Bisnis

5 Tips Sukses Tingkatkan Penjualan Bisnis di Akhir Tahun

Selamat datang, Desember! Tidak terasa tinggal satu bulan tersisa di tahun 2020. Kami ingin menyambut tahun kedua belas ini dengan memberikan kabar baik bagi Anda para pengusaha – ada peluang lonjakan penjualan di akhir tahun terutama melalui saluran online dikarenakan fenomena stay-at-home akibat Covid-19. Lalu, coba deh ingat-ingat, hari apa yang paling ditunggu-tunggu baik penjual maupun pembelanja online? Benar, ada kesempatan besar juga bagi Anda untuk bersinar di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dirayakan pada tanggal 12 Desember.

Sama halnya dengan Anda yang menganggap akhir tahun momen yang tepat untuk promosi, konsumen juga menganggapnya sebagai saat yang tepat untuk berbelanja. Manfaatkan momen emas bagi bisnis Anda secara maksimal. Lumayan, keuntungan dari penjualan akhir tahun bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis di tahun 2021. Yang masih belum dapat ide meningkatkan penjualan di akhir tahun ini, yuk, simak beberapa strategi di ulasan berikut ini. Siapa tahu, beberapa di antaranya cocok untuk diterapkan untuk bisnis Anda.

Akhir tahun, saatnya lakukan year end sale

Obral bukan sekadar memotong harga untuk mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kelangsungan bisnis Anda. Coba lakukan beberapa strategi obral pintar yang dapat meningkatkan penjualan Anda di akhir tahun sekaligus menambah pelanggan Anda di masa depan – beberapa yang dapat Anda coba:

-        Bundling

Bundling atau strategi menjual lebih dari satu barang dengan harga satuan lebih murah ini bisa sangat efektif meningkatkan volume penjualan Anda. Dengan adanya bundle, konsumen akan membeli lebih banyak barang dengan mempertimbangkan harga yang lebih murah. Salah satu tips memaksimalkannya adalah dengan menggabungkan produk terlaris (best-seller) dengan produk dengan margin tertinggi. Lalu, sebaiknya produk yang Anda pasangkan bersifat saling melengkapi agar konsumen lebih yakin membelinya.

-        Clearance sale atau cuci gudang

Akhir tahun tentu saat yang tepat untuk menggantikan stok lama dengan produk-produk baru yang lebih relevan. Konsumen juga mengetahui dan menunggu hal ini. Jadi, coba deh periksa gudang Anda. Jika Anda merasa ada produk yang perlu cepat dikeluarkan dari gudang, kumpulkan produk-produk tersebut di satu tempat agar konsumen mengetahui penawaran spesial tersebut.

-        Hadiah

Hadiah bisa dilihat sebagai tanda kepedulian dan apresiasi Anda terhadap konsumen. Tidak perlu mahal, Anda bisa berikan hadiah yang relevan dengan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual aksesoris, Anda bisa memberikan gantungan kunci yang seragam dengan produk Anda. Atau jika Anda berbisnis makanan, Anda bisa memberikan hadiah minuman atau makanan pendamping.

Saat menjalankan strategi di atas, sebaiknya Anda menegaskan dan mengingatkan bahwa promosi yang Anda lakukan ini hanya untuk menyambut akhir tahun dan terbatas (limited-time offer).

Mengadakan flash sale

Baik di toko fisik maupun online, flash sale masih menjadi metode yang bisa diandalkan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat. Konsumen secara tidak sadar memiliki urgensi untuk segera membeli produk yang sedang ditawarkan di flash sale. Akhirnya, banyak konsumen yang berbelanja secara impulsif. Tapi jangan lengah, ini bukan berarti konsumen akan membeli apapun yang Anda tawarkan. Anda perlu merencanakan ini dengan matang.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan, pertama, tawarkan produk terbaik Anda. Bisa saja, setelah impulsif membeli produk Anda, konsumen kembali membeli produk lainnya karena puas dengan produk yang dibeli pertama kali. Kemudian, promosikan flash sale ini beberapa hari sebelumnya di semua saluran komunikasi Anda untuk membangun minat konsumen. Terakhir, pilih hari yang tepat untuk mengadakan/berpartisipasi dalam flash sale. Di toko fisik, cari tahu tanggal atau hari di mana konsumen banyak berkunjung ke toko Anda. Sedangkan untuk saluran online, Harbolnas mungkin bisa menjadi hari baik bagi Anda untuk mengadakan flash sale.

Keluarkan produk khusus tahun baru

Tahun baru saatnya membuat resolusi. Jadilah lebih kreatif dalam mengeluarkan produk-produk khusus yang mungkin lebih diminati konsumen saat menyambut tahun yang baru. Coba lihat beberapa resolusi umum beserta ide produk di bawah ini:

-        Semakin sehat

Sebagai salah satu resolusi terumum, ada baiknya Anda mendukung ini. Jika Anda berbisnis pakaian, mungkin Anda bisa menyediakan lini produk khusus pakaian dan aksesoris olahraga.

-        Melindungi bumi

Produk yang tepat untuk melangsungkan resolusi ini misalnya tumbler, sedotan dari stainless steel atau bambu, dan tas belanja untuk mengurangi penggunaan plastik.

-        Semakin terorganisir

Beberapa produk spesial yang bisa Anda keluarkan adalah agenda dan juga kalender yang mendukung pencatatan dan perencanaan yang rapi.

Jika Anda memiliki toko fisik, coba tampilkan produk-produk ini di dekat kasir atau dan di bagian depan toko. Diharapkan bisa meningkatkan penjualan jika relevan dengan resolusi konsumen Anda.

Adakan acara spesial akhir tahun

Lebih beragam, acara atau event spesial akhir tahun mungkin bisa meningkatkan penjualan dan juga daya tarik toko. Salah satunya adalah dengan mengadakan undian yang bisa diikuti atas pembelian dengan minimum belanja tertentu. Trik ini sudah lama digunakan dan masih sangat bisa Anda terapkan saat ini. Kemudian, giveaway juga bisa menjadi alternatif. Memang seringkali berdampak tidak langsung bagi penjualan, namun jika dilakukan dengan benar, giveaway yang Anda adakan bisa menambah exposure Anda di media sosial. Ini bisa jadi kesempatan baik untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru toko Anda.

Promosikan di berbagai platform

Saat mengadakan promo menarik, jangan lupa disebarluaskan. Sayang, kan, jika promo dan acara yang sudah Anda siapkan tidak diketahui banyak orang. Coba lihat, saluran apa saja yang sudah Anda gunakan dan perlu Anda tambahkan. Disarankan untuk menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Misalnya, jika Anda berjualan di toko fisik, promosikan di media sosial, e-commerce, dan e-mail. Jadilah lebih aktif di media sosial dengan mempublikasikan konten lebih sering dan lebih beragam. Anda bisa mengingatkan konsumen Anda tentang promo dan acara yang Anda adakan dengan memanfaatkan berbagai format yang didukung media sosial yang digunakan, misalnya video, foto, gif, dan carousel. Jika Anda merasa tidak bisa mengandalkan hanya akun toko Anda, coba pertimbangkan endorsement kepada para influencer. Walaupun berbayar, Anda bisa meningkatkan penjualan akhir tahun Anda sekaligus menambah pengikut media sosial Anda.

Untuk menjalankan kelima strategi di atas, Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk menyiapkan stok dan melakukan promosi. Jadi, pastikan Anda memiliki kecukupan modal, ya. Jika belum, Investree bisa mendukung Anda. Prosesnya yang cepat dan mudah, tanpa memerlukan jaminan aset tetap bisa membantu Anda mendapatkan dana tambahan untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun. Lalu, khusus bagi para pelaku UKM di ekosistem rekanan Investree, kami sudah menyiapkan berbagai promo untuk mendukung bisnis Anda di akhir tahun:

  • Mendukung kampanye #GrowFa5ter yang digalakkan Investree untuk mendukung akselerasi pertumbuhan UKM, Investree bekerja sama dengan DealPOS (penyedia layanan Point of Sale) dalam menghadirkan akses pembiayaan hingga Rp 2 miliar bagi para UKM di ekosistem DealPOS. Pengguna DealPOS juga bisa mendapatkan cashback hingga Rp 10 juta atas pengajuan pinjaman yang disetujui. Promo ini berlangsung hingga 31 Januari 2021. Untuk info selengkapnya, simak di sini.
  • Melalui Merchant Financing, Investree dan Midtrans bekerjasama menyediakan akses pembiayaan berupa pinjaman hingga Rp 2 miliar bagi pelaku UKM yang berada di ekosistem Midtrans. Pengajuannya bisa dilakukan secara 100% online dengan proses yang mudah, serta memperoleh persetujuan dan pencairan yang cepat. Apalagi, partner Midtrans dapat menikmati suku bunga ringan, kelonggaran pengembalian melalui skema cicilan yang fleksibel hingga 24 bulan serta potongan biaya administrasi, sangat tepat bagi partner Midtrans yang ingin menjaga cash flow bisnisnya di akhir dan awal tahun. Anda bisa menelusuri lebih dalam mengenai Merchant Financing di sini.
  • Pelapak Bukalapak, sudah menyiapkan diri untuk Harbolnas dan lonjakan permintaan di akhir tahun? Mulai dari menyediakan modalnya dulu saja dengan mengajukan pinjaman Online Seller Financing dari Rp 2 juta - Rp 2 miliar dengan tenor hingga 24 bulan. Yuk, nikmati fasilitas ini melalui BukaModal di dasbor Bukalapak Anda. Nah, ada promo khusus yang diberikan Investree untuk Anda yang mengajukan pinjaman minimal Rp 10 juta dan disetujui. Anda akan mendapat cashback langsung senilai Rp 150.000, penawaran hanya berlaku hingga 31 Desember 2020. Informasi selengkapnya bisa cek di sini!

Tahun baru menandakan harapan baru. Jadi, jangan patah semangat melainkan terus berusaha dan berinovasi. Kami harap, tahun mendatang akan membawa kebangkitan dan pemulihan bagi usaha Anda. Semangat UKM Indonesia!

Referensi:

Will Blunt. 12 Februari 2019. 21 Super Simple eCommerce Promotion Ideas to Boost Your Online Sales. shortstack.com: https://www.shortstack.com/blog/ecommerce-promotion-ideas-to-boost-sales/

Dias Marendra. 19 November 2019. 5 Cara Meningkatkan Omset Penjualan di Akhir Tahun. hashmicro.com: https://www.hashmicro.com/id/blog/5-cara-meningkatkan-omset-penjualan-di-akhir-tahun/

Share this Post

Artikel Terbaru