup besar sebab tidak semua orang bisa melakukan editing video.

3. Desain Grafis

Desain grafis juga banyak dibutuhkan sebab banyak perusahaan yang memiliki website resmi sebagai identitas dan sarana promosi. Untuk itu perlu seorang desain grafis yang bisa membuat logo, tampilan halaman website, hingga konten dan juga desain kemasan yang bisa mencerminkan dan mewakili perusahaan yang bersangkutan.

Desain grafis ini sendiri memang tidak banyak orang bisa dan mampu melakukannya. Sudah sejak lama profesi ini banyak dicari namun beberapa tahun belakangan semakin populer sebab teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Penghasilan dari seorang desain grafis juga dihitung per project dengan jumlah rupiah yang besar.

4. Penerjemah

Usaha sampingan yang ada di rumah yang juga cukup fleksibel adalah penerjemah. Ini bisa dicoba bagi yang memiliki keahlian khusus pada bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Banyak orang yang membutuhkan penerjemah dokumen bahasa asing baik itu dokumen resmi atau tidak. Tarifnya bisa dihitung per kata atau bisa juga per halaman tergantung dari jenis dokumen serta Bahasa yang diminta. Jumlah penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan ini sendiri cukup menggiurkan.

5. Mengajar Secara Online

Proses belajar mengajar sekarang ini tidak terpaku pada kelas tatap muka langsung. Apalagi sejak adanya pandemi, sekolah tatap muka diganti dengan daring atau secara online. Ini bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha sampingan di rumah. Biasanya untuk hitungan fee dihitung berdasarkan berapa kali sesi, yang jelas penghasilannya cukup tinggi walau tidak membutuhkan modal besar.

Usaha sampingan di rumah tak hanya yang mengandalkan gadget dan koneksi internet, bahkan yang punya hobi masak dan menjahit juga bisa memulai usaha sampingan dari hobi tersebut. Memiliki usaha sendiri di rumah tidak perlu modal besar, banyak jenis pekerjaan sampingan dengan modal sedikit namun potensi menghasilkan uang banyak sangat tinggi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai beberapa jenis usaha sampingan di rumah yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari imbal hasil untuk menabung dan berinvestasi. Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya Pendanaan Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store. Daftar dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

Referensi :

Mukhammad Iqbal. 17 September 2021. 15 Ide Usaha Sampingan Bermodal Kecil Yang Harus Dicoba. Cuannya Lumayan Besar!. 99.co : https://bit.ly/3pS0Y3g

Share this Post

Artikel Terbaru