Bisnis

5 Ide Usaha Percetakan Rumahan yang Menguntungkan Anda

Usaha percetakan rumahan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk memulai usaha ini, Anda tidak perlu memiliki tempat secara khusus ataupun menyewa tempat. Karena bisnis percetakan bisa dilakukan di rumah.

Terdapat banyak jenis percetakan rumahan yang bisa Anda lakukan. Adapun harus diketahui bahwa terdapat 3 teknik percetakan yang umum di pasaran. Yaitu offset, digital printing dan sablon. Fungsi dari ketiganya berbeda. Offset adalah untuk mencetak kertas dalam skala besar, berbeda dengan digital printing yang hanya memerlukan printer biasa. Sedangkan sablon dikhususkan untuk mencetak kain spanduk dan mug.

Anda dapat memilih salah satu dari ketiga teknik percetakan di atas. Apabila Anda ingin memulai usaha dengan modal kecil, usaha digital printing dapat menjadi pilihan. Karena Anda hanya memerlukan printer biasa saja. Namun, agar lebih maksimal sebaiknya Anda memulai usaha dengan modal besar dengan membeli semua peralatan yang dibutuhkan.

Nah, sebagai referensi ide bisnis percetakan rumahan, simak penjelasannya berikut ini.

1. Percetakan Cutting Sticker

Peminat cutting sticker berasal dari berbagai kalangan. Bahkan tak sedikit perusahaan maupun industri yang membutuhkan jasa cutting sticker. Memulai usaha cutting sticker juga tidak memerlukan modal yang besar. Anda perlu mempersiapkan mesin cutting sticker, komputer, software untuk menjalankan mesin cutting sticker, stiker, scanner, printer, ATK hingga mesin laminating.

Untuk membuat desain stikernya, Anda bisa menerima request dari pelanggan. Atau apabila ingin menghasilkan desain yang indah dan sesuai dengan permintaan klien, Anda dapat pertimbangkan untuk merekrut tim desain.

2. Percetakan Undangan

Membuka jasa cetak undangan termasuk jenis usaha di bidang percetakan rumahan yang cukup menjanjikan. Mengingat masyarakat masih menggunakan kartu undangan setiap mengadakan acara penting seperti pernikahan, khitan, maupun acara lainnya. Sehingga usaha ini tidak akan pernah sepi pelanggan.

Untuk memulai usaha jasa cetak undangan, Anda juga memerlukan peralatan yang mendukung. Diantaranya komputer, printer atau sablon, tinta printer, hingga bahan baku kertas kartu undangan. Anda bisa gunakan sablon untuk menekan biaya produksi. Lalu untuk jenis kertasnya akan lebih baik disesuaikan dengan keinginan pelanggan dan teknik cetakan yang dipakai supaya hasilnya maksimal.

3. Percetakan Media Promosi

Orang-orang yang baru saja memulai usaha biasanya membutuhkan media promosi, seperti banner, spanduk, baliho, brosur, flyer, pamflet dan masih banyak lagi. Nah, Anda dapat gunakan peluang ini untuk membuka jasa percetakan media promosi. Teknik percetakan yang digunakan adalah digital printing.

Jenis usaha ini masih sedikit persaingannya, meski tingkat kebutuhannya cukup tinggi. Salah satu alasan mengapa bisnis ini masih jarang dilakukan karena mesin pencetaknya yang memang cukup mahal. Namun prospek usaha ini cukup menjanjikan di masa depan, mengingat masih banyak orang yang membutuhkan jasa cetak banner dan spanduk untuk media promosi usaha mereka.

4. Printing Kaos

Usaha printing kaos atau sablon kaos sebetulnya tidak memerlukan budget yang cukup besar. Anda dapat menentukan sendiri apakah jasa sablon kaos yang akan dirintis tersebut menerima partai besar atau satuan. Jika modal yang dimiliki cukup terbatas, Anda bisa memulai bisnis sablon kaos satuan.

Untuk alat dan bahan yang dipersiapkan, di sesuaikan saja dengan jenis sablon yang Anda tawarkan. Semisal Anda hanya menerima jasa sablon kaos berbahan katun, maka alat dan bahannya disesuaikan untuk sablon kaos berbahan katun. Anda juga dapat menentukan apakah teknik sablon yang digunakan secara digital atau manual.

5. Custom Case Handphone

Custom case handphone saat ini cukup ramai diminati oleh pengguna smartphone. Di Indonesia sendiri hampir setiap orang memiliki setidaknya 1 smartphone. Dan tidak sedikit yang menginginkan case smartphone sesuai desain mereka sendiri untuk menambah nilai estetik dan keunikan gawai.

Untuk memulai usaha percetakan custom case handphone sebenarnya cukup mudah. Anda memerlukan mesin heat press untuk membuat dan mencetak gambar pada smartphone. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan printer inkjet dengan tinta sublim berkualitas supaya hasil cetakannya juga berkualitas.

Demikian penjelasan mengenai 5 ide usaha percetakan rumahan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Caca Sugiarto. 8 Peluang Usaha Percetakan yang Makin Laris di 2019. Erakini.com: https://bit.ly/3BRHyRb

Share this Post

Artikel Terbaru