5 Ide Usaha Kerajinan Tangan yang Mudah Untuk Dilakukan

Banyak jenis bisnis rumahan yang bisa dicoba dengan modal kecil, contohnya adalah usaha kerajinan tangan. Jenis usaha ini membutuhkan daya kreativitas yang tinggi untuk menciptakan sesuatu bernilai ekonomis dari bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

Peminat barang-barang handmade saat ini masih cukup banyak. Anda hanya perlu melakukan survei dan riset pasar untuk menentukan jenis kerajinan tangan yang akan dibuat. Bisnis kerajinan tangan juga dapat dilakukan oleh siapapun, baik itu pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, termasuk karyawan kantoran yang ingin menambah pemasukan.

Nah, sebagai referensi untuk memilih bisnis kerajinan tangan yang cocok Anda lakukan, simak ulasannya berikut ini.

1. Aksesoris dan Perhiasan dari Kerajinan Tangan

Aksesoris tak pernah sepi peminat. Bahkan saat ini tak hanya dari kalangan wanita saja, pria juga mulai banyak yang menggunakan aksesoris untuk menambah daya tarik penampilan mereka. Aksesoris tak hanya bisa dibuat di pabrik saja, Anda pun bisa mengkreasikannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa dibeli secara mudah dan murah baik secara online maupun offline.

Membuat aksesoris handmade sebenarnya cukup mudah. Anda dapat melihat referensi tutorial membuat aksesoris di internet. Supaya mendapatkan hasil produk yang unik dan orisinil, Anda perlu melakukan modifikasi dari model yang sudah ada. Desain yang dibuat sebaiknya disesuaikan dengan target pasar Anda supaya produk bisa laku dengan cepat.

2. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Kain

Kain perca yang tidak terpakai bisa diubah menjadi barang dengan nilai jual tinggi. Barang-barang handmade berbahan dasar kain cukup banyak diminati oleh masyarakat. Diantaranya seperti tas, dompet, kantong handphone, sarung bantal, tempat tisu dan masih banyak lagi.

Anda dapat mengkreasikan kain perca dengan kombinasi jenis kain lainnya seperti satin, flannel maupun brokat untuk menghasilkan produk yang unik dan tidak monoton. Atau Anda juga bisa membuat bantal karakter unik dengan menggunakan styrofoam atau dakron untuk bagian isinya. Biasanya bantal karakter ini akan sangat disukai anak-anak hingga remaja.

3. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Kayu

Membuat kerajinan tangan dari kayu juga dapat menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Gunakan limbah palet kayu yang sudah tidak digunakan lagi untuk diubah menjadi bahan bernilai ekonomis. Anda bisa membuat kerajinan tangan berupa gantungan kunci, rak buku, meja, kursi, lemari, peralatan makan, dan masih banyak lagi.

Supaya produk yang dihasilkan tampak lebih estetik, Anda bisa gunakan tali tampar berukuran sedang atau kulit sintetis sebagai aksesorisnya. Buatlah desain yang unik namun tetap mementingkan nilai fungsionalnya agar konsumen tertarik untuk membeli produk Anda.

4. Kartu Ucapan

Bisnis kartu ucapan atau jasa hiasan tulis tangan saat ini sedang marak-maraknya digemari oleh masyarakat, terutama kalangan muda. Bila Anda memiliki keahlian dalam menulis indah, Anda bisa membuka jasa hand lettering atau dengan menjual produk hiasan tulis tangan.

Umumnya bisnis hand lettering akan mendapat banyak request dari para pelanggan untuk membuat kartu ucapan hari-hari spesial, seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan dan masih banyak lagi. Imbal hasil yang Anda dapatkan bisa lebih tinggi jika hand lettering dibarengi dengan gift box atau hampers.

5. Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi juga termasuk bagian dari bisnis kerajinan tangan. Anda bisa membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah dan bahan-bahannya mudah untuk didapatkan. Anda hanya memerlukan lilin seperti soy wax atau palm wax, benang kasur, minyak aromaterapi, serta gelas kecil transparan sebagai wadah.

Lilin aromaterapi biasanya digunakan sebagai souvenir atau untuk hiasan. Anda dapat mengkreasikan lilinnya dengan berbagai warna menggunakan pewarna atau krayon. Untuk aromanya, pilihlah aroma yang paling banyak digemari dengan melakukan riset terlebih dahulu. Perhatikan juga packing-nya supaya lebih menarik minat pembeli.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 usaha kerajinan tangan yang bisa menjadi referensi. Semoga berhasil!

Referensi:

Nurul Adriyana Salbiah. 19 Januari 2020. Catat 4 Bisnis Kerajinan Tangan yang Menjanjikan Keuntungan. Jawapos.com: https://bit.ly/3rD1ZNe