Bisnis

5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Saat ini sudah banyak bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba. Kemajuan teknologi seperti penggunaan internet dan smartphone, memungkinkan Anda bisa bekerja dimana saja secara online. Anda harus pelajari berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan di internet seperti afiliasi, reseller, dropshipper, content writer dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa ide bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal di bawah ini.

Ragam Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

1. Bergabung dengan Afiliasi

Konsep afiliasi hampir sama dengan dropshipping ataupun reseller yaitu menjual produk orang lain. Hanya saja, pendapatan utama Anda akan diperoleh dari komisi hasil menjualkan barang tersebut. Besaran komisi yang diperoleh disesuaikan dengan kesepakatan yang Anda buat dengan supplier. Bisa 20%:80% atau bahkan 50%:50%. Cara kerja afiliasi penting Anda ketahui. Setelah bergabung menjadi afiliasi, Anda akan memperoleh banner atau kode kupon yang bisa Anda upload di media sosial atau blog pribadi. Jika Ada yang membeli produk melalui banner atau kode kupon tersebut, Anda memperoleh poin yang bisa ditukar dengan komisi.

2. Membuka Kursus Online

Selain produk fisik, Anda juga bisa membuka produk lainnya seperti kursus online. Pangsa pasar usaha ini sangat luas. Tidak hanya siswa sekolahan atau mahasiswa saja, banyak karyawan perusahaan yang memerlukan akses belajar skill baru di internet. Ini menjadi peluang untuk Anda yang ingin membagikan ilmu dan mendapatkan imbal hasil signifikan. Kursus online bisa dibuat dengan sistem website yang diisi dengan beberapa macam materi pengetahuan yang dapat diakses dengan sistem berbayar, baik itu bayar sekali pakai atau sistem berlangganan.

3. Menjadi Blogger

Untuk menjadi blogger, Anda harus paham Search Engine Optimization dan bisa menulis artikel yang menarik banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi traffic dan semakin besar pula pendapatan yang bisa Anda dapatkan. Penghasilan yang diperoleh blogger berasal dari iklan, baik itu iklan yang disediakan oleh Google Adsense maupun iklan dari perusahaan swasta lain. Disamping itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan dengan menulis sponsored post hingga afiliasi.

4. Membuka Jasa SEO

Apabila Anda sudah paham mengenai Search Engine Optimization, Anda bisa membuka jasa konsultan optimasi web. Anda harus membantu web client meraih peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan begitu, akan ada banyak pengunjung yang datang dan meningkatkan tingkat penjualan client Anda. Masih belum banyak orang yang menguasai keahlian ini. Jadi, jasa SEO sangat dibutuhkan. Namun perlu diingat, Anda harus menghindari teknik Black Hat SEO yang tergolong tidak aman. Ganti teknik tersebut dengan strategi yang lebih baik seperti content audit, riset kata kunci, dan monitoring backlink.

5. Menawarkan Jasa Penerjemah Online

Keahlian berbahasa asing bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis online. Banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah online untuk tugas sekolah, tugas kuliah dan pekerjaan kantor. Anda bisa mendapatkan imbal hasil signifikan dari jasa penerjemah online, apalagi jika Anda mengerjakan project perusahaan atau instansi pemerintah.

Itulah beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Suryadi Kurniawan. 14 Mei 2020. 15+ Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal, Tertarik Mencoba? Niagahoster.co.id: https://bit.ly/3z01Ll6

Share this Post

Artikel Terbaru