Bisnis

5 Karakteristik Perusahaan Jasa yang Perlu Anda Ketahui

Perusahaan tidak hanya menjual produk barang tetapi juga jasa. Karakteristik perusahaan jasa yang paling mudah dikenali adalah tidak adanya produk yang disimpan dalam bentuk fisik, tidak bisa disentuh tetapi manfaatnya akan dirasakan oleh konsumen. Perusahaan jasa menjual pelayanan kepada para konsumennya bukan berupa produk dagang yang memiliki wujud secara fisik.

Perusahaan jasa ada yang membutuhkan barang fisik untuk menunjang kegiatan bisnisnya tapi ada juga yang tidak. Perusahaan jasa agen travel misalnya membutuhkan armada seperti bus atau mobil dan sejenisnya untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Sementara itu perusahaan jasa keuangan tidak membutuhkan wujud fisik untuk aktivitas bisnisnya.

Karakteristik dan Ciri Perusahaan Jasa

Yang disebut dengan perusahaan jasa adalah perusahaan dimana kegiatan bisnisnya menghasilkan produk berupa jasa yang tidak berwujud yang tujuannya adalah memenuhi kebutuhan dari konsumen serta untuk memperoleh keuntungan atau laba. Perusahaan jasa akan lebih mudah dikenali jika Anda melihat pada hal-hal yang menjadi karakteristiknya yaitu sebagai berikut.

1. Tidak Adanya Produk Fisik

Tidak adanya produk fisik yang bisa dilihat dan disimpan merupakan karakteristik paling mudah untuk mengenali perusahaan jasa. Anda tidak akan menemukan stok barang pada perusahaan jasa seperti pada perusahaan dagang. Pendapatan dan keuntungan perusahaan jasa diperoleh dari penjualan layanan kepada pelanggan. Meskipun tidak ada barang berbentuk fisik tapi konsumen bisa merasakan manfaat dari apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Misalnya Investree yang memberikan produk berupa pinjaman dan pendanaan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Investree sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree dengan bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Selain itu, Anda bisa mengembangkan dana Anda ke Pendanaan Investree seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20 p.a.

2. Jasa yang Ditawarkan Beragam atau Heterogen

Karakteristik yang kedua adalah beragamnya jenis layanan yang ditawarkan kepada masyarakat selaku konsumen. Jenis layanan tidak akan sama persisi bagi semua konsumen karena jasa diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jenis layanan yang tidak sama akan memberikan manfaat yang berbeda juga.

3. Tidak Memiliki Harga Pokok Penjualan

Pada perusahaan jasa tidak memiliki patokan harga penjualan atas layanannya kepada konsumen. Biaya akan berbeda jika jenis layanan yang diberikan bentuknya lain. Misalnya Anda menyewa mobil dari rental biaya akan dihitung berdasarkan jumlah hari atau lamanya peminjaman serta jenis kendaraan yang dipinjam tersebut. Mobil yang lebih baru tahunnya pastinya akan dikenakan biaya sewa yang lebih mahal dibandingkan kendaraan yang umurnya sudah cukup tua.

4. Kegiatan Produksi dan Konsumsi Bersamaan

Gambar 4

Pada perusahaan dagang yang menjual barang fisik proses produksi dan konsumsi tidak berlangsung bersamaan karena adanya penyimpanan, distribusi dan sebagainya. Sebaliknya pada perusahaan jasa kegiatan produksi dan konsumsi berjalan secara bersamaan. Contohnya seperti PLN yang menyediakan listrik bagi masyarakat tidak menyimpan listrik sebagai bentuk fisik tetapi langsung mendistribusikannya kepada pelanggan.

5. Tidak Adanya Kepemilikan

Ketika Anda membeli suatu barang otomatis akan menjadi milik Anda. Namun beda halnya dengan perusahaan jasa karena tidak akan ada status kepemilikan. Konsumen hanya bisa menggunakan akses dan fasilitasnya saja tanpa adanya status kepemilikan. Contohnya kalau Anda merental mobil semua fasilitas bisa digunakan namun kendaraan tersebut tidak menjadi milik Anda.

 

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana karakteristik perusahaan jasa yang membedakannya dengan perusahaan dagang. Perusahaan jasa mengutamakan kepuasan pelanggan dalam memberikan layanannya.

Referensi :

Tika Ulfianinda. 7 Karakteristik Perusahaan Jasa yang Wajib Diketahui. Mas-software.com : https://bit.ly/3icxb2l

Gumelar Ardiansyah. 4 Mei 2021. Pengertian Perusahaan Jasa. Guruakuntansi.co.id: https://bit.ly/2ZsXvi4

Share this Post

Artikel Terbaru