5 Usaha Jangka Panjang Di Desa Cocok Untuk Anda

Memiliki usaha jangka panjang di desa dapat menjadi pemasukan tetap ataupun tambahan bagi Anda. Tinggal di desa bukan berarti Anda tidak bisa membuka usaha sendiri. Justru banyak sekali usaha di desa yang bertahan dalam jangka panjang hingga memberikan imbal hasil yang cukup besar.

Merintis usaha di desa seringkali membutuhkan lahan yang cukup luas, tapi tak sedikit juga yang bisa dilakukan secara rumahan. Untuk menentukan jenis usaha di desa yang tepat, Anda perlu melihat peluang serta kemampuan berdasarkan budget. Berikut beberapa contoh jenis usaha jangka panjang yang dapat dilakukan di desa.

1. Usaha Peternakan Unggas

Desa sangat cocok sebagai tempat untuk memulai usaha peternakan unggas. Hal ini dikarenakan desa masih memiliki banyak lahan kosong dan cukup jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat akibat adanya peternakan.

Adapun usaha peternakan unggas tidak hanya sebatas ayam. Anda juga bisa beternak bebek atau puyuh. Beternak unggas sebenarnya juga bisa dilakukan di lahan terbatas. Semisal Anda hanya memiliki pekarangan belakang rumah sebagai lahan ternak unggas, tidak masalah untuk memanfaatkannya sebagai kandang.

Beternak unggas sendiri memberikan Anda penghasilan dari penjualan telur, daging, bibit bahkan kotorannya yang diubah menjadi pupuk tanaman. Namun begitu hasil peternakan unggas tidak serta merta dirasakan secara langsung. Terdapat proses yang cukup panjang disertai pengorbanan waktu dan tenaga serta biaya hingga Anda dapat menikmati hasilnya.

2. Usaha Peternakan Sapi/Kambing

Selain unggas, Anda juga bisa merintis usaha peternakan sapi maupun kambing di desa. Mau tak mau Anda harus menyediakan lahan yang cukup luas bila ingin membuka peternakan sapi dan kambing skala besar. Sehingga tentu saja modal awal yang perlu dipersiapkan tidak sedikit.

Baik peternakan sapi maupun kambing dapat memberi Anda penghasilan dari penjualan susu, daging hingga kotorannya. Terlebih menjelang hari raya idul adha, penjualan sapi maupun kambing biasanya meningkat drastis. Bisnis peternakan ini dapat memberikan imbal hasil besar bila Anda juga pandai dalam mengelola serta melihat peluang.

3. Budidaya Ikan

Memiliki lahan yang tak terpakai juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Diantaranya lele, mujaer, nila, gurame, dan lain-lain. Anda dapat membangun kolam ikan permanen di lahan tak terpakai untuk usaha jangka panjang.

Usaha budidaya ikan dapat memberikan Anda penghasilan yang besar terutama bila memiliki pelanggan tetap. Selain dapat memasok ke pasar-pasar, Anda juga bisa menjual hasil panen pada pemilik restoran. Untuk itu supaya budidaya ikan sukses besar, Anda perlu memperdalam pengetahuan mengenai cara budidaya ikan yang tepat agar hasil panennya berkualitas.

4. Budidaya Jamur

Budget yang terbatas bukanlah penghalang bagi Anda yang ingin merintis usaha di desa. Contohnya budidaya jamur tiram. Budidaya jenis jamur ini tidak memerlukan biaya awal yang besar layaknya bisnis peternakan. Bahkan prosesnya terkesan mudah bagi pemula sekalipun.

Dalam budidaya jamur, Anda hanya memerlukan media berupa racikan bekatul atau serbuk kayu yang kemudian dibungkus plastik. Dalam beberapa waktu, jamur tiram akan tumbuh dengan jumlah cukup banyak untuk setiap satu media.

5. Bisnis Mebel dan Bahan Bangunan

Sumber daya alam berupa kayu yang cukup melimpah di desa Anda juga bisa menjadi peluang untuk membuka usaha mebel dan bahan bangunan. Selain dapat dijual di desa, Anda juga bisa memasarkannya ke kota. Bisnis ini dapat bertahan jangka panjang mengingat penjualan bisa menjangkau di mana saja serta kebutuhan bahan bangunan dan mebel yang semakin meningkat karena banyaknya pembangunan rumah hunian.

Demikian penjelasan mengenai usaha jangka panjang di desa. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha di desa, Anda bisa mengajukan pembiayaan ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Mujahid Sahroni. 2 November 2020. 5 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menjanjikan. Patriotdesadigital.id: https://bit.ly/3EFNBZx