Bisnis

5 Perbedaan Bisnis dan Kewirausahaan, Wajib Kamu Tahu!

Ada beberapa perbedaan bisnis dan kewirausahaan yang harus Anda pahami. Meski kedua istilah ini sering terdengar, ternyata masih banyak orang yang salah dalam mengartikan bisnis dan kewirausahaan. Untuk mengetahui apa itu bisnis dan kewirausahaan, pelajari secara lengkap dibawah ini.

Mengenai Bisnis dan Kewirausahaan

Bisnis mengacu pada suatu kegiatan yang dikerjakan oleh individu, sekelompok individu, maupun organisasi dalam bentuk rencana, proses pembuatan, penjualan, pembelian, hingga transaksi pertukaran barang dan jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

 

Sementara kewirausahaan diartikan sebagai proses ketika seorang pengusaha mampu mengenali peluang bisnis serta menciptakan ide usaha darinya. Secara umum, kewirausahaan digambarkan sebagai kapasitas dan kemauan individu dalam mengembangkan sekaligus mengelola usaha dengan berbagai risiko demi menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Perbedaan Bisnis dan Wirausaha

1. Perilaku Pengusaha

Pelaku usaha dalam suatu bisnis maupun kewirausahaan sama-sama disebut sebagai wiraswasta, namun perilaku keduanya terbilang kontras dan berbeda. Pengusaha seringkali memiliki perubahan rencana dalam pengembangan usahanya. Mereka cenderung senang menciptakan ‘energi kewirausahaan’ yang baru alih-alih merasa nyaman dengan situasi yang dihadapinya saat ini. Sementara pemilik bisnis kecil, selain sering cepat merasa puas dengan hasil yang didapat, mereka juga jarang mencoba melakukan hal di luar zona nyaman berbisnisnya.

2. Bentuk Inovasi

Pengusaha dikenal dengan ide-idenya untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu. Pada tahap ini, pengusaha boleh disebut proaktif dalam menyumbangkan inovasinya di sektor usaha terkait. Pemikiran pengusaha pun umumnya bersifat teknis sebagai kontra dari pemilik bisnis yang sering meniru apa yang sudah dilakukan pengusaha (reaktif).

3. Motif Usaha

Kebanyakan wirausahawan memulai usahanya karena mereka bersemangat atau memang menyukai hal tersebut. Mereka relatif melakukan apa yang disukainya tanpa berpikir soal risiko atau persentase keuntungan saat usaha tersebut berhasil. Disisi lain, pemilik bisnis memang memfokuskan dirinya untuk mencari laba ketika mendirikan suatu bisnis. Inilah kenapa saat suatu bentuk bisnis memiliki risiko yang terlalu banyak, pemilik bisnis tersebut akan menutup lapaknya guna menghindari potensi kerugian di masa mendatang.

4. Pangsa Pasar

Diketahui, sebagian besar dari pengusaha mempunyai visi untuk membantu dunia. Oleh sebab itu, bisnis yang dijalankannya bakal berdampak pada banyak orang. Semisal, produk-produk besutan Microsoft yang melayani hampir seluruh orang di dunia. Tidak mengherankan jika mereka diklaim memiliki pangsa pasar yang signifikan.

 

Berbeda halnya dengan pemilik bisnis yang mempunyai pangsa pasar lebih kecil lantaran mereka hanya melayani orang di sekitarnya. Mereka lebih mengutamakan komunitas sekaligus kebutuhan di dalamnya. Hal inilah yang membentuk celah pada pangsa pasar pengusaha dan pemilik bisnis kecil.

5. Pola Pikir Pengusaha

Wirausahawan dan pemilik usaha kecil bisa saja memiliki pola pikir yang berbeda antara satu dan lainnya. Pengusaha biasanya akan mencari usaha besar selanjutnya saat perusahaan mereka memiliki grafik bagus. Kemungkinan besar, pengusaha akan mengubah premis utama bisnisnya untuk mencoba minat dan rencana bisnisnya. Sementara pemilik bisnis kecil banyak memilih untuk mempertahankan bisnis yang sudah dilakoninya. Dengan alasan yang cukup sentimental, mengingat mereka percaya jika bisnisnya dibentuk untuk komunitas mereka sendiri.

 

Itulah beberapa perbedaan bisnis dan kewirausahaan yang perlu Anda pahami dengan baik. Setelah ini, Anda dapat menimbang kembali sekiranya rencana usaha yang disusun lebih cocok dijadikan sebagai suatu bisnis atau masuk kewirausahaan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

 

Sawakinome. Perbedaan Antara Bisnis Kecil dan Kewirausahaan. Id.sawakinome.com : https://bit.ly/3GCzq9s

Nur Annisa Rizky Amalia. Perbedaan Bisnis dan Wirausaha yang Jarang Diketahui. Dosenekonomi.com : https://bit.ly/3rqpY2i

Share this Post