Bisnis

5 Cara Praktis Mengelola Keuangan Usaha Dagang Anda

Cara mengelola keuangan usaha dagang sangat penting Anda pelajari agar usaha dagang semakin berkembang. Baik itu usaha dagang kecil maupun besar sangat penting untuk bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan benar. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan, mulai dari membuat rencana keuangan di awal sampai melakukan pengawasan pada arus kas. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajari cara mengatur keuangan usaha dagang dibawah ini.

1. Perencanaan Keuangan

Pertama yang perlu dilakukan saat mengelola keuangan usaha dagang adalah membuat sebuah perencanaan keuangan yang matang. Rencana dapat dibuat untuk jangka panjang. Susun rencana keuangan yang akan dijalankan selama satu periode dengan rentang waktu yang cukup panjang. Nanti agar mudah proses pengelolaannya bisa dibagi lagi menjadi periode pendek seperti mingguan atau bulanan. Hal tersebut akan memudahkan perhitungan dana yang dikeluarkan selama periode tertentu.

2. Membuat Budget

Agar keuangan bisa senantiasa dibawah kontrol cara praktisnya adalah dengan membuat budget secara rutin. Adanya budget atau anggaran ini nanti akan sangat membantu dalam membatasi pengeluaran yang berlebihan atau yang tidak sesuai dengan estimasi.

Untuk usaha dagang yang kecil menyusun budget ini sangat penting karena sangat berguna untuk mengkondisikan keuangan dari periode sebelumnya. Budgeting ini bisa menjadi acuan dan review supaya periode selanjutnya pengeluaran bisa lebih terkontrol.

3. Membuat Pembukuan

Pembukuan ini adalah hal yang sering diabaikan pengusaha pemula. Padahal, manfaat dari pembukuan ini bisa lebih memudahkan pengelolaan keuangan. Cara mengelola keuangan usaha dagang bisa lancar dan mudah jika ada pembukuannya. Pengeluaran dan pemasukan jadi lebih terperinci. 

Catatan pembukuan ini akan menjadi hal yang sangat penting karena di sini akan tertulis semua pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun itu. Jadi bisa dilihat dengan jelas kemana uang modal pergi dan berapa keuntungan yang didapatkan.

4. Mengontrol Arus Kas

Arus kas memegang peran penting dalam keuangan. Laporan arus kas ini sangat membantu sekali untuk mengetahui apakah kondisi keuangan dalam keadaan baik atau buruk, Mengontrol arus kas ini juga bisa melihat apakah bisnis atau usaha yang dijalankan sudah untung atau malah merugi. Arus kas ini selain membantu mengetahui kondisi keuangan usaha juga bisa untuk membantu dalam mengambil keputusan penting.

5. Mengawasi Keuangan

Jika sudah membuat perencanaan keuangan sampai mengontrol arus kas maka langkah terakhir adalah melakukan pengawasan pada keuangan usaha yang dijalankan. Cara mengelola keuangan usaha dagang yang terakhir ini perlu dilakukan secara teratur. Tujuan pengawasan ini untuk mendeteksi masalah yang mungkin muncul supaya bisa segera dapat solusi.

Pengambilan keputusan tentang langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan dapat diambil jika sudah melakukan pengawasan keuangan tersebut. Selain itu langkah untuk memajukan usaha dagang juga bisa mulai direncanakan setelah melakukan pengawasan keuangan secara rutin.

Itulah beberapa cara mengelola keuangan usaha dagang yang bisa Anda lakukan. Jika terkendala modal untuk usaha, Anda bisa bisa mengajukan pinjaman usaha melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jangan khawatir soal bunga, karena Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan modal usaha dari Investree, Anda bisa mengatur keuangan usaha Anda dan mulai menerapkan cara mengelola keuangan usaha diatas. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Glcworld. 6 TIPS UTAMA MENGATUR KEUANGAN USAHA DAGANG. Glcworld.co.id: https://bit.ly/3tnLhCk

Share this Post